Menjelang Hari Raya Idulfitri, Hias Rumahmu dengan 5 Dekorasi Ini!

Ide Dekorasi Idulfitri yang Cantik dan Menarik

Enggak terasa kalau kita bakal menyambut lebaran lagi tahun ini. Bagi banyak orang dan mungkin termasuk kamu, berarti waktunya open house. Membuka rumah buat para tetangga, keluarga, saudara, kerabat, teman, atau rekan kerja buat bertamu dan silaturahmi dalam rangka momen Idulfitri.

Apalagi dengan situasi pandemi yang mulai membaik, mudik diperbolehkan, begitu juga halal bihalal, waktunya menyiapkan banyak hal buat menyambut para tamu yang akan datang ke rumah selama libur lebaran.

Makanan dan minuman khas Idulfitri, baju baru yang jadi tradisi lebaran, angpau lebaran untuk saudara-saudara yang masih kecil, dan tentunya juga menyiapkan dekorasi rumah yang lebih spesial dari biasanya dalam rangka lebaran.

Selain membersihkan rumah sebelum kedatangan tamu, kalian bisa menambahkan beberapa perabot, furnitur tambahan, atau aksesoris rumah khusus untuk momen lebaran. Rumah pun enggak hanya terlihat makin cantik, tapi juga lebih nyaman, dan tentunya menyesuaikan tema Idulfitri yang punya ciri khas dari tampilan visual, warna, dan simbol-simbol tertentu.

Dekoruma punya lima rekomendasi yang bisa kamu lakukan buat menghias rumah selama lebaran tahun ini. Keluarga, saudara, dan semua tamu yang datang pun bakal terasa nyaman dan kagum sama usaha yang kamu lakukan buat mempercantik rumah dalam rangka Idul fitri.

Advertisement

1. Momen Makan Bersama Jadi Lebih Berkesan dengan Dekorasi Meja Khas Lebaran yang Cantik

Sumber: Sophistiplate

Sumber: Sophistiplate via https://www.sophistiplate.com

Momen perayaan Idul fitri enggak cuma tentang kebersamaan dan kumpul keluarga, tapi juga makanan. Mulai dari kue-kue khas lebaran yang dimakan sebelum menyantap rendang, ketupat, opor ayam, dan makanan-makanan lain yang biasanya ada di meja makan saat lebaran.

Supaya lebih berkesan dan cantik, kalian bisa memasang dekorasi meja makan khas lebaran seperti ini. Piring, gelas, sendok, garpu, peralatan makan, tatakan gelas, sampai taplak meja yang motifnya bernuansa timur tengah seperti Maroko atau Turki kayak gini yang khas dekorasi Idul fitri.

Advertisement

2. Pasang Karpet Bernuansa Timur Tengah Khas Idul fitri. Karpet Turki Buat Jadi Alas Saat Kumpul Bersama di Ruang Keluarga

Sumber: Coco Kelley

Sumber: Coco Kelley via https://www.cocokelley.com

Sebelum atau setelah makan, anggota keluarga yang lebih muda akan berkumpul di ruang keluarga untuk bermain, menonton televisi, atau mengobrol. Biasanya, ada juga yang harus duduk di lantai karena kapasitas sofanya tidak terlalu banyak dan enggak muat untuk semua tamu yang hadir.

Kalian bisa pasang karpet di ruang keluarga untuk jadi alas duduk yang hangat dan nyaman. Supaya satu tema sama lebaran, kalian bisa mengeluarkan karpet Turki yang punya motif timur tengah yang khas. Bahannya yang lebih tebal dari karpet biasa pun juga lebih nyaman buat orang yang duduk di lantai.

3. Dekorasi yang Sifatnya Lebih Permanen, Tapi Bisa Mempercantik Rumah Sepanjang Tahun. Lampu Gantung Bergaya Maroko yang Menawan

Advertisement
Sumber: Decor Snob

Sumber: Decor Snob via https://www.decorsnob.com

Masih seputar dekorasi bernuansa timur tengah, furnitur yang satu ini sifatnya lebih permanen, tapi juga cantik dan cocok untuk sepanjang tahun. Apalagi, kalau rumah kalian mengusung desain interior rumah modern klasik. Lampu gantung bergaya Maroko seperti ini bakal jadi dekorasi yang cantik, terutama buat acara lebaran di malam hari.

Warna-warni cermin, ukiran, dan bentuknya yang ikonik bakal jadi dekorasi yang menarik dan sesuai sama tema lebaran. Kalian bisa memasangnya di dalam rumah seperti di dapur, di atas meja makan, atau area ruang makan outdoor kayak gini buat penerangan di malam hari.

4. Fanous, Lentera Tradisional Khas Ramadan dan Idul fitri yang Enggak Boleh Dilewatkan Sebagai Dekorasi

Sumber: Zamzam.com

Sumber: Zamzam.com via https://zamzam.com

Dekorasi ikonik ini mungkin pernah dilihat, bahkan sama orang yang enggak merayakan Idulfitri sama sekali. Kalian mungkin pernah melihat lentera ini di mal, hotel, atau pusat keramaian lain ketika momen lebaran sudah dekat. 

Namanya, adalah fanous yang mana ini adalah lentera tradisional khas timur tengah dan jadi simbol bulan Ramadan dan Idulfitri. Lentera ini berasal dari Mesir dan melambangkan harapan sebagai cahaya yang menerangi dunia. 

Bentuknya yang punya kubah di atas mirip dengan menara masjid. Fanous yang tradisional punya kotak kaca sebagai tempat menaruh lilin. Versi yang lebih modern sudah menggunakan bohlam lampu. Dekorasi khas lebaran ini pastinya enggak boleh absen buat mempercantik nakas atau credenza di rumah.

5. Bangun Suasana Nyaman Khas Lebaran dari Aroma Juga. Lilin Aromaterapi yang Wanginya Disesuaikan Sama Nuansa Lebaran

Sumber: LIFEPharma

Sumber: LIFEPharma via https://www.lifepharmafze.com

Daritadi, dekorasi-dekorasinya yang sifatnya lebih mempercantik rumah secara visual, ya. Enggak cuma tampilan aja, aroma juga bisa jadi dekorasi rumah waktu lebaran yang bikin suasana Idulfitri jadi lebih terasa. Kamu bisa memasang lilin aromaterapi yang mengeluarkan aroma khas lebaran.

Kalian bisa menggunakan lilin aromaterapi yang memiliki aroma oud atau kayu gaharu. Aromanya yang tajam dan identik dengan timur tengah ini jadi salah satu aroma khas Ramadan dan Idulfitri yang biasanya tercium di masjid atau rumah ibadah Muslim.

Dengan kalian sebagai pemilik rumah yang all out buat menghadirkan suasana lebaran dari dekorasi rumah, para tamu yang datang pun bakal mengapresiasi usaha yang udah dilakukan buat menyambut mereka ke rumah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE