Mudik adalah tradisi masyarakat Indonesia untuk bersilahturahmi bersama keluarga dikampung halaman. Bagi kamu yang telah siap mudik menggunakan kendaraan pribadi khususnya menggunakan kendaraan roda empat, ada baiknya kamu mengecek mobil kamu terlebih dahulu sebelum berangkat mudik agar aman dan nyaman.

Berikut beberapa hal yang harus kamu cek pada kendaraan kamu!

1. Mesin Harus Dalam Keadaan Prima

Kalau mesin kamu dalam kondisi tidak baik nanti bisa mogok di tengah perjalanan via https://www.google.co.id

Hal pertama yang harus kamu cek untuk melakukan perjalanan jauh adalah mesin mobil kamu, kalau mesin mobil kamu dalam keadaan tidak baik kemungkinan besar kamu akan mengalami masalah ditengah perjalanan, apa lagi bagi kamu yang akan melewati rute pengunungan ada baiknya kamu service mobil kamu sebelum berangkat mudik.

2. Air Radiator

Air radiator untuk pendingin mesin via https://www.google.co.id

Jangan lupa untuk mengecek air radiator mobil kamu kalau sudah mau habis segera isi ulang. Sistem pendingin termasuk bagian penting yang mendukung kelancaran kerja mesin kendaraan. Salah satu komponen utama dalam sistem pendingin mobil adalah radiator.

3. Oli Rem

Advertisement

Oli rem untuk memperlambat kecepatan via https://www.google.co.id

Rem merupakan fitur pada kendaraan yang sangat vital. Mendeteksi kondisi rem dapat dicermati ketika kendaraan melaju. Jika laju kendaraan terasa seperti terhambat atau ketika kamu memperlambat laju kendaraan dan kecepatan kendaraan turun secara drastis, kamu harus segera memeriksa kondisi rem. Sebab jika dibiarkan terhambat atau bergesekan terlalu lama akan menyebabkan rem menjadi blong tiba-tiba.
Kondisi rem blong ketika kendaraan sedang melaju tentu akan menimbulkan risiko kecelakaan yang dapat mengancam keselamatan pengemudi maupun penumpang.

4. Ban

Cek ban kamu apakah masih layak untuk dipakai saat perjalanan jauh via https://www.google.co.id

Pengecekan ban bersifat wajib bagi para pemilik kendaraan yang hendak melakukan perjalanan jauh. Pengecekan meliputi tekanan angin, ban cadangan, serta kondisi kebotakan ban. Hal ini terbilang penting karena jika diabaikan akan meningkatkan risiko kecelakaan.

5. Karet Wiper

Karet wiper untuk kaca depan dan belakang mobil kamu via https://www.google.co.id

Pemeriksaan terhadap karet wiper juga terbilang penting. Jika dalam kondisi terawat, karet wiper akan berfungsi secara optimal, terlebih saat kendaraan dipacu saat kondisi hujan deras. Biasanya, kondisi karet wiper dapat buruk jika mobil sering dijemur di teriknya matahari. Sebab, suhu yang tinggi dapar 'melelehkan' karet yang akan menyebabkan kaca buram dan garis-garis saat digunakan.

6. Aki

Kalau Aki kamu sudah mau habis kemungkinan mobil kamu tidak akan menyala saat distater via https://www.google.co.id

Aki berfungsi sebagai media penyimpan dan pensuplai arus listrik pada waktu kendaraan di-starter. Fungsi lainnya sebagai pemasok arus listrik untuk kebutuhan lampu-lampu waktu kendaraan berhenti atau parkir di malam hari. Selain itu, aki juga berfungsi mengalirkan aliran listrik untuk alarm, jam elektronik, dan sebagainya saat mesin mati. Jika kondisinya buruk, tentu perjalanan jauh Anda akan bermasalah.

Itulah beberapa yang harus kamu cek pada mobil kamu sebelum mudik.

Semoga bermanfaat.