Rambut yang indah dan sehat merupakaan dambaan setiap wanita. Selain itu rambut yang indah dan sehat akan membuat kaum hawa lebih percaya diri dan membuat mood menjadi baik. Tak heran kalau banyak wanita rela mengeluarkan biaya besar ke salon demi merawat rambutnya. Tidak hanya salon loh, sebenarnya banyak cara untuk merawat keindahan rambutmu. Merawat rambutmu tidak harus mahal, kamu bisa merawatnya dengan cara alami. Selain cara alami banyak hal juga yang kamu bisa lakukan untuk merawat rambutmu. Berikut adalah kiat mudah merawat rambutmu

1. Lembabkan Rambut Lidah buaya dan alpukat

Lembabkan Rambut Dengan Bahan Alami via https://sehatly.com

Cara merawat rambut yang pertama adalah kamu bisa membuat shampo kamu sendiri dari lidah buaya dan alpukat. Lidah buaya dan alpukat sangat bermanfaat untuk menguatkan rambut serta mencegah kerontokan. Cara ini sangat cocok untuk rambut yang kering, mudah rontok, dan kusam. Bagaimana caranya membuat shampo dari lidah buaya dan alpukat ? caranya mudah sekali untuk dilakakukan. Pertama ambil daging lidah buaya dan hancurkan bersamaan dengan buah alpukat, lalu oleskan ke rambut kamu. Lakukan seperti melalukan keramas biasa. Untuk hasil yang maksimal lakuan treatment ini sebanyak 2-3 minggu sekali.

2. Luruskan Rambut Dengan Daun Seledri

Daun seledri yang kita kenal sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki bau harum, ternyata memiliki segudang manfaat untuk keindahan rambutmu loh. Apa saja sih manfaat daun seledri ? daun seledri bermanfaat untuk meluruskan rambut, membuat rambut subur, dan menghilangkan ketombe. Dengan harga yang murah dan mudah ditemukan, daun seledri dapat menjadi pilihan tepat merawat kesehatan rambutmu. Caranya pun cukup mudah, buat jus daun seledri lalu diamkan selama semalam, kamu bisa taruh jus daun seledri di dalam botol. Keesokan paginya oleskan jus tersebut ke rambut kamu secara merata dan diamkan sekitar 10-15 menit selanjutnya bilas hingga bersih. Cara ini bisa kamu lakukan seminggu 2 kali atau sesuai kebutuhan.

3. Hilangkan Bahan Kimia Dengan Baking soda

Advertisement

Baking soda menghilangkan Bahan Kimia via https://ecs12.tokopedia.net

Siapa bilang baking soda cuma bisa digunakan untuk membuat kue. Selain untuk membuat kue. Baking soda bisa sebagai perawatan rambut kamu secara alami. Caranya larutkan baking soda sebanyak 3 sendok makan ke dalam air lalu gunakan campuran ini untuk membilas rambut kamu. Fungsi banking soda ini adalah untuk mengurangi kandung zat kimia yang berada didalam shampo atau sisa dari produk styling rambut yang kamu lakukan.

4. Rangsang Pertumbuhan Rambut Dengan Santan Kelapa

Santan Penumbuh rambut via https://camargus.com

Kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan rambut melalui berbagai olahanya, dan salah satunya adalah santan kelapa. Manfaat santan kelapa untuk rambut adalah untuk menumbuhkan dan meluruskan rambut.

Cara pembuatanya yaitu dengan parut kelapa dan rendam dalam sedikit air jika ingin menghasilkan santan yang kental. Kemudian, peras parutan kelapa di atas saringan agar tak ada parutan yang menggenang di air santan. Penggunaanya untuk rambut pun cukup mudah, Basahi rambut dari ujung hingga akar dengan santan kelapa, kemudian pijat kulit kelapa dengan lembut. Setelah dirasa cukup, ikatlah rambut dan biarkan selama 15 menit. Bilas rambut dengan air bersih atau dengan sampo alami. Cara yang cukup mudah untuk dilakukan bukan ?

5. Manage Rambut Bercabang Kamu

gunting rambut via http://www.thefitindian.com

Rambut kamu bercabang? Ini dia tips nya. Rambut bercabang merupakan salah satu dari masalah kerusakan pada rambut maka dari itu cara merawat rambut rusak karena bercabang bisa kamu lakukan dengan cara potong rambut secara teratur, rambut bercabang biasanya terjadi disekitar ujung rambut.

Oleh karena itu, rajinlah kamu merapikan rambut kamu setidaknya 3 bulan sekali memotong rambut. Selain terhindar dari masalah rambut bercabang, dengan melakukan pemotongan secara teratur membuat potongan rambut kamu tetap terjaga bentuknya. Sebagai tambahan info, sinar ultraviolet yang berlebihan bisa menjadi salah satu akibat rambut kamu bercabang. Ada baiknya sebelum melalukan aktifitas diluar ruangan kamu bisa memberikan serum yang mengandung keratin yang baik untuk rambut kamu.

6. Perhatikan Pola Makan Pengaruhi Kesuburan Rambut

Makanan Sehat Untuk Rambut via https://sehatly.com

Merawat rambut tidak hanya dilakukan dari luar saja, kamu juga harus melakukan perawatan dari dalam. Salah satunya bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Ada banyak kok makanan bernutrisi yang baik untuk rambut. Namun usahakan pilihlah makanan yang banyak mengandung vitamin E, vitamin B kompleks, dan vitamin C.

Kandungan nutrisi yang ada dalam makanan diatas sangat berkhasiat untuk merawat rambut dari dalam. Baik itu mengatasi rambut rontok, kering, kusam, bercabang, dan bahkan ampuh menghilangkan ketombe. Jangan lupa perbanyak minum air putih minimal dua liter sehari, kemudian hindari makanan/minuman yang kurang baik bagi kesehatan.

7. Rajin Menyisir Agar Rambut Selalu Tertata Rapi

Menyisir rambut via https://camargus.com

Menyisir rambut merupakan rutinitas yang kita lakukan setiap hari. Untuk menyisir rambut sebenarnya banyak hal yang harus kamu perhatikan agar rambutmu tidak rontok atau kusut.

Pertama adalah jenis sisir rambut. Tahukah kamu bahwa sisir yang terbuat dari plastik dapat menghantarkan listrik statis, hal ini dapat menyebabkan rambutmu rusak. Pilihlah jenis sisir rambut yang tidak terbuat dari bahan plastik, semisal dari bahan kayu. Kedua adalah kebersihan sisir, pastikan untuk rutin membersihkan sisir rambutmu agar terhindar dari bakteri dan kotoran di kepala. Ketiga adalah teknik menyisir rambut. Kebiasaan banyak orang adalah menyisir rambut dari akar ke ujung, dan ini merupakan teknik yang salah. Cara yang benar adalah sisir rambutmu beberapa inchi dari akarnya, dan sisir lembut sampai ujung. Apabila menyisir rambut dari akarnya akan menyebabkan rambut lebih mudah rontok dan rusak

Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk perawatan rambut. Perawatan rambut secara alami memang hasilnya tidak langsung tampak, namun tidak menimbulkan efek samping dan hasil yang didapatkan adalah permanen. Tapi walau begitu kamu harus rajin merawat agar rambutmu selalu bagus, indah, dan mempesona.