Kurang-kurangi Menyalahkan Diri, 5 Cara Ini Bisa Jadi Pembelajaran untuk Menerima Kesalahan Sendiri

menerima kesalahan diri

Seringkali, kita mengkritik diri sendiri dan menyesali beberapa tindakan yang pernah kita lakukan masa lalu, yang menurut kita merupakan kesalahan. Hal ini membuat kita seringkali sedih, menyesal, dan mengatakan “seandainya aku melakukan tindakan yang lain”.

Kita tahu, semua yang sudah kita lakukan di masa lalu tidak dapat kita ubah, tetapi kita dapat belajar dari kesalahan yang pernah kita lakukan. Bagaimana caranya? Yuk, simak caranya di artikel ini!

Advertisement

1. Jangan berfokus pada balas dendam

Photo by Charry Jin from Pexels

Photo by Charry Jin from Pexels via https://www.pexels.com

Sadarilah bahwa orang lain juga bisa berbuat kesalahan dan menyakiti perasaanmu. Hindari melakukan balas dendam, jangan habiskan waktu untuk mencoba menyakiti orang yang pernah menyakitimu. Redamlah amarahmu, maafkan orang tersebut dan lakukanlah hal-hal yang lebih positif.

2. Ketika kamu meminta maaf, tunjukkan bahwa kamu benar-benar tulus

Photo by @thiszun (follow me on IG, FB) from Pexels

Photo by @thiszun (follow me on IG, FB) from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu sadar bahwa kesalahan yang kamu perbuat di masa lalu mungkin menyakiti hati orang lain, seperti orang tua, saudara, atau teman. Tunjukkan bahwa kamu mengerti mereka mungkin terluka karena kesalahanmu di masa lalu dan mintalah maaf kepada orang-orang tersebut. Hal ini dapat menciptakan kedekatan dalam hubunganmu dan membantumu dalam menjadi pribadi yang lebih baik.

Advertisement

3. Coba nikmati hidup dengan berbuat baik dan ramah pada semua orang

Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels

Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels via https://www.pexels.com

Berbuat baik kepada orang lain membuatmu merasa senang, bukan Cobalah bersikap ramah pada orang lain dengan cara-cara yang gampang, seperti tersenyum, membantu membukakan pintu di minimarket, atau mengatakan terima kasih kepada semua orang yang membantumu hari ini. Hal-hal ini akan membuatmu merasa dirimu sendiri berharga.

4. Sadarilah bahwa kesalahan tersebut sudah menjadi masa lalumu

Photo by bruce mars from Pexels

Photo by bruce mars from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu sudah melakukan kesalahan tersebut, dan kamu tidak bisa mengubahnya. Namun, kamu bisa memulai melakukan tindakan yang dapat memperbaiki kesalahanmu mulai dari sekarang.

5. Cara yang kelima dan terakhir: jangan menyerah!

Photo by Pixabay from Pexels

Photo by Pixabay from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu bisa berdiri di posisimu sekarang dan menyadari kesalahanmu di masa lalu. Tanamkan pada dirimu kesalahan adalah hal yang normal terjadi dan semua orang dapat berbuat kesalahan. Sadarilah bahwa dirimu sendiri spesial dengan caramu sendiri dan jangan membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain. Mungkin kamu pernah beranggapan bahwa ada seseorang yang terlihat sempurna dan melakukan semuanya dengan baik, tetapi kamu tentu tidak melihat bagaimana dia belajar dan banyak melakukan kesalahan sebelumnya

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

une femme libre

CLOSE