7 Kegiatan Ngabuburit Ala Anak Rumahan, Dijamin Seru!

Ngabuburit seru untuk kaum yang betah di rumah

Memasuki bulan suci Ramadan tidak asing rasanya mendengar istilah ngabuburit. Dikutip dari bahasa Sunda, ngabuburit memiliki arti yaitu kegiatan bersantai di sore hari. Kegiatan ini seringkali digunakan untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Bicara tentang ngabuburit, kalian pasti terbayang akan serunya berkelana memburu takjil ataupun nongkrong bersama teman di suatu tempat. Itu pun jika ada niatan untuk keluar rumah. Namun, bagi kalian yang tipikal anak rumahan, ada banyak cara kok untuk mengisi kegiatan seru di bulan Ramadan tanpa harus repot keluar rumah. Berikut 7 kegiatan ngabuburit seru yang cocok banget ala anak rumahan!

Advertisement

1. Tadarus

Tadarus | Photo by freepik

Tadarus | Photo by freepik via https://www.freepik.com

Tadarus atau membaca Al-Qur’an bisa menjadi kegiatan ngabuburit kalian menjadi penuh berkah dan bermakna. Dengan membaca Al-Qur’an, kalian bisa mendapat pahala yang berlipat lho! Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk  menenangkan diri dari rasa lapar dan haus. Ingat, jangan sekedar baca, tetapi pahami juga maknanya!

2. Membaca buku

Membaca buku | Photo by pvproductions

Membaca buku | Photo by pvproductions via https://www.freepik.com

Membaca adalah kegiatan yang bisa kalian lakukan dimana saja termasuk di rumah. Hanya dengan membaca buku favorit, sangat cukup untuk mengisi kebosanan selagi menunggu adzan Maghrib berkumandang. Disamping itu, kalian akan mendapat banyak pengetahuan dari buku yang dibaca lho. Wah, auto jadi pintar nih!

Advertisement

3. Menonton film

Menonton film | Photo by freepik

Menonton film | Photo by freepik via https://www.freepik.com

Khusus pecinta film, kegiatan ini dapat menjadi teman ngabuburit di bulan Ramadan lho. Menonton acara favorit akan membuat kalian menjadi semakin penasaran hingga menghabiskan waktu berjam-jam. Lebih bagus lagi, jika kalian menonton yang ada nuansa religi.

Selain membangkitkan imajinasi, kalian juga dapat memetik pesan moral dari film yang ditonton. Meskipun begitu, kalian harus tetap selektif terutama saat memilih genre.

4. Bermain game

Bermain game | Photo by cottonbro

Bermain game | Photo by cottonbro via https://www.pexels.com

Siapa nih yang suka nongkrong lama-lama karena keasyikan nge-game? Buat anak rumahan penyuka game, kegiatan ini bisa menjadi sarana ngabuburit yang paling pas lho! Bermain game favorit dapat membuat ngabuburit kalian semakin seru selagi membunuh waktu. Apalagi jika bermain bersama teman ataupun keluarga, wah berkali lipat deh serunya!

Advertisement

5. Memasak

Memasak | Photo by nensuria

Memasak | Photo by nensuria via https://www.freepik.com

Memasak adalah kegiatan rutin untuk menyiapkan makanan saat berbuka nanti. Karena memasak membutuhkan banyak waktu, kalian bisa menjadikannya sebagai kegiatan ngabuburit. Begitu waktu berbuka tiba, kalian bisa langsung menyantap makanan yang sudah tersedia. Selain itu, kegiatan memasak dapat menghemat pengeluaran daripada membeli makanan jadi. Sambil menyelam minum air nih!

6. Olahraga

Olahraga | Photo by tirachardz

Olahraga | Photo by tirachardz via https://www.freepik.com

Berpuasa di bulan Ramadan bukan berarti kalian harus tidur-tiduran. Sesekali tubuh juga perlu dijaga lho! Cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti senam, yoga ataupun kegiatan lain di rumah yang memacu tubuh untuk terus bergerak.

Berolahraga dapat membuat tubuh kalian tetap sehat dan segar. Selain itu, kegiatan ini dapat membakar kalori dan mencegah obesitas selama berpuasa. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan ya!

7. Aktivitas kesenian

Aktivitas kesenian | Photo by freepik

Aktivitas kesenian | Photo by freepik via https://www.freepik.com

Buat anak rumahan pecinta seni, kegiatan ini cocok sekali untuk ngabuburit. Kalian bisa melakukan segala kegiatan bernuansa seni seperti melukis, crafting, bermusik dan lain-lain sesuai selera. Selain mengisi rasa bosan, kegiatan ini dapat mengasah kemampuan dan kreativitas kalian. Sungguh bermanfaat bukan?

Itulah 7 kegiatan ngabuburit seru ala anak rumahan yang kalian bisa terapkan di bulan Ramadhan. Kira-kira kegiatan mana nih yang menjadi favorit kalian? Pastikan untuk tidak melewatkan sholat lima waktunya ya! Tetap semangat dan selamat berpuasa!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bukan siapapun, simple dan minimalis.

Editor

CLOSE