Hampir setiap wanita beranggapan bahwa proses kehamilan adalah saat yang paling menakutkan dan memacu adrenalin. Pasalnya saat itu seorang wanita harus mempertaruhkan kehidupannya demi mengeluarkan buah cintanya. Sebelum proses itu terjadi berikut tanda-tanda seorang wanita akan melahirkan: Perhatikan baik-baik ya!

1. Merasa nyeri di area selangkangan

Hal yang pertama dirasakan calon ibu adalah munculnya rasa nyeri atau sakit di area selangkangan dan vagina, karena janin sudah mulai bergerak ke arah bawah sehingga menekan rangka tulang pelvis. Penasaran dengan seberapa dalam rasa sakitnya? Konon hal ini terasa seperti kulit yang ditarik-tarik.

2. Terasa sakit di area punggung

Lalu, di saat yang bersamaan sang ibu akan merasakan punggungnya sakit dan terasa pegal dengan frekuensi yang semakin sering. Saat seperti inilah para wanita membutuhkan peran orang yang disayang yaitu suaminya untuk memberikan sentuhan agar rasa sakitnya berkurang.

Advertisement

3. Keluarnya lendir dan flek dari daerah kewanitaan

Jangan heran jika pada tahapan selanjutnya vagina ibu hamil mengeluarkan lendir atau flek darah. Hal ini merupakan tanda bahwa jaringan serviks pada ibu hamil mengalami pembukaan.

4. Meningkatnya nafsu makan

Tanda kehamilan nggak melulu sesuatu yang terasa menyakitkan, contohnya tanda yang satu ini sang ibu akan mengalami peningkatan nafsu makan. Jika biasanya ia kenyang hanya dengan mengonsumsi satu piring makanan, maka menjelang proses persalinan, nafsu makannya akan meningkat menjadi 2-3 kali lipat dari jumlah dari yang biasanya.

5. Sulit tidur

insomnia via http://www.go-dok.com

Jangan heran jika ibu hamil mengalami kesulitan untuk tertidur. Alasannya tidak lain adalah karena rasa tidak nyaman di area perut dan rahim yang disebabkan oleh kontraksi.

6. Braxton Hicks, apa itu?

kontraksi palsu via http://www.go-dok.com

Braxton Hicks adalah kontraksi palsu yang biasanya ibu hamil rasakan di area perut dan panggul akan berlangsung selama 30-120 detik. Saat mengalami hal ini, sebaiknya relakasasi tubuh ketempat yang lebih nyaman agar kontraksi palsu hilang dengan sendirinya.

7. Jadi sering buang air kecil

Menahan pipis via http://www.go-dok.com

Jangan heran jika ibu hamil merasakan rasa ingin buang air kecil selalu. Pasalnya saat seperti ini janin yang bergerak ke arah bawah yang secara tidak langsung menekan kandung kemih. Maka, tidak heran jika kemudian ibu hamil akan sering merasakan ingin pipis.

8. Minimnya gerakan janin

duuuh… via http://www.go-dok.com

Pada saat hamil ibu hamil sering merasakan pergerakan janin seperti menendang, maka, menjelang persalinan gerakan janin akan semakin jarang dan lambat. Hal ini disebabkan si jabang bayi sedang menyesuaikan posisi agar dapat keluar dari rahim. Duh gemes ya!

9. Kram perut

Saat seperti ini para wanita akan merasakan sindrom seperti saat menstruasi. Penyebabnya adalah posisi janin sudah mulai bergerak ke bawah mendekati mulut rahim. Kalau sudah seperti ini tandanya tidak lama lagi sang jabang bayi akan datang. Huwaaa…

10. Mual dan muntah

Ini adalah tanda umum yang dialami oleh calon ibu saat sedang menjalani kehamilan. Bedanya saat menjelang proses kelahiran, jika sang ibu merasakan mual dan muntah dengan skala yang lebih sering disarankan untuk segera menguhubungi dokter.

11. Menggigil Kedinginan

Walaupun sedang tidak mengalami demam, sang ibu hamil akan merasakan menggigil pada tubuhnya. Ini lumrah terjadi karena ini merupakan cara ibu hamil mengirimkan sinyal ke rahim agar siap menghadapi proses persalinan.

12. Pecahnya air ketuban

Air ketuban pecah via https://www.google.com

Pada dasarnya cairan ketuban yang berfungsi untuk melindungi jabang bayi dari infeksi akan pecah sesaat sebelum proses persalinan. Namun, jika sang ibu tidak mengalami kontraksi, padahal ketuban sudah pecah, maka dokter biasanya akan melakukan proses induksi atau proses yang akan meningkatkan proses kontraksi.

Itulah tanda-tanda ibu hamil akan segera melahirkan, semoga bermanfaat.