Ayo ngaku siapa yang pernah nyobain rokok ala Timur Tengah, alias shisha? Selain bentuknya yang unik, shisha juga mempunyai ragam varian rasa yang nikmat seperti stroberi, mint, cokelat, dan lain-lain. Namun, di balik kenikmatan dan keunikannnya, shisha ternyata memiliki dampak yang buruk bagi tubuh. Bahaya-bahaya tersebut antara lain sebagai berikut.

 

 

1. Rentan Terinfeksi Penyakit Menular

Tidak ada yang bisa memastikan kebersihan dari perangkat shisha yang digunakan. Hal inilah yang membuat pengguna shisha rentan terkena penyakit menular, seperti herpes dan tuberkulosis.

2. Kanker Mulut. Serem ih!

Tahukah kamu, jika pengguna shisha berisiko terkena beberapa jenis kanker, karena dalam shisa mengandung zat-zat seperti karbon monoksida, logam, dan zat adiktif lainnya. Duh jangan sampe deh ya!

3. Kemandulan pada Pria

Advertisement

Ternyata, tidak hanya rokok yang dapat menyebabkan kemandulan pada pria. Kandungan beragam jenis logam berat, seperti timbal dan timah dapat berdampak negatif bagi tubuh. Tak heran jika hal ini dapat mempengaruhi kesuburan seseorang.

4. Terkena Penyakit Gusi

Nggak enak banget kan? via http://www.go-dok.com

Sadar atau tidak, kebiasaan shisha dapat menyebabkan menumpuknya nikotin dalam darah dan air ludah. Jadi jangan heran jika penggunanya sering sariawan dan mengalami pendarahan.

5. Kesehatan Mata Terganggu

Kesehan Mata Terancam via http://www.go-dok.com

Saat digunakan, shisha akan mengeluarkan asap yang berasal tabung. Kepulan asapnya dapat menyebabkan mata iritasi. Coba cek, apakah saat sedang menghisap shisha, matamu sering terasa pedih, gatal, hingga berair. Jika kamu mulai merasakan hal tersebut pada matamu, segera tinggalkan shisha !

6. Terganggunya Fungsi Hati

Merusak hati via http://www.go-dok.com

Hati-hati buat kamu yang suka bershisha ria. Hal ini, dikarenakan shisha dapat menurunkan fungsi hati, yang menyebabkan ia tidak dapat bekerja maksimal dalam menyaring racun dengan baik.