Mau Buat Ruang Musik di Rumah? Ini 5 Inspirasinya!

Inspirasi Desain Ruang Musik Kece

Kamu punya hobi bermusik atau bahkan berprofesi sebagai musisi? Pasti punya banyak peralatan musik dan aneka koleksi memorabilia musik, dong. Misalnya koleksi gitar untuk gitaris, set drum buat drummer, grand piano bagi yang mahir bermain piano. 

Belum lagi speaker, subwoofer, mixer, komputer khusus produksi musik, sampai koleksi piringan hitam, CD, kaset, buku-buku, dan barang-barang koleksi lain yang berhubungan dengan genre musik yang ditekuni atau juga musisi favorit.

Bagi sebagian pelaku musik yang baru merintis, punya ruang musik atau studio musik sendiri di rumah adalah the ultimate goal. Jadinya, enggak perlu keluar biaya untuk rekaman dan produksi di studio sewaan, bebas memainkan alat musik, dan punya tempat nyaman untuk bekerja dan menaruh koleksi.

Ibaratnya, ruang musik atau studio adalah ruang kerja atau home office dari musisi. Ruang musik adalah tempat buat mereka mengeksplorasi, menuangkan kreativitasnya, dan tentunya bikin karya-karya musik yang keren dan menginspirasi.

Makanya, sama kayak ruang kerja pada umumnya atau bahkan kamar tidur, ruang musik juga harus nyaman, supaya ide-ide bisa muncul di kepala. Begitu juga jadi tempat bersantai sambil memainkan alat musik yang disimpan di sana.

Buat kamu yang pengin tapi belum bisa kesampaian ataupun musisi profesional yang lagi berencana bangun studionya sendiri di rumah, Dekoruma kasih lima inspirasi ruang musik atau studio musik di rumah yang menarik untuk dilihat dan ditiru berikut ini. 

Advertisement

1. Simpel, Menawan, dan Mudah Dirawat. Ruang Musik Bergaya Industrial Yang Praktis dan Tetap Menarik

Sumber: Trendey

Sumber: Trendey via https://trendey.com

Tren desain interior industrial yang masih jadi pilihan buat banyak orang juga cocok buat di ruang musik. Apalagi buat kalian yang enggak mau repot untuk mikirin dekorasi dan pengin fokus ke fungsinya sebagai ruang musik, desain ini tentunya paling pas.

Terlihat dari penggunaan warna abu-abu sebagai warna utama. Di dinding ruangan dan juga finishing semen ekspos pada lantai yang jadi salah satu ciri khas dari desain Industrial.

Advertisement

Lebih lanjut rak TV serbaguna dari kayu dan besi hitam semakin memperkuat nuansa Industrial. Yang mana, pemilik ruangan bisa menaruh keyboard, koleksi gitar yang digantung, speaker, subwoofer, berbagai peralatan musik, dan dekorasi. Enggak lupa rak buku di sebelah kiri buat menyimpan koleksi buku dan karpet dengan motif Maroko buat mempermanis ruangan.

2. Ruang Musik Buat Kamu Yang Koleksi Piringan Hitam. Pajang dan Kagumi Hasil Kerja Kerasmu dengan Rak Pajangan Khusus Piringan Hitam

Sumber: Archilovers

Sumber: Archilovers via https://www.archilovers.com

Penikmat atau pelaku musik biasanya punya barang-barang koleksi yang berkaitan dengan musik. Bisa alat musik, buku yang bertema musik, atau yang paling umum koleksi piringan hitam. Mengoleksi piringan hitam sendiri adalah hobi yang butuh banyak usaha.

Advertisement

Mencari piringan hitam yang dicari atau langka adalah kepuasaan tersendiri bagi penikmat musik. Maka dari itu, manfaatkan ruang musik untuk bikin rak pajangan piringan hitam kayak foto di atas.

Keren banget, kan? Koleksimu bisa jadi dekorasi yang unik banget sambil kamu mengagumi kerja kerasmu mengumpulkan piringan hitam. Sayang banget, kan, kalau cuma disimpan di lemari dan dibiarkan berdebu.

3. Percikan Ide Melalui Suasana Kreatif di Studio. Ruang Musik Penuh Warna Yang Eklektik dan Menggemaskan

Sumber: Houzz

Sumber: Houzz via https://www.houzz.co.uk

Warna-warna tertentu punya kemampuan buat meningkatkan produktivitas dan kreativitas seseorang. Dua hal ini penting banget buat pelaku musik atau musisi profesional. Jadi, ruang musik atau studio yang penuh warna bisa jadi inspirasi buat kalian yang suka dengan warna-warna yang cerah.

Kuning, hijau, biru, putih, dan oranye adalah beberapa warna yang mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas seseorang. Terlihat dari desain ruang musik di atas, perpaduan warna-warna ini memberikan suasana yang terasa lebih unik dan kreatif.

4. Jadikan Ruang Musik Sebagai Ruang Kerja. Transformasi Ruang Kerja Jadi Studio Musik Sendiri di Rumah

Sumber: Jessica Brigham

Sumber: Jessica Brigham via https://www.jessicabrigham.com

Bisa dibilang ruang musik atau studio musik itu seperti kantor atau ruang kerja seorang musisi. Studio musik profesional biasanya penuh dengan peralatan canggih dan dibuat tertutup dan kedap suara. 

Kalian bisa aja bikin setup profesional buat ruang musik di rumah, tapi punya ruang musik yang homey dan serasa seperti ruang kerja bakal lebih nyaman buat di rumah. Seperti yang dilakukan pemilik hunian yang satu ini.

Dengan konsep Natural, setup ruang musik dibuat simpel dengan meja dan kursi kerja konvensional. Dua gitar dipajang dan ada speaker dan subwoofer. Furnitur lainnya khas ruang kerja seperti rak buku, ottoman dan karpet rotan, serta tanaman hias yang menambah nuansa alami dari ruang musik ini.

5. Kedepankan Suasana Tenang dan Nyaman Ketika Bermusik. Ruang Musik Yang Juga Berfungsi Sebagai Ruang Keluarga Atau Ruang Santai

Sumber: Touch Closet

Sumber: Touch Closet via http://touchcloset.com

Dibandingkan alat musik lain, piano bisa dibilang alat musik yang punya nada yang lebih tenang dan elegan. Permainan piano selalu diasosiasikan sama suasana yang elegan, mewah, formal, dan juga tenang dan khidmat. 

Maka dari itu, kalau kamu memainkan instrumen piano, tempatkan piano di ruangan khusus yang bisa jadi ruang musik dan ruang santai.

Biasanya piano juga ditaruh di ruang keluarga sebagai dekorasi yang menawan. Cuma, punya ruangan sendiri untuk bermain piano bakal meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Ruangan perlu didesain dengan nyaman dan terang seperti gambar di atas. Dengan beberapa sentuhan klasik, berseni, dan fungsional juga seperti rak buku gantung buat menyimpan buku-buku piano.

Membuat musik sebenarnya juga bisa dilakukan di atas tempat tidur, makanya muncul istilah bedroom musician. Namun, punya ruang musik atau studio sendiri di rumah bakal semakin memotivasi kamu buat selalu berkarya yang terbaik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE