Setiap orang pasti mendamba-dambakan memiliki wajah yang bersih, putih dan sehat. Dan hal pertama yang akan dilihat ketika bertemu dengan orang lain yaitu wajah. Apalagi biasanya nih orang-orang berbondong-bondong pergi ke salon atau ke dokter kesehatan kulit untuk mendapatkan wajah yang diinginkan, sedangkan bagi kita yang mageran buat perawatan biasanya masa bodo amat. Untuk perawatan di salon atau di dokter mendengar biayanya saja kadang membuat kita engap-engapan karena biayanya yang tidak murah. Untuk mendapatkan wajah yang bersih, sehat dan putih juga sebenarnya tidak memerlukan biaya yang mahal kok. Kalian bisa memanfaatkan dengan bahan-bahan alami.

1. Cara 1: Lakukan dengan Masker Madu

Kalian pasti tahu banget tentang madu yang memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan tubuh, madu pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Madu merupkah salah satu pelembab dan antibiotik alami kulit yang sekaligus dapat mencerahkan wajah dan mengangkat sel kulit mati. Madu juga dapat menghilangkan bekas jerawat dan tanda–tanda penuaan pada kulit. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam madu mampu membuat kulit wajah tampak lebih putih, bersih dan sehat.


  1. Siapkan madu (1 sdm)

  2. Oleskan madu keseluruh bagian wajah

  3. Diamkan selama 10-15 menit

  4. Setelah madu mengering dan lengket, bilas dengan air dingin dan keringkan atau dengan air hangat

Advertisement

Note:


  • Jika ingin mencerahkan wajah silahkan lakukan setiap hari, setelah aktivitas telah selesai

  • Jika ingin menghilangkan bekas jerawat lakukan 3 kali dalam seminggu

2. Cara 2: Lakukan dengan Masker Ketimun

Masker Ketimun via https://fortissima.com.br

Next, pilihan ketimun bisa jadi alternatif kandungan alami lain untuk merawat wajahmu. Ketimun memiliki banyak manfaat bagi kulit. Mengandung vitamin dan mineral penting untuk mengatasi kekusaman kulit. Nah, ketimun juga dapat menghambat pigmentasi kulit lhoo, kemudian bisa menghilangkan bekas jerawat dan lingkar hitam disekitar wajah. Kandungan astringent dalam ketimun mampu mengurangi kemerahan pada kulit serta dapat mencegah timbulnya bekas jerawat. Ketimun juga mengandung vitamin E, antioksidan penangkal efek radikal bebas yang berbahaya bagi kulit.

Advertisement


  1. Iris ketimun, lalu letakkan irisan ketimun pada wajah atau parut ketimun dan campurkan madu kemudian oleskan

  2. Diamkan selama 10-15 Mneit

  3. Bilas dengan air hangat dan keringkan

Note:


  • Jika ingin mendapatkan hasil yang sempurna, lakukanlah perawatan ini dua kali

3. Cara 3: Masker Lemon bisa Jadi Alternatif

Telor dan Lemon via https://img.yasmina.com

Biasanya lemon digunakan untuk minuman yang menyegarkan, benar kan? Nah, kalian tahu juga tahu ladies, bahwa lemon itu sendiri memiliki rasa asam yang bikin kesemsem deh dan bahkan sering kali digunakan sebagai bahan untuk kecantikan juga. Kandungan yang terdapat dalam buah lemon sangat banyak sekali, diantaranya yaitu vitamin C, vitamin B (B1, B2, B3 dan B5), karbohidrat, protein dan juga potanium yang baik untuk kulit. Nahhh, kalau begitu kalian juga tahu bahwa kandungan yang dimiliki lemon sangatlah baik jika kita gunakan sebagai bahan dalam merawat wajah kita. Sooo, lemon memiliki manfaat untuk kulit seperti mengatasi wajah yang berjerawat, mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori, menghaluskan permukaan kulit, melembabkan kulit wajah, mengencangkan kulit wajah dan sebagai anti aging.


  1. Peras sari lemon

  2. Celupkan kapan pada sari lemon/ ambil sari lemon menggunakan kuas

  3. Taruh kapas yang telah dicelupkan diseluruh bagian wajah/oleskan seluruh sari lemon keseleuruh bagian wajah

  4. Diamkan selama 10-15 menit

  5. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin/air hangat

Note:


  • Jika menginginkan hasil yang maksimal lakukan setiap hari setelah melakukan aktifitas

4. Cara ke 4: Bahan dari Telur Bisa Digunakan untuk Perawatan Wajah

Nah, udah tau belum kalau ternyata putih telur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Putih telur sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah seperti komedo, jerawat. Pada telur putih mengandung asam amino dan protein yang fungsinya untuk mengencangkan pori–pori kulit dan mempercepat regenerasi kulit serta membuat kulit wajah lebih kencang dan awet muda, mengatsi kulit kering dan berminyak, last but not least bisa mencerahkan wajah juga.


  1. Siapkan satu butir telur, lalu pisahkan putih dan kuning telur

  2. Aduk hingga rata

  3. Oleskan masker putih telur pada wajah dan leher secara merata

  4. Diamkan 10-15 menit (sampai masker kering)

  5. Bilas dengan air hangat dan dilajutkan dengan membilas menggunakan air dingin atau es

Note:


  • Jika menginginkan hasil yang diinginkan, lakukan tiga kali dalam seminggu

  • Putih telur bisa dipadupadankan dengan: Madu, jeruk nipis, alpukat, lemon, dan mentimun. Kalian bisa memilih salah satu.

  • Kalian bisa melihat pada link ini: cara memadumadankan beberapa bahan alami dengan putih telur

5. Cara ke 5: Mudah dan Simple Coba Pakai Bahan Alami dari Teh

Masker Teh via https://www.google.com

Alternatif bahan alami lainnya untuk merawat dan memanjakan kulit kita yaitu teh. Teh ini memiliki kandungan kafein dan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit. Daun teh pada bagian pucuknya mengandung senyawa yang larut dalam air jika diminum seperti katekin, yang merupakan salah satu senyawa anti oksidan tinggi. Nah, Katekin ini termasuk dalam senyawa polifenol. Jenis teh yang paling tinggi kandungan polifenolnya adalah teh hijau, kemudian teh oolong dan teh hitam. Berkat kandungan katekin tersebut, teh memiliki manfaat untuk kulit mencerahkan wajah (supaya lebih flawess), mengatasi jerawat yang membandel, melembabkan wajah, mengahluskan kulit, mengencangkan kulit, mencegah adanya penuaan dini.

Alternatif 1 (Bubuk Teh)


  1. Rendamlah daun teh hijau (air panas) selama 5–10 menit

  2. Celupkan kapas pada larutan teh hijau dan oleskan pada wajah

Alternatif 2 (Menggunakan Teh celup)


  1. Rendamlah kantong teh selama 3–5 menit

  2. Tiriskan kantong teh lalu gosokkan dengan lembut pada wajah

Alternatif 3 "Bubuk Teh Hijau"


  1. Membuat pasta, campurkan 1 (sdt) bubuk daun teh hijau + 1 sendok air

  2. Oleskan pasta pada area wajah

  3. Pijat wajah dengan arah memutar selama 2-5 menit

Alternatif 4


  • Air Teh basi.

Jangan dulu dibuang Air teh basi yang dibuat dari sisa teh yang kalian minum dibiarkan semalaman, lalu keesokan harinya baru kalian bisa pakai sebagai air untuk mencuci muka. Nah, manfaat dari air teh basi ini bisa membantu menghilangkan jerawat, mencerahkan muka, mengurangi keriput dll.


  • Uap Air Teh

Seduh teh dengan air mendidih, Lalu dekatkan pada wajah kalian ke atas uap air teh. Kok aneh-aneh aja?? Eitss, kalian juga perlu tahu bahwa uap tersebut memiliki manfaat untuk kulit terutama bagian wajah yang fungsinya adalah membersihkan pori-pori pada wajah.

Nah semua bahan-bahan alami mudah didapat bukan? praktis dan simpel untuk membuat dan mencoba. Cantik ga harus mahal. Bukan hanya untuk perempuan saja, memiliki kesehatan kulit terutama wajah tapi kalian para pria juga harus bisa menjaga kulit tetap sehat. Sooo, Silahkan mencoba yah!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya