Animo masyarakat terhadap dunia usaha memang terus mengalami peningkatan, hal ini tentu saja merupakan berita yang sangat baik karena semakin banyaknya jumlah pengusaha di dalam suatu negara maka akan bisa menumbuhkan perekonomian secara nasional.

Tidak hanya itu saja, banyaknya orang yang tertarik untuk menjalankan usaha juga akan bisa mengatasi salah satu masalah terbesar bagi bangsa ini yakni masalah pengangguran karena akan bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Namun demikian, ternyata ada banyak sekali orang yang belum bisa merealisasikan impiannya untuk memiliki sebuah usaha, pasalnya ada beberapa hal yang kerap menghalangi impiannya tersebut. Salah satu masalah yang kerap dialami oleh para calon pengusaha adalah permodalan, masih banyak sekali orang yang mengira bahwa untuk memulai usaha akan membutuhkan modal besar.

Padahal tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar, pasalnya ada beberapa jenis usaha sampingan yang bisa dijalankan hampir tanpa modal, berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Jasa Penerjemah

Jasa Penerjemah

Jasa Penerjemah via https://www.google.com

Salah satu jenis usaha yang bisa kalian lakukan adalah menjadi jasa penerjemah atau translator, jenis usaha yang satu ini memang memiliki prospek yang sangat menjanjikan untuk mendatangkan keuntungan yang besar.

Pasalnya di era globalisasi seperti sekarang ini, jasa seorang penerjemah sangatlah dibutuhkan oleh berbagai pihak mulai dari individu hingga perusahaan.

2. Jasa Penulis atau Content Writer

Content Writer

Content Writer via https://www.google.com

Advertisement

Kalian juga bisa menyediakan jasa penulis yang mana jenis usaha ini tidaklah membutuhkan modal untuk memulainya. Jika kalian menyukai dunia tulis menulis, maka hal tersebut merupakan sebuah potensi yang sangat besar karena sekarang ini banyak pemilik blog atau website yang membutuhkan jasa seorang penulis untuk mengisi website mereka dengan konten -konten yang menarik.

3. Menjadi Blogger

Blogger dibilang sebagai hobby dan juga usaha jangka panjang yang menghasilkan, ini juga sangat cocok bagi kalian yang memiliki minat dalam dunia tulis menulis. Namun tentu saja kalian harus memiliki sebuah blog terlebih dahulu, setelah itu barulah bisa memposting berbagai macam konten menarik yang bisa membuat blog kalian dikunjungi oleh banyak orang. Kalian bisa memonetisasi blog kalian dengan pengiklan pihak ketiga seperti google adsense.

4. Dropship

Tentu kalian sudah tidak lagi asing dengan istilah dropship, bisnis online yang satu ini memang sedang digandrungi oleh masyarakat karena tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk memulainya.

Advertisement

Bisnis dengan sistem dropship akan memungkinkan para pelakunya untuk menjual produk tanpa harus membeli terlebih dahulu, ini tentu akan bisa meminimalisir kerugian dibanding kalian menjual produk sendiri.

5. 5. Menjadi Youtuber

Menjadi Youtuber adalah hobby sekaligus usaha sampingan yang sedang trend saat ini, banyak sekali youtuber baru bermunculan yang bahkan bisa menghasilan banyak uang dari channel mereka.

Kalian hanya perlu membuat konten yang menarik sehingga mendatangan banyak pengunjung agar bisa menghasilkan uang dari youtube. Kalian juga bisa memanfaatkan paid promote jika channel kalian sudah lumayan terkenal.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya