IPK yang tinggi adalah harapan seluruh mahasiswa. Dari IPK terlihat jelas kita sebagai orang berpendidikan. Pekerjaan juga akan mendatangi kita. Sayangnya, karena sesuatu hal, IPK tinggi urung didapatkan. Banyak dari kita yang menyesali akan hal itu. Namun, jangan berkecil hati. Walau rendah, lakukan hal ini agar tidak menyesali IPK-Mu yang rendah.

1. Mengembangkan Bakat

Selama kuliah, kita selalu berkutat pada dua hal kegiatan yakni main-main dan bekerja sampai tidak disadari kita memiliki potensi besar. Potensi besar itu dinamakan bakat. Setelah tamat kuliah ini, ayolah kembangkan lagi bakatmu. Dari bakatmu itu selain memberikan kepuasan diri sendiri juga bisa menjadi sumber pendapatanmu.

2. Tulis Keinginan Dalam Buku Harian

Advertisement

Buku harian selain mencurahkan isi hati juga dapat mengisi keinginan yang akan dicapai dalam hidup. Tulislah keinginan tersebut sesuai kemampuan dan beri tanda checklist jika sudah menggapainya. Jangan lupa berikan hadiah kepada dirimu jika sudah menyelesaikan keinginanmu tersebut.

3. Bekerja Semakin Giat

Karena main-main, hasil IPK-pun menjadi rendah. Untuk kali ini, jangan lagi pikirkan itu. Jika sudah bekerja, lakukan pekerjaan dengan setulus hati. Anggap ini adalah rasa terima kasih kita kepada Sang Maha Pencipta. Niscaya IPK rendah semakin engkau lupakan seiring berjalannya waktu. Jika belum, lakukan pekerjaan yang menurutmu bisa melupakan IPK itu. Entah mencari kerja, mengerjakan pekerjaan sambilan, ataupun membersihkan rumah.

4. Berkumpul Bersama Orang Yang Kita Cintai

Orang Tua

Orang Tua via http://onehealth.com

Orang tua wajib pertama kita jumpai. Kenapa? Karena mereka, kita takkan mungkin bisa kuliah. Ceritakan apa yang kau ingin cerita pada mereka, termasuk IPK rendahmu itu. Mereka akan memberikan solusi yang akan memperkuat dirimu. Teman juga! Selama skripsi yang seringnya jumpa dosen kini harus ditebus dengan berkumpul bersama teman-teman. Tidak usah jauh-jauh, teman sekampung. Mainkan gitar dan bernyanyi bersama-sama seakan-akan melupakan IPK-mu yang rendah.

5. Ikuti Organisasi

Orgnisasi

Orgnisasi via http://kampusked.com

Advertisement

Untuk apa? Agar semakin tahu bagaimana sebenarnya dirimu. Dari mengikuti organisasi selain menambah teman baru, juga memperluas pengetahuan. Jangan lupa semakin dekat dengan organisasi tersebut, ikuti setiap event mereka supaya pertemanan dan ilmumu semakin luas.

Tinggi rendahnya IP bukan patokan utama dalam bekerja, namun salah satu syarat tersebut harus dipenuhi. Bagi teman-teman yang memiliki IP rendah, jangan pantang menyerah, Banyak jalan yang memampukan untuk mensyukuri IPK tersebut. Dan jelasnya, berterima kasih kepada Tuhan yang telah memampukan kamu sampai ke tingkat sarjana.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya