Walau pun tidak sebesar Ibu Kota Provinsi nya, Kota Luwuk yang berjarak kurang lebih 610 KM dari Kota Palu ini menyimpan potensi wisata yang layak untuk di kunjungi. Berada di bagian timur Sulawesi Tengah, Kota dengan julukan Kota Air ini bisa menjadi reverensi kalian untuk berlibur jika sedang berada di Sulawesi Tengah. Meski pun telah lama tinggal di Provinsi Sulteng, mengeksplor kota ini adalah pengalaman pertama saya yang tinggal di Kota Palu. Jadi, apa saja tempat yang bisa kalian kunjungi di Kota ini? Let’s check it out!

1. Dimanakah Letak Kota Luwuk?

600 KM dari Kota Palu – Sulteng 🙂 via http://banggaikab.go.id

Luwuk adalah ibukota Kabupaten Banggai yang terletak di timur Propinsi Sulawesi tengah yang berjarak kurang lebih 610 KM dari Ibu Kota Sulteng, Kota Palu. Untuk menuju ke Kabupaten Banggai dapat ditempuh melalui transportasi darat, laut maupun udara. Dari Kota Palu ibukota Provinsi, menuju Luwuk ibukota Kabupaten Banggai dapat ditempuh melalui jalan darat memakai sarana perhubungan kendaraan umum yaitu bus-bus kecil dan sedang, atau dengan kendaraan carteran, menempuh jarak Palu – Luwuk sekitar 610 km, demikian pula dari Kota Makassar dapat ditempuh melalui jalur darat.

Bagi yang berminat menggunakan transportasi udara terdapat 4 perusahaan penerbangan (Garuda, Sriwijaya Air, Wings Air dan Express Air) yang melayani rute-rute penerbangan reguler setiap hari menuju Luwuk dari Palu, Makassar dan Manado.

Sedangkan pintu masuk melalui laut adalah melalui Pelabuhan Luwuk yang dilayani oleh kapal Pelni (KM.Tilong Kabila) dengan rute Luwuk ke Makassar dan Luwuk ke Bitung (Manado), serta melalui Pelabuhan Pagimana yang dilayani dengan kapal penyeberangan ASDP dengan rute Pagimana-Gorontalo. Luwuk juga menjadi akses poin utama bagi transportasi lanjutan menuju ke Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut yang dilayani dengan kapal penyeberangan maupun kapal angkutan rakyat yang tersedia setiap hari.

2. Air Terjun Salodik yang Air nya bikin Bergidik! Bertingkat dan Seger abis!

Advertisement

Air Terjun Salodik yang Segerrrrr abis! via http://bachtiarlucky.blogspot.co.id

Sekitar 30 Menit dari Kota Luwuk, Air Terjun Salodik adalah salah satu lokasi wisata yang popular di kalangan masyarakat Kota Luwuk. Dengan biaya masuk yang sangat terjangkau sekitar Rp.2.000, kalian sudah bisa menikmati segar nya air pegunungan di air terjun ini. Hal yang menarik dari Air Terjun Salodik adalah susunan nya yang bertingkat tingkat dengan kedalaman yang aman, jadi kalau mau sekedar berenang atau terjun bebas di air terjun ini Ok Ok saja! Selain itu kalian tidak perlu khawatir jika berjalan disekitar batu alam di air terjun ini karena karakter batu yang tidak licin meskipun dilewati air. Nyebur sangat di rekomendasikan ya guys!

3. Bukit Keles yang menawarkan keindahan Kota Luwuk di Malam Hari.

Cafe dengan Panorama Kota Luwuk Malam hari! via http://bachtiarlucky.blogspot.co.id

Kota nya boleh saja mungil, tapi keindahan kota Luwuk di malam hari tidak bisa dianggap kecil. Untuk bisa menikmati keindahan malam di Kota ini kalian langsung saja mengunjungi Café yang nama nya bikin baper “ Café Bukit Kasih Sayang” yang tidak jauh dari pusat Kota Luwuk. Malam-malam sambil ngopi di Café ini bareng orang tersayang, nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan? Pokoknya nikmatin aja keleus!

4. Hijau nya Bukit Teletubies bisa Menghilangkan Penat mu Sejenak!

Pada rumput nan hijauuuu *_* via http://bachtiarlucky.blogspot.co.id

Di bukit ini kalian akan melihat pemandangan padang rumput yang hijau sepanjang mata memandang. Jarak nya pun tidak terlalu jauh dari Café di Bukit Keles yang dapat ditempuh sekitar 20 menit dari situ. Jalan yang di tempuh menuju bukit ini juga terbilang bagus dan mudah untuk dilewati kendaraan. Walau pun dapat di kunjungi kapan saja, saat pagi dan sore hari menjadi waktu yang pas menikmati padang rumput ini karena pencahayaan dari terbit dan senja matahari akan membuat Bukit Teletubies versi Luwuk ini semakin indah untuk di pandang. Usai menikmati Bukit Teletubies, kalian pun akan mendapatkan bonus untuk melihat keindahan Kota Luwuk secara Keseluruhan selepas mengunjungi Bukit Teletubies.

5. Indah nya Pantai Kilo Lima yang Jarak nya Nggak Sampai Se Kilo dari Kota Luwuk!

Terumbu karang nya masih OK padahal di tengah Kota lho.. via http://news.luwukpost.info

Jangan kira karena nama Pantai nya Kilo Lima membuat jarak Pantai indah ini berjarak sejauh lima kilo meter dari pusat Kota Luwuk. Pantai ini masih berada di Kota Luwuk yang di penuhi terumbu karang yang indah dengan air yang biru. Sempat takjub juga ada pantai dengan terumbu karang yang masih terjaga di TENGAH KOTA seperti ini. Selain bisa snorkeling, kalian juga bisa sambil menikmati jajanan setempat yang biasa mangkal di pinggir Pantai Kilo Lima. Karena untuk menikmati Pantai ini tidak di pungut biaya sama sekali, jangan lupa agar tidak membuang sampah di sekitar laut usai snorkeling atau pun sekedar duduk menikmati pantai.

Karena Indonesia bukan cuma Bali atau Lombok saja, Ayo jelajahi daerah lain nya di Indonesia yang tak Kalah Indah! Selain menambah wawasan petualangan mu, berwisata di daerah lain di Indonesia bisa meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat sekitar juga bukan?!