Ibu Pertiwi merupakan salah satu negara agraris yang memiliki keragaman hayati, Indonesia memiliki alam yang begitu kompleks. Nah tentunya lahan pertanian yang menghampar luas dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, tanah yang subur dan keanekaragaman palawija yang ditanam di Indonesia.

Namun pada kenyataan kita tau sendiri, lahan pertanian semakin tergerus dengan banyaknya pembangunan. Meskipun begitu sudah ada langkah pembatasan wilayah pemukiman ataupun agraris, tapi tetap saja semakin hari lahan pertanian tersingkirkan oleh pembangunan.

Perubahan pola hidup yang berubah tentu mempengaruhi bumi kita tercinta, salah satunya mulai dari hal kecil, loh!
Banyak kampanye – kampanye tentang penghijauan seperti halnya gerakan penanaman seribu pohon, dan tentunya memupuk kesadaran masyarakat untuk peduli dengan lahan hijau.

Nah hal kecil itu yang menjadikan salah satu orang tidak sekedar peduli dalam hati saja, namun diwujudkan dalam bentuk nyata seperti halnya untuk menghijaukan Indonesia. Apa saja hal kecil yang wajib kamu ketahui?

1. Menanam Tanaman di Rumah

Menanam Tanaman di Rumah

Menanam Tanaman di Rumah via https://www.realtor.com

Membuat lahan hijau, mulai saja dari lingkungan sekitar kita yaitu rumah kita sendiri. Menanam tanaman cukup simple karena sekarang ini banyak sekali orang yang menjual mulai tanaman hias sampai pada tanaman buah – buahan.

Advertisement

Menghijaukan rumah sendiri membuat kita memiliki lahan hijau mini yang dapat dinikmati oleh diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. Memulai hal kecil menjadikan diri kita semakin memiliki tekad dong untuk menghijaukan Indonesia dari lingkungan sekitar.

2. Gotong Royong untuk Lingkungan Sekitar

Gotong Royong Untuk Kebersihan Lingkungan Sekitar

Gotong Royong Untuk Kebersihan Lingkungan Sekitar via http://membacaruang.com

​​​​​Kesadaran masyarakat untuk gotong royong mungkin sudah kita lihat, setiap kampung atau gang pada weekend tertentu memiliki gagasan untuk membersihkan lingkungan mereka, mulai dari pembersihan saluran air sampai pada membuat kampung lebih tertata rapi.

Advertisement

Nah kalau rumah Anda sudah menampakkan lingkungan hijau, sangat mudah sekali untuk menginsipirasi lingkungan sekitar. Salah satunya menanam tanaman toga dan beberapa tanaman teduh seperti halnya pohon mangga, pohon jambu, ataupun pohon nangka yang memiliki tumbuh daun lebat, lebih rindang, dan asri lingkungan sekitar kita.

3. Bergerak Bersama Komunitas

Bergerak Bersama Komunitas

Bergerak Bersama Komunitas via https://gdmorganic.com

​​​​​Mewujudkan lingkungan hijau dan asri tentunya butuh dukungan dari berbagai macam pihak, salah satunya untuk membuat kita konsisten dalam mengelola lingkungan kita atau mempertahankan tanah – tanah agraris.

Banyaknya perumahan biasanya menggusur beberapa lahan pertanian, maka dari itu mempertahankan hal semacam itu menjadi salah satuu langkah untuk memiliki mindset kembali ke organik.

GDM Organik merupakan salah satu wujud komunitas yang tidak hanya bertujuan untuk kebaikan pangan dalam penggunaan pupuk organik cair namun juga mengedukasi masyarakat dalam memberikan kontribusi dalam mempertahankan tanah subur. Menjadi salah satu GDM Organik dalam mewujudkan kembalinya kesuburan dan hijaunya lahan Indonesia melalui imej agraris yang selalu terjaga.

4. Mengurangi Pencemaran Tanah

Mengurangi Pencemaran Tanah

Mengurangi Pencemaran Tanah via http://dasar-pertanian.blogspot.com

Kenapa kita harus memperhatikan tanah?
Pastilah, wujud kepedulian dari kita terhadap lingkungan adalah memperhatikan tanah dan mengurangi penggunaan bahan kimia dalam merawat tanaman.

Tentu hal ini kita sadari tidak hanya soal merawat tanaman saja tapi memilih pupuk organik yang tentunya dapat menyuburkan tanah juga menjaga kelangsungan unsur hara tanah. Penggunaan pupuk organik dari limbah daun kering ataupun pupuk organik cair lainnya bisa kamu tentukan.

5. Disiplin Memilah Sampah

Disiplin Memilah Sampah

Disiplin Memilah Sampah via https://news.cgtn.com

Merawat tanaman dan jangan lupa melupakan hal yang satu ini ya, disiplin memilah sampah salah satu wujud kepedulian kita terhadap hal kecil dalam menghijaukan Indonesia.

Mulai dari sampah di rumah kita, pilah organik dan non organik. Organik akan mudah terurai dan non organik bisa kita supply-kan untuk bahan kerajinan.

Gimana? Mudahkan?

Ayo dimulai dari sekarang juga, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya