Kamu suka travelling?

Lagi cari referensi?

Yuukkk,, kepoin tempat yang wajib buat masuk di list holiday kamu.

Sebelum mengetahui tempat tempat travelling yang bagus di UK. Sebaiknya kamu harus tahu dulu nih, apa itu UK?

UK atau United Kingdom adalah sebuah sistem negara kesatuan yang terdiri dari Inggris (England) dengan ibu kota London, Wales dengan ibu kota Cardiff, Skotlandia (Scotland) dengan ibu kota Edinburgh dan Irlandia Utara (Northern Ireland) dengan ibu kota Belfast. Nama resminya adalah Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara atau dalam bahasa inggris disebut United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau United Kingdom.

Banyak yang mengira UK itu sama dengan Inggris padahal tidak loh. UK berbeda dengan Inggris walaupun Inggris (England) merupakan bagian dari UK. Ibu kota dan pusat pemerintahan UK terletak di London, Inggris. Inilah yang menyebabkan bahwa UK sering disebut juga dengan Inggris. Secara geografis, UK terletak di pantai Barat-Laut Benua Eropa.

Tak hanya berjaya di level Eropa, untuk level dunia pun UK selalu masuk dalam daftar 10 besar negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan internasional. Secara rutin, United Kingdom (UK) selalu masuk dalam daftar negara tujuan wisata terpopuler di dunia lho. W. O. W banget kan?!!! Mau tahu dong pastinya wisata terpopuler itu apa aja?

1. London

London, Inggris

London, Inggris via http://catatantraveling.com

Destinasi tempat wisata pertama adalah ibu kota dari United Kingdom yaitu London. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Thames, wilayah tenggara pulau Great Britain. Wajar saja jika London menjadi tempat wisata yang paling banyak dicari oleh wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara, selain ibu kota dari United Kingdom di London ini juga kamu dapat mengunjungi berbagai landmark yang populer seperti Buckingham Palace, Tower of London, hingga Big Ben di siang hari.

Bagi kamu yang mengaku sebagai pecinta sejarah, kamu akan merasa tenggelam dalam perjalanan sejarah kotanya yang panjang dan dramatis dengan mengunjungi berbagai museumnya dan kemudian jatuh cinta dengan suasana kota yang dipenuhi dengan banyak bangunan klasik. Menariknya, kota ini juga memiliki banyak bangunan modern yang berdampingan apik dengan bangunan lama.

Advertisement

Setelah travelling ngga lengkap rasanya kalo ngga berbelanja atau shopping. Buat kamu yang suka banget shopping, kota london ini juga menawarkan banyak spot wisata belanja mulai dari butik ternama, departemen store, hingga pasar tradisional.

Setelah kamu puas berkeliling kota London di siang hari, jangan langsung beranjak ke kota lain dulu, karena ketika malam hari kota London ini juga ngga kalah bagus lho keindahannya.

Kamu bisa menikmati keindahan malam kota London yang kaya dan bervariasi dengan mengunjungi tempat-tempat terbaik ala British. Mulai dari pub, bar, rooftop lounge, comedy bar, hingga aneka teater yang mengundang bintang-bintang Hollywood ternama. Semua bisa kalian temukan di sini.

2. Edinburgh

Edinburgh, Skotlandia

Edinburgh, Skotlandia via http://hotel.jalan2.com

Advertisement

Destinasi wisata kedua adalah Edinburgh, ibu kota Skotlandia. Edinburgh ini merupakan salah satu kota terpopuler yang ada di United Kingdom (UK) dan wajib banget buat kamu kunjungi. Kota dengan jumlah penduduk terpadat kedua di Skotlandia setelah Glasgow. Secara geografis, kota ini terletak di regio Lothian, di pesisir selatan muara sungai Forth.

Edinburgh ini merupakan salah satu kota yang memiliki atmosfir yang unik, karena menawarkan perpaduan antara arsitektur bergaya Medieval di area Old Town dan arsitektur bergaya Georgian di area New Town, serta sejumlah landmark populer dan salah satunya yang ikonik adalah Edinburgh Castle.

Di kota Edinburgh ini juga kamu bisa menikmati berbagai festival, merasakan budaya dan tradisi Skotlandia yang sesungguhnya dan sekaligus menikmati tempat favorit di ruang terbuka. Karena kota ini memiliki berbagai ruang terbuka dan diklaim sebagai yang terbaik di antara kota-kota besar yang ada di United Kingdom (UK).

Bukan hanya pariwisata dan keindahan kotanya, Edinburgh juga terkenal sebagai kota pendidikan. Salah satu universitas tertua di United Kingdom (UK) adalah Univeristy of Edinburgh yang terletak di kota ini. Universitas tersebut juga merupakan salah satu perguruan tinggi dengan peringkat terbaik di dunia.

3. Belfast

Belfast, Irlandia Utara

Belfast, Irlandia Utara via http://www.catatantraveling.com

Destinasi wisata ketiga adalah Belfast, yaitu ibu kota Irlandia Utara. Belfast ini merupakan kota terbesar yang ada di Irlandia Utara. Kota ini terletak di lembah Sungai Lagan, di pantai Timur Irlandia Utara.


Tahukah kamu?

Belfast ini merupakan tempat asal kapal terkenal dunia RMS Titanic yang diproduksi oleh perusahaan konstruksi kapal Harland dan Wolff.


Di kota ini banyak tempat wisata menarik yang siap memanjakan pemandangan matamu lho. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di kota Belfast:


  • Belfast Castle

  • Parliament Buildings

  • Ulster Museum

  • Botanic Gardens

  • ss Nomadic

  • Belfast City Hall

  • Albert Memorial Clock

  • Cave Hill

4. Cardiff

Cardiff, Wales

Cardiff, Wales via http://hotel.jalan2.com

Destinasi wisata keempat adalah Cardiff, ibu kota dari Wales. Buat kamu yang suka banget kulineran, kota Cardiff ini cocok buat masuk daftar tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Kuliner di cardiff ini katanya termasuk salah satu yang terbaik lho se-UK, buktinya ada belasan restoran di kota ini dan sekitarnya yang sudah mendapat peringkat bintang Michellin.

Buat kamu pecinta olah raga, di Cardiff ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk kamu bisa menyaksikan olah raga rugby, olah raga yang sangat populer di kota ini. Cardiff juga populer karena memiliki sejumlah shopping arcade yang cantik dan museum-museum keren serta kehidupan malam yang terkenal sebagai salah satu te-rhype se-UK. Kamu bisa menikmati semuanya dengan pemandangan kolaborasi antara suasana laut dan gunung yang ada di sekitar kota Cardiff ini.

5. Oxford


Apa yang kamu fikirkan saat mendengar kata Oxford?

Kota pendidikan.


Destinasi wisata kelima adalah Oxford, ibu kota country Oxfordshire, South East England. Oxford ini terkenal dengan pendidikan karena di kota ini terdapat universitas yang tertua di dunia yaitu Universitas Oxford. Universitas ini berdiri sejak abad ke-12 dan sampai saat ini masih memiliki nama besar dalam dunia pendidikan. Wajar saja jika Oxford ini menjadi destinasi wisata yang tidak terlewatkan bagi para wisatawan.

Selain pendidikan, Oxford juga merupakan kota yang terkenal dengan teknologi informasi, sains, publishing dan manufaktur. Oxford juga memiliki beberapa landmark utama yang wajib untuk kamu kunjungi, antara lain Bodleian Library, Pitt Rivers Museum, Carfaxx Tower dan masih banyak lagi.

Bukan cuma memiliki universitas tertua di dunia, tapi Oxford ini juga memiliki museum tertua di Inggris yaitu, Ashmolean Museum of Art and Archaeology, di Oxford ini juga ada spot-spot untuk melakukan wisata alam dan rekreasi menggunakan perahu, serta butik fashion dan spot untuk belanja pun tersedia lengkap di kota ini.

6. Glasgow

Glasgow, Skotlandia

Glasgow, Skotlandia via http://hotel.jalan2.com

Destinasi wisata yang keenam adalah Glasgow. Kota ini merupakan kota terbesar di Skotlandia. Secara geografis, Glasgow terletak di tepi Sungai Clyde, di wilayah barat dataran rendah Skotlandia. Penduduk Glasgow ini biasa disebut dengan Glaswegians. Glasgow juga dijuluki sebagai World’s Friendliest City, karena penduduknya yang terkenal sangat ramah. Keramahan penduduk Glasgow ini sudah sangat populer dan selalu bisa membuat para wisatawan merasa diterima dengan tangan terbuka.

Di Glasgow ini juga kamu bisa menikmati atraksi kelas dunia dengan cuma-cuma atau dengan gratis. Selain atraksi kelas dunia, di kota ini juga kamu bisa mengunjungi museum-museum ternama, galeri dan obyek wisata ternama lainnya lagi-lagi secara cuma-cuma atau gratis. Menarik bukan? Dan buat kamu yang suka shopping disini juga lengkap mulai dari butik fashion eksklusif hingga craft market. Komplit banget pokoknya.

7. Liverpool

Liverpool, Inggris

Liverpool, Inggris via http://hotel.jalan2.com


Buat para penggemar sepak bola pastinya udah ngga asing sama kota ini.


Destinasi wisata yang terakhir adalah Liverpool, kota pelabuhan yang terletak di Teluk Liverpool, muara Sungai Mersey, Inggris. Penduduk asli Liverpool biasa disebut dengan Liverpudlians. Kota ini lebih banyak dikunjungi oleh para wisatawan penggila bola.

Selain para pecinta sepak bola, Liverpool ini juga banyak dikunjungi oleh para fans legendaris the Beatles. Wisata dengan tema Beatles atau yang dikenal dengan The Beatles Story juga menjadi salah satu aktifitas favorit saat menelusuri kota Liverpool. Selain itu kota ini juga memiliki banyak spot wisata sejarah dan museum untuk dikunjungi.

Karena tempatnya yang merupakan kota pelabuhan, berbagai pelayaran terkemuka dunia seperti RMS Titanic, RMS Lusitania, Queen Mary dan Olympic selalu berlabuh di kota ini. Selain kapal-kapal yang berlabuh itu, di sekitar kota Liverpool ini juga ada pantai-pantai seperti Pantai Formby yang cukup luas dan memiliki hutan pinus, serta Pantai Crosby yang dihiasi patung-patung instalasi karya Antony Gormley.

Kehidupan malam di kota ini juga tidak kalah indah dengan kota-kota lain. Ada taman publik yang terlihat indah apabila malam hari jumlahnya juga lebih banyak dibandingkan dengan kota Paris. Selain itu juga Liverpool memiliki sejumlah festival dengan berbagai tema, mulai dari seni, budaya hingga festival musik. Nggak kalah keren pokoknya!!!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya