Negara bagian yang terletak tepat di jantung India ini layak dan wajib kamu kunjungi, kenapa karena kamu akan menemukan bagaimana orang selatan dan orang utara membaur dan terbentuk menjadi masyarakat yang madani. Tak banyak informasi mengnai negara bagian ini, tapi percayalah kamu gak akan menyesal untuk datang ke negara bagian ini. 

 

1. PENERBANGAN

Maaf karena kamu harus menempuh perjalanan panjang untuk sampai di negara bagian ini. Tidak ada penerbangan langsung dari luar negeri menuju Mahdya Pradesh kamu harus transit di Mumbai, New Delhi, Goa, atau Chennai untuk sampai ketempat ini, bendara negara bagian ini terletak di distrik Indore yang merupakan distrik terbesar di negara bagian ini. selain menggunakan pesawat kamu juga bisa menempuh menggunakan sleeper trains atau sleeper bus dari New Delhi dan juga Mumbai.

2. SURGA KULINER

perjuanganmu akan terbayar

perjuanganmu akan terbayar via http://desakkata.wordpress.com

Salah satu kota di Madhya Pradesh yaitu Indore terkenal sebagai kota Kuliner. Kamu akan menemukan kuliner asli India di tempat ini dengan harga mulai 10 Rupee hingga 600 Rupee atau mulai dari 2000 rupiah sampai 120.000 rupiah per porsi. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah makanan di sini rata-rata pedas dan gak ada daging. beberapa spot untuk kulineran disini adalah Sharava, MG Road, Chapan. semua tempat itu buka ketika malam datang, mulai pukul 5 sore sampe 2 pagi.

3. SAPI

sapi menjadi salah satu wujud dewa

sapi menjadi salah satu wujud dewa via http://tribunews.com

Ini bukan hal asing lagi kalau di India, mungkin kamu yang kangen makanan bakso atau sate daging sapi akan merasa bahwa aku pengen bunuh hewan ini buat makanan favoritku. Jangan dilakukan di sini karena di Madhya Pradesh banyak yang beragama Hindu (menurut data statistik sekitar 90% warga Madhya Pradesh beragama Hindu) kalau kamu mau daging sapi kamu akan menemukan daging Buffalo bukan daging sapi dan itu ditemukan dipasar gelap atau kamu bisa datang ke tempat warga muslim di sini.

4. BUS SEKOLAH

di negara bagian ini anak sekolah mendapat fasilitas bis

di negara bagian ini anak sekolah mendapat fasilitas bis via http://desakkata.wordpress.com

Kamu gak akan ketemu anak sekolah bawa kendaraan sendiri atau diantar orangtuanya. Hampir semua sekolah di Madhya Pradesh menyediakan bus sekolah, menurut beberapa kepala sekolah dan pemilik yayasan di sini, ini dilakukan untuk mengurangi tingkat kejahatan dan kecelakaan di kalangan anak sekolah. Menurut data nih, Madhya Pradesh masuk salah satu daerah dengan tingkat IPM rendah, jadi penyediaan bus sekolah juga menjadi wujud komitmen pemerintah dan swasta untuk meningkatkan tingkat IPM di Madhya Pradesh. Kamu bisa menumpang bis ini ketika kamu melakukan kegiatan bersama di salah satu sekolah dan dengan senang hati mereka akan mengantarmu kemanapun.

5. SURGA BELANJA

yuk diborong sari dan kurtanya

yuk diborong sari dan kurtanya via http://desakkata.wordpress.com

Kamu akan menemukan banyak hal yang murah di Madhya Pradesh, mulai dari makanan hingga fashion. Untuk sekali sarapan di Madhya Pradesh kamu cukup menyisihkan uang sekitar 15-30 Rupee untuk sepiring poha dan segelas mashalai tea. Belanja salah satu pakaian khas India yaitu kurta kamu akan menemukan mulai dari harga 200 Rupee hingga 4000 Rupee. Salah satu barang yang wajib kamu beli ketika di India adalah Kain Sari, kamu akan menemukan mulai dari 300 Rupee hingga 10.000 Rupee bergantung kualitas dan bagaimana kamu menawar. 

6. TUK-TUK

jugnoo atau tuk-tuk atau bajaj

jugnoo atau tuk-tuk atau bajaj via http://jugnoo.aps.com

Salah satu moda transportasi yang banyak kamu temui di Madhya Pradesh adalah Jugno atau bajaj kalau di Indonesia. Jugno bisa masuk bandara kalau di Mahdya Pradesh, berbeda dengan di Indonesia. Kamu bisa memesan Jugnoo menggunakan aplikasi Jugnoo yang tersedia di Appstrore dan juga Playstore. Tarif untuk sekali menggunakan jugnoo bergantung dengan jarak tempuh. Selain menggunakan aplikasi di smartphone kamu juga bisa langsung order di jalan, ingat kalau langsung kamu harus nego karena biasanya untuk orang asing kamu akan dikenai tarif lebih mahal. 

7. PEMANDANGAN ALAM

rasakan sesasinya

rasakan sesasinya via http://wikipedia.org

Mahdya Pradesh memilki keragaman landscape mulai dari hulu hingga hilir sungai, perbukitan, dataran rendah dan juga safana. Belum lengkap rasanya kalau ke Madhya Pradesh tanpa menengok beberapa tempat tersebut. Beberapa tempat seperti di kota Bhopal dan Indore memberikan kemudahan akses untuk melihat hal tersebut. tempat yang wajib dikunjungi ketika ke Madhya Pradesh adalah Upper Lake di Bhopal, Sungai Narmada, Marble Rock di Jabalpur, dan 9 taman nasional yang tersebar di seluruh penjuru Madhya Pradesh.

8. TEMPAT BERSEJARAH

wajib datang ke tempat ini

wajib datang ke tempat ini via http://desakkata.wordpress.com

Sebagai sebuah kerajaan di masa lalu Madhya Pradesh menyimpan banyak sekali warisan sejarah, mulai dari bangunan hingga kuliner. Warisan sejarah berupa bangunan tersebar hampir di seluruh wilayah Madhya Pradesh. dari bangunan bagunan bersejarah itu kamu akan tau bagaimana Madhya Pradesh di masa lalu.

Melihat ke masa lalu bukan berarti gagal move on tapi menjadi pelajaran. Bangunan bersejarah di Madhya Pradesh berbentuk candi maupun istana, dan juga masjid. Datanglah ke kota Ujjain kalau kamu mau lihat kerjaan Madhya Pradesh di masa lalu, datanglah ke kota Bhopal kalau kamu mau tau bagaimana Islam dan Hindu menyatu, atau datanglah ke Indore kalau kamu mau tau bagaimana kuliner dari berbagai penjuru menyatu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya