Masakan Aceh adalah masakan favorite saya, terlahir dari keluarga berdarah Aceh dan sekolah di Bali dan sekarang menetap di Perancis tidak membuat saya lupa akan masakan dari kampung nenek moyang saya. Ya masakan Aceh, adalah masakan terenak yang pernah saya makan, karakter rasanya yang khas membuat saya selalu jatuh dengan dengan masakan satu ini, rempah dan cabai yang terdapat dalam semua resepnya membuat masakan Aceh sangat beda jauh dengan masakan negara tetangganya (Malaysia) ataupun dengan beberapa kota tetangganya.

Apa aja sih macamnya masakan Aceh yang bikin saya selalu meneteskan air liur ? Allez, check this out guys!

1. Mie Aceh

Mie kuning yang kenyal ini memiliki tekstur yang beda dengan jenis mie yang lainnya. Mie kuning yang bercampur dengan kol (kubis), taoge, seledri dan daun bawang ini akan memberikan rasa yang sangat sangat nikmat begitu siap terhidang di piringmu.

Ada 3 macam mie aceh : mie tumis (mie basah), mie kuah, dan mie goreng (mie kering). Mie ini ada campurannya guys, bisa dicampur dengan daging sapi, cumi-cumi, udang ataupun kepiting. Deuh, masalah rasanya jangan ditanya deh, buruan ambil kunci motor dan langsung pergi ke toko mie aceh terdekat, make sure kalo yang dagang adalah orang Aceh sendiri yah, karna biasanya kalo selain orang Aceh rasanya agak beda (beda tangan beda rasa guys).

2. Nasi Goreng Aceh

nasi goreng aceh via http://images.google.fr

Advertisement

Nah, kalo tadi ada mie Aceh sekarang ada nasi goreng Aceh, emang apa bedanya sih nasi goreng Aceh dengan nasi goreng biasanya? Lagi-lagi bedanya itu terletak pada bumbunya, bumbu yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng Aceh hampir sama dengan bumbu mie Aceh, malah terkadang ada beberapa pedagang memakai bumbu mie untuk nasi goreng, atau sebaliknya.

Buat orang yang gak merhatiin, rasanya bakalan gak ada bedanya saat makan nasi goreng dengan mie, tapi yang sebenanya rasanya itu beda banget bagi aku. Dimakan ama apa aja sih nasi goreng Aceh itu? Alors, di dalam piring nasi goreng Aceh kita bakalan ada kerupuk melinjo, acar bawang merah dan cabe ijo, irisan timun tomat, kacang goreng, dan telur dadar khas juga guys.

Masih ada yang belum pernah nyobain nasi goreng Aceh kah? Buruan searching di google, di mana ada warung Aceh terdekat dari tempat tinggalmu hehehe, selamat mencoba yah.

3. Bu Gurih/Nasi Gurih

nasi gurih via http://images.google.fr

Bu gurih ini hampir sama versinya dengan nasi uduk, lagi lagi guys yang membedakan itu rempah yang terkandung di dalam bumbu nasi tersebut. saat kita memakannya kita akan merasakan sensasi semua rempah yang ada di dalamnya. biasanya lauk yang kita makan dengan bu gurih ini adalah telur balado, sayur kacang panjang dengan udang tauco, kacang goreng,dan bawang goreng sebagai pelengkapnya. dan bu gurih ini biasanya untuk sarapan di pagi hari di Aceh sana. Jadi kalo di Aceh adanya bu gurih ya guys untuk makan pagi bukan nasi kuning hehehe.

NB : isi dalam nasi gurih biasanya gak semuanya sama, tergantung orang yang buat, mau dikreasikan seperti apa lauknya.

4. Kuah asang keueng/kuah asam pedas

kuah asang keueng ikan via http://images.google.fr

Asang keung yang artinya asam pedas benar benar cocok untuk menamakan kuah yang satu ini. Kuah yang berwarna kuning segar ini biasanya berlauk ikan segar atau udang kecil kecil, kenapa udang kecil? Karena udang kecil bisa memberikan rasa lebih manis untuk kuahnya. Dimasak dengan asam sunti (asam khas Aceh yang terbuat dari belimbing wuluh yang di jemur hingga menghitam) dan ditaburi lagi dengan potongan belimbing wuluh segar serta cabe hijau kecil, membuat merem melek saat kita menyeruputnya. Cocok dimakan dengan nasi panas yang baru matang, kuah asang keung fresh dan potongan ikan asin akan membuat kalian nggak bisa berhenti makan guys, trust me diet kalian gagal total.

5. Kacang panjang udang tauco

tauco kacang udang via http://images.google.fr

Nah dari namanya kita udah tau kan apa sih bahan utama dalam menu ini? Bahannya itu kacang panjang dan udang dan yang paling penting adalah tauconya. Eits guys, tauco nya gak bisa sembarangan loh ya, harus tauco dari Aceh juga, kalo tauconya dari lain daerah rasanya akan beda. Menu ini hampir jarang ditemui di rumah makan Aceh, lebih sering hanya dihidangkan di rumah rumah warga Aceh. Potongan cabe kecil hijau dan merah, serai, tomat, bawang merah dan bawang putih ini akan menambah nikmatnya makan menu satu ini. Cukup dimakan dengan nasi panas sudah cukup buat kalian begah guys, kagak akan bisa berhenti makan deh pasti. Buat dengan agak berkuah ya guys, biar kamu bisa ngerasain kuah tauco dengan cita rasa asin ini. Uuk buka google langsung biar tau resepnya. Silahkan mencoba guys.