5 Manfaat Mengenalkan Karya Sastra Kepada Anak

Mengenalkan karya sastra pada anak itu juga penting!

Tidak hanya mengenalkan sederet angka-angka, anak juga harus kenal berbagai ragam karya sastra. Karya satra tidak hanya berupa novel-novel tebal yang harus selalu membahas hal-hal berat tentang kehidupan dan membutuhkan waktu lama untuk membaca dan memahaminya atau tidak juga sebuah bacaan yang hanya berisi tentang cinta.

Terdapat karya sastra yang memang diperuntukkan untuk anak-anak yang penulisannya disesuaikan dengan pengetahuan dan pengalaman usia anak-anak. Karya sastra untuk anak-anak inipun beragam, baik dalam bentuk lisan atau tulisan, misalnya puisi, cerpen, fabel dan dongeng.

Tentunya pengenalan karya sastra kepada anak ini membutuhkan peran orang tua dan jug aperan guru di sekolah.

Lalu, apasih peran karya sastra itu, kenapa penting untuk mengenalkannya kepada anak? Yuk, simak 5 manfaat berikut :

Advertisement

1. Sarana perkembangan intelektual anak

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Perkembangan intelektual anak di dukung oleh kemampuan logika berpikir anak. Rangkaian alur cerita pada karya sastra yang ditujukan untuk anak-anak akan membantu anak mengembangkan logika berpikirnya terutama pada saat anak mencoba mengikuti dan memahami cerita yang ia baca.

Dalam hal ini tentu segala aspek intelektual anak akan berperan aktif dalam membaca,memahami dan mengkritisi cerita yang ia baca.

Advertisement

2. Membantu perkembangan emosional anak

anak tertawa membaca

anak tertawa membaca via http://pixabay.com

Perkembangan emosi merupakan sesuatu yang harus dibangun dan dibina sedari kecil. Kegiatan ini dapat dibantu lewat membaca karya satra.

Dalam sebuah bacaan yang dibaca anak, terdapat tokoh-tokoh dengan karakter  dan tingkahlaku yang menunjukkan kegembiraan, kebahagiaan, kesedihan, simpati dan lain-lain.

Lewat ekspresi yang dicontohkan tokoh-tokoh dalam cerita, anak akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai pengekspresian sisi emosionalnya.

Advertisement

3. Mengembangkan daya imajinasi anak

Photo by olia danilevich from Pexels

Photo by olia danilevich from Pexels via https://www.pexels.com

Membaca karya sastra baik yang hanya berupa tulisan atau yang disajikan juga dengan gambar-gambar seperti komik akan meningkatkan daya imajinasi anak.

Bahkan jika sebuah cerita tersebut disajikan dalam bentuk lisan, daya imajinasi pada anak akan tetap aktif bekerja.  Membaca sastra akan membawa anak berpetualang dalam ruang khayal dan imajinasinya kemudian kembali kepada kesadaran diri dengan pengalaman baru dari hasil bacaannya.

4. Sarana perkembangan bahasa pada anak

Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Photo by Mikhail Nilov from Pexels via https://www.pexels.com

Melatih dan meningkatkan kemampuan berbahasa anak dapat dilakukan lewat membaca karya sastra atau dengan turut serta menulis sebuah karya.

Anak juga dapat turut serta dalam menghasilkan karya sastra baik berupa puisi atau cerpen-cerpen anak. Lewat kegiatan menulis ini, anak akan mampu menyalurkan imajinasi, ide , fantasi dan hasil eksplorasinya kedalam sebuah bentuk nyata yaitu tulisan.

Tentunya pengalaman menulis dan membaca akan membantu memperkaya kosa kata anak dan secara tidak langsung akan merangsang anak untuk tahu cara bertutur kata dan aktif dalam berkomunikasi.

5. Menanamkan kebiasaan membaca

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Photo by Gustavo Fring from Pexels via https://www.pexels.com

Umumnya tidak banyak anak-anak yang suka membaca. Salah satu faktor yang menyebabkan anak malas untuk membacayaitu karena jenis bacaan yang disediakan tidak menarik perhatian anak.

Saat di bangku sekolahpun, anak-anak lebih banyak diminta untuk membaca buku-buku pelajaran saja yang tentunya membuat mereka cepat bosan. Membaca sastra merupakan salah satu hal yang dapat membantu kejenuhan anak dalam membaca ini.

Bacaan-bacaan sastra untuk anak-anak menyajikan banyak hal yang menarik yang mendorong rasa penasaran anak dan membuat mereka ingin terus membacanya. Semakin sering anak membaca sastra semakin terbiasa pula ia dengan berbagai ragam tulisan, sehingga nantinya kegiatan membaca itu menjadi sebuah kebiasaan yang berulang-ulang yang dilakukan oleh anak.

Nah, itu tadi 5 manfaat mengenalkan karya sastra pada anak. Tentunya masih banyak manfaat lain yang secara tidaklangsung akan berdampak sangat baik kepada anak.

Dan jangan lupa karya sastra yang dikenalkan kepada anak disesuaikan dengan kemampuan anak dan pengalaman anak di usianya.  Yuk kenalkan karya satra kepada anak ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

saat ini sebagai mahasiswa jurusan sastra indonesia. suka menulis dan ingin terus belajar mengembangkan kemampuan menulis dan dibaca oleh orang lain

CLOSE