Paradigma yang sudah berkembang dan sulit untuk dihilangkan di dunia pendidikan Indonesia adalah masyarakat menganggap nilai rapor dan Ujian Nasional sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam belajar. Seperti yang kita ketahui Ujian Nasional adalah sebagai penentu kelulusan siswa dalam belajar di sekolahnya. Apakah ini dapat kita benarkan? Tentu saja tidak.

Perlu kita ketahui bahwa keberhasilan suatu sekolah dalam mendidik anak dapat kita ketahui dengan melihat perilaku anak kita sehari-hari. Itu mencerminkan sebagian besar apa yang anak dapatkan disekolah, karena biasanya anak akan lebih percaya terhadap apa yang dilakukan dan dikatakan gurunya dari pada orang lain. Lalu apa saja tanda-tanda keberhasilan sekolah tersebut?

1. Anak Mencintai Belajar

Belajar Blog di Inixindo via https://imafathia.wordpress.com

Banyak kita lihat anak-anak di sekililing kita enggan untuk belajar karena di sekolahnya pembelajaran tidak dilakukan dengan menyenangkan. Memberi kesenangan saat belajar sangat perlu dilakukan agar anak dapat mencintai belajar dan sangat terpanggil untuk belajar.

2. Anak Tahu Cara Mendapatkan Ilmu

Tempat belajar ‘PW’ di Kampus Anggrek Binus University via http://bvoiceradio.com

Tidak kita pungkiri cara belajar disekolah masih mengajar dengan metode yang berpusat pada guru. Anak-anak hanya mengandalkan guru sebagai sumber ilmu. Anak tidak diajarkan atau ditanamkan cara mendapatkan ilmu dari sumber lain. Di sini sekolah perlu memberikan stimulus untuk anak agar tahu cara mendapatkan ilmu.

3. Anak Semakin Kreatif

Advertisement

Ingin Anak Anda Kreatif? Coba 5 Tips Melatih Kreatifitas Anak via https://hargahot.com

Sekolah sebagai pelaksana pendidikan adalah tempat di latihnya anak untuk dapat memberikan jawaban terhadap suatu masalah. Permasalahan tentu akan berbeda yang dihadapi di sekolah dengan di lingkungan masyarakat, namun dengan terlatihnya siswa menghadapi suatu permasalahan dapat memberikan modal anak untuk menghadapi masalah di lingkungannya sendiri.

4. Anak Mampu Menggunakan Teknologi dengan Benar

TIPS SUPAYA BELAJAR JADI ASIK PLUS JADI HOBI via https://www.vebma.com

Teknologi tidak hanya terkait dengan barang-barang modern tetapi juga barang-barang yang sering ditemukan siswa. Kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi dengan benar mencerminkan pengajaran disekolah yang mampu mengaitkan semua unsur dalam pembelajaran.

5. Anak Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Si Kecil Cerewet Bertanya via http://lifestyle.okezone.com

Salah satu keberhasilan siswa dalam belajar di sekolah yaitu anak menunjukkan kemampuannya dalam berkomunikasi dengan orang lain. Ini menunjukkan di sekolahnya pembelajaran dilakukan dengan keterbukaan antara guru dan anak untuk berdiskusi. Melalui diskusi ini anak dilatih untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Kalau hal itu sudah ada pada anak Anda maka sekolah tempat anak Anda telah berhasil mendidiknya. Selamat mengamati!