Ketahui Dulu Langkah-langkah Mengatasi Hipotermia Ini Sebelum Mendaki. Pemula Wajib Tahu!

Hipotermia disebabkan karena panas yang dihasilkan tubuh tidak sebanyak panas yang hilang.

Kamu suka mendaki? Jika iya, kamu pasti tidak akan asing dengan istilah hipotermia. Hipotermia adalah kondisi ketika suhu tubuh menurun drastis hingga dibawah 35 derajat celcius. Suhu tubuh normal manusia berkisar antara 36,5-37,5 derajat celcius. Apabila suhu tubuh dibawah normal dengan waktu yang lama maka dapat  memicu terjadinya kerusakan pada sistem tubuh.

Hipotermia disebabkan karena panas yang dihasilkan tubuh tidak sebanyak panas yang hilang. Seperti yang kita ketahui siapapun dapat terkena hipotermia. Jadi sebelum melakukan pendakian, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami untuk menangani hipotermia :

Advertisement

1. Jangan panik

Jangan Panik

Jangan Panik via http://google.com

Ketika menjumpai seseorang yang terkena hipotermia usahakan jangan panik. Kamu harus tetap tenang dan berfikir jernih. Jangan tergesa-gesa dalam melakukan tindakan. Ini dapat mempengaruhi kondisi penderita hipotermia.

2. Pindahkan ke tempat yang lebih hangat

Contoh Tempat Hangat

Contoh Tempat Hangat via http://google.com

Ketika menemukan seseorang yang mengalami tanda tanda hipotermia maka pindahkan ke tempat yang lebih hangat untuk menjaga kestabilan suhu tubuhnya. Jika penderita mengalami sesak nafas, maka kamu perlu membawanya ketempat yang lebih rendah.

Advertisement

Hal ini disebabkan semakin tinggi tempat keberadaan kita maka semakin sedikit oksigen yang tersedia. Berikan bantuan oksigen apabila kamu membawa okxycan atau sejenisnya.

3. Lepas pakaian yang basah

Pakaian Basah

Pakaian Basah via http://google.com

Kamu perlu memperhatikan pakaian yang digunakan oleh penderita hipotermia. Apabila pakaian yang dikenakan basah maka segera ganti dengan pakaian yang kering. Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat. Pakaian yang basah dapat memperburuk kondisi penderita.

4. Lapisi tubuh dengan benda yang menghangatkan

Gambar Sleeping Bag

Gambar Sleeping Bag via http://google.com

Usahakan untuk melapisi penderita hipotermia dengan menggunakan selimut, kantong tidur, kain, atau barang apapun yang dapat menghangatkan tubuh penderita. Kamu dapat memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarmu. Pastikan benda yang akan digunakan untuk menghangatkan penderita tidak basah. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu tubuh penderita hipotermi agar tetap hangat.

Advertisement

5. Berikan kompres hangat

Contoh Kompres Manual

Contoh Kompres Manual via http://google.com

Kamu dapat memberikan kompres hangat kepada penderita hipotermia. Jika disekitarmu terdapat botol, kamu bisa mengisinya dengan air hangat dan mengompreskannya kepada penderita. Kamu dapat memberikan kompres di bagian leher, ketiak dan lipatan paha.

Hindari mengompres dengan air yang terlalu panas karena dapat merusak integritas kulit. Satu lagi, usahakan melapisi botol dengan kain. Apabila botol kompres langsung bersentuhan dengan kulit, kontak dengan kulit langsung dapat merusak kulit dan memperburuk keadaan penderita.

6. Hindari menggosok tangan terlalu keras

Menggosok Telapak Tangan

Menggosok Telapak Tangan via http://google.com

Ketika merasa kedinginan, biasanya orang akan menggosok kedua telapak tangannya. Kamu dapat melakukannya, tetapi tidak diperkenankan untuk menggosok kedua telapak tangan terlalu keras. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit pada telapak tangan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang mahasiswa ilmu komunikasi sakah satu perguruan tinggi di Yogyakarta.

CLOSE