Membedah 9 Cara Parenting ala Sam Hammington TROS yang Menuai Pujian Pemirsa

Menggabungkan budaya Australia dengan budaya Korea

Sam Hammington merupakan seorang komedian asal Australia yang berkarir di dunia hiburan Korea Selatan. Namanya menjadi semakin terkenal saat menjadi cast di acara The Return of Superman (TROS) bersama kedua anaknya, William dan Bentley. Selain karena tingkah polah lucu dari William dan Bentley, gaya parenting Sam Hammington juga menarik perhatian dan menuai pujian pemirsa setia TROS.

Hal ini dikarenakan pola asuh Sam kepada kedua anaknya memadukan antara budaya Australia yang bebas dengan budaya Korea yang sangat mengutamakan attitude dan behavior yang baik. Parenting ala Sam Hammington ini, dapat menjadi inspirasi, lho untuk para orang tua.

 

Advertisement

1. Mendengarkan pendapat anak

instagram.com/bentleyhammington

instagram.com/bentleyhammington via https://www.instagram.com

Orang tua yang mau bersabar untuk mendengar, memahami, dan tidak judgmental pada pendapat anak, akan membuat anak lebih mudah terbuka dan dengan senang hati akan bercerita tanpa diminta. Selain itu, juga membuat anak merasa dihargai dan mereka menjadi terbiasa untuk mengutarakan pendapatnya. Anak pun akan lebih mudah mendengarkan dan menerima nasehat orang tuanya.

Sam selalu berusaha untuk mendengar pendapat dan penjelasan anak-anaknya sekalipun ucapan mereka sukar dimengerti. Dengan sabar, Sam mencoba menangkap dan menerjemahkan ucapan William dan Bentley yang masih balita.

Advertisement

2. Membebaskan anak untuk memilih

instagram.com/williamhammington

instagram.com/williamhammington via https://www.instagram.com

Membebaskan anak untuk memilih sejak dini, dapat melatih kemandirian dan meningkatkan problem solving sang anak. Selain itu, anak juga dapat belajar untuk bertanggung jawab atas apa yang telah dipilih. Sam acap kali menerapkan ini kepada William dan Bentley, misalnya membiarkan mereka memilih menu makanan di restoran. Atau mempercayakan anaknya untuk menentukan kado yang akan diberikan pada sang ibu. Bahkan ketika William dan Bentley ingin mencoba menggunakan baju perempuan, Sam tidak melarangnya.

3. Orang tua tidak segan untuk meminta maaf kepada anak

instagram.com/williamhammington

instagram.com/williamhammington via https://www.instagram.com

Tidak semua orang tua mau melakukan ini kepada anaknya meskipun ia tahu bahwa ia salah. Entah merasa gengsi, merasa superior, atau memang tidak terbiasa. Namun tidak dengan Sam. Ia selalu meminta maaf kemudian memberi kedua putranya pelukan ketika ia salah. Tak heran jika William dan Bentley mudah mengucap kata maaf tanpa disuruh.

Saat orang tua meminta maaf kepada anak jika mereka bersalah, akan membuat anak semakin menghargai orang tuanya. Anak pun juga menjadi terbiasa untuk mengucap maaf kepada orang lain jika mereka berbuat salah.

4. Mengapresiasi setiap usaha dan kerja keras anak meskipun hasilnya kurang baik

instagram.com/bentleyhammington

instagram.com/bentleyhammington via https://www.instagram.com

Sam selalu mengapresiasi kerja keras atau usaha William dan Bentley meskipun hasil yang diraih tidak maksimal atau jauh dari ekspektasi. Sam acap kali memberi pujian kepada kedua anaknya, seperti mengucap “Good job!” atau “Kamu kakak/adik yang hebat” sambil memberi pelukan atau kecupan.

Mengapresiasi atas usaha anak sekecil apapun dapat meningkatkan selfesteem atau rasa percaya diri pada anak. Hal itu juga dapat memotivasi anak untuk melakukan yang lebih baik lagi di kesempatan berikutnya. Serta, ia akan lebih menghargai proses.

5. Memberikan penjelasan atas segala sesuatu yang dilarang

instagram.com/williamhammington

instagram.com/williamhammington via https://www.instagram.com

Daripada memarahi, Sam memilih untuk memberi penjelasan pada kedua anaknya atas tindakan yang dilarang. Susah dan melelahkan memang, khususnya jika harus menjelaskan pada anak di bawah usia 5 tahun. Namun Sam percaya jika sebenarnya mereka mendengar dan paham akan setiap ucapannya.

Syaratnya, konsisten dan mau mengucapkannya berulang kali. Sam juga menjelaskan kepada anaknya mengapa ia tidak suka jika mereka melakukan perbuatan tersebut. Dengan menggunakan nada yang lembut dan intonasi yang pelan (terlebih saat di tempat umum), namun tetap tegas. Metode ini akan membantu anak untuk terbiasa berpikir logis. Selain itu, juga dapat meningkatkan pemahaman dan anak belajar untuk memahami perasaan orang lain.

6. Konsisten dalam mendisiplinkan anak

youtube.com/KBSWorld

youtube.com/KBSWorld via http://youtube.com

Sam tahu jika mendisiplinkan anak bukanlah perkara mudah. Maka dari itu, ia telah mendisiplinkan kedua putranya sejak dini. Sam dan istrinya juga selalu konsisten, kompak, dan tegas dalam menerapkan aturan atau rules kepada anak, serta memberikan konsekuensi jika anak melanggar. Misalnya, menyuruh anak mengucapkan terima kasih setelah diberi sesuatu. Jika dia tidak mengucapkan, maka barang tersebut diambil kembali.

Tak hanya menyuruh, namun orang tua juga sebaiknya memberi contoh secara langsung dihadapan si anak. Menerapkan disiplin tak hanya untuk mengatur aktivitas anak lho, namun juga bisa diterapkan saat mengajari anak cara bersikap (attitude) dan berperilaku (behavior).

7. Menjadi teman bagi anak

instagram.com/williamhammington

instagram.com/williamhammington via https://www.instagram.com

Sesibuk apapun, orang tua harus menyempatkan diri untuk bermain bersama anak. Karena hal tersebut dapat mempererat hubungan orang tua dan anak. Dengan bermain bersama, orang tua juga dapat mengetahui bakat dan minat anaknya. Banyak cara untuk dapat bermain dengan anak, seperti olahraga bersama, bermain alat musik, atau ikut bermain peran (role play).

Bermain peran membantu anak untuk meningkatkan kemampuan bahasa, serta meningkatkan kreativitas dan akal. Sam juga kerap menuruti permintaan anaknya yang minta didandani seperti Spiderman, Woody Toy Story, hingga zombie.

8. Tidak memberi reaksi berlebihan saat anak terjatuh

youtube.com/KBSWorld

youtube.com/KBSWorld via http://youtube.com

Apabila anak terjatuh, orang tua jangan mengeluarkan respon yang berlebihan. Karena hal itu dapat membuat anak menjadi kaget dan menangis. Jika anak terlihat amat kesakitan, berilah ia pelukan dan tanyakan bagian mana yang sakit. Namun jika hanya jatuh biasa, katakan padanya tidak apa-apa dan bantulah ia untuk berdiri.

Dengan tidak overreaction saat anak terjatuh, akan membuat anak tidak mudah menangis dan ia bisa bangkit dengan sendirinya. Hal itu pula yang dilakukan oleh Sam setiap kali anaknya terjatuh. Jangan heran jika anda jarang melihat William dan Bentley menangis saat mereka terjatuh atau terluka.

9. Mengajak anak terlibat dalam kegiatan orang tua

instagram.com/bentleyhammington

instagram.com/bentleyhammington via https://www.instagram.com

William dan Bentley sering terlihat membantu ibunya membuat kue. Mereka juga beberapa kali ikut ke lokasi syuting sang ayah yang seorang komedian. Sam dan istrinya selalu mengajak William dan Bentley untuk berpartisipasi pada kesibukan mereka.

Dengan melibatkan anak pada aktivitas orang tuanya, anak dapat mengeksplor dan belajar hal baru. Selain itu juga dapat membantu memunculkan bakat dan minat anak.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A woman who loves sports

CLOSE