Nggak ada yang suka seriawan, kan? Siapapun yang kena seriawan di bibir ato lidah pasti langsung berubah mood jadi makin bete. Bukan cuma bikin makan ato minum sulit, mau ngomong aja mulut berasa kayak dijepit tang. Apalagi kalo ada orang yang deket-deket sama mulutmu, bau mulut pasti jadi jauh lebih tengik n kerasa!

Tapi apa aja sih penyebab seriawan? Kamu pasti mikir penyebabnya gara-gara mulut ato bibir kegigit pas lagi ngobrol ato makan. Sebenernya, sistem imunitas tubuh perannya penting, lho! Kekurangan vitamin C bukan cuma bikin kulit lebih keriput, regenerasi mulut ketika kena luka a.k.a. seriawan jadi lebih lambat juga. Selain itu, faktor genetik juga mempengaruhi frekuensi kamu kena seriawan. Ada beberapa orang yang dari lahir sampai mati bisa nggak kena seriawan, ada juga yang sebaliknya!

Apapun alesannya, seriawan tetep nyebelin. Supaya nggak berasa tersiksa lagi, tiap kali kamu sakit seriawan, coba 5 obat alami ini! Bikinnya gampang, bahannya juga murah & gampang didapet. Nggak perlu lagi lari-lari ke apotek buat beli obat kumur mulut!

1. Menabur Garam di Luka

“Selamat datang di Salty Spitoon! Seberapa salty dirimu?” via http://vignette3.wikia.nocookie.net

Menebar garam ke luka itu rasa perihnya nggak ketolong. Tapi kenyataannya, kandungan air garam bisa bikin luka lebih cepet sembuh! Supaya seriawan bisa cepet sembuh, kamu bisa pake larutan air garam. Campur air dengan garam, terus kumur-kumur pake larutan tadi selama 30 detik. Biarpun awalnya perih banget, seriawannya bisa jadi lebih cepet sembuh. Jangan lupa ya, air garamnya nggak boleh diminum!

2. Madu, Bukan Dimadu

Perihnya seriawan tak senikmat manisnya masa lalu via http://honeyfanatic.com

Bukan cuma enak diminum, madu juga bisa sembuhin seriawanmu! Caranya gampang banget: Oles aja madu ke bagian seriawannya. Karena biasanya orang yang seriawan bibirnya kering, kamu bisa juga pakai madu supaya bibir tetep lembap. Kayak pakai lipstik, oles madu ke permukaan bibir dan tunggu sampai madunya kering. Awas kalo madunya sampai dijilat di dalem mulut, nanti seriawan bakal lebih lama sembuhnya!

3. Lemon/Buah Sitrus

Ketika hidup juga asem via http://www.thethingswesay.com

Advertisement

Kabarnya, satu tetes zat asam ke luka dapat menyebabkan gangguan fisik dan jeritan hati. Tapi kasusnya sama dengan air garam: Sakit kayak minta ditusuk sebentar, khasiat kesehatan besar dan awet. Lemon ato buah sitrus lainnya yang kandungan vitamin C-nya tinggi bisa mempercepat regenerasi mulut. Tinggal tetes sari lemon ke bagian seriawan dan tunggu sampai seriawannya pucat berwarna putih. Peringatan: Jangan aplikasiin cara ini di ruangan sempit!

4. Daun Jambu Biji

Indah dipandang, pahit ditelen via https://www.lifetimestyles.com

Ada bagian yang bermanfaat dari pohon jambu biji selain buahnya. Nah, kamu bisa manfaatin daun jambu biji buat nyembuhin seriawan! Petik beberapa lembar daun jambu biji, ambil satu, terus kunyah daunnya. Selama dikunyah, giring kunyahan daunnya ke bagian seriawan supaya sari daun kena ke bagian itu. Kunyah selama 30 detik, terus buang ampas daunnya (kalo dimakan, rasanya jauh lebih ngeri dibanding buahnya!). Kalo rajin dilakuin, seriawannya bisa cepet sembuh! Jadi berasa kayak kakek-kakek/nenek-nenek, ya?

5. Air Kelapa

Ketika air kelapa lebih jernih dibanding masa depan via http://media.mercola.com

Salah satu penyebab seriawan bisa karena mulut melepuh kepanasan. Kalo itu penyebabnya, air kelapa siap jadi obat seriawan terbaikmu! Dari semua cara alami di atas, cara yang ini paling enak: Tinggal minum air kelapa aja. Bukan cuma bikin seger, minum air kelapa juga bisa mempercepat penyembuhan seriawan. Sekalipun bukan karena panas, seriawanmu tetep bisa disembuhin pakai cara ini. Makin sering diminum, mulut n pikiran jadi lebih seger!

Advertisement

Dari 5 obat alami tadi, hampir semuanya kayak menyiksa diri sendiri, ya? Ingat: No pain, no gain! Supaya bisa cepet sembuh seriawannya, harus berani lawan rasa perih obat-obatnya! Nah, dari 5 obat tadi, yang mana yang paling efektif buat kamu? Yang mana juga yang bikin kamu paling menjerit?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya