Beruntunglah kamu karena hiudp di negara beriklim tropis sehingga bisa merasakan musim kemarau dan hujan. Apalagi, seiring datangnya akhir tahun, Indonesia sudah pasti akan disambut dengan hari-hari yang basah alias hujan hampir di sepanjang waktu. Bahkan, seperti yang kamu amati, hujan yang terjadi akhir-akhir ini juga tidak melihat waktu dan tempat. Hampir seluruh wilayah Indonesia terguyur air hujan. Tentu saja hujan membuat udara sekitar menjadi lebih dingin. Tidak heran sih jika perubahan suhu sekitar membuatmu lebih rentan terserang sejumlah penyakit, terutama flu. Nah, sebenarnya kamu masih bisa menikmati musim hujan tanpa harus takut terserang flu, lho! Bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tips berikut!

1. Gunakan Kaos Kaki yang Basah!

kaus kaki via http://sehatly.com

Loh, hujan-hujan kok malah pakai kaos kaki basah?
Apa nggka tambah masuk angin tuh?

Advertisement

Eits, tenang dulu! Ternyata mengenakan kaos kaki yang basah saat idur justru dapat membantu tubuhmu meningkatkan imunitas, lho. Bahkan, hal ini juga sudah didukung lewat penelitian yang dilakukan oleh dr. Leslie Solomonian. Menurut dr. Leslie, mengenakan kaos kaki yang basah, terutama yang terbuat dari bahan wol dapat menjadikan sirkulasi tubuh menjadi lebih baik.

Tidak hanya itu, sensasi dingin yang diakibatkan oleh kain yang basah juga ampuh mencegahmu dari hidung tersumbat. Nah, bagi kamu yang ingin mencobanya, sebaiknya rendam terlebih dahulu kaos kaki ke dalam air yang bersih selama beberapa menit. Selanjutnya, peras kaos kaki agar air tidak ada air yang berlebih dan gunakan untuk membungkus kedua telapak kakimu. Lapisi lagi dengan kaus kaki berbahan wol yang hangat. Apa salahnya untuk mempraktekkan cara ini? Kamu takkan tahu bila tak mencobanya.

2. Menyantap Cokelat Kesukaanmu Juga Ampuh!

coklat enak via http://sehatly.com

Salah satu cara mudah dan praktis yang dapat mencegahmu dari serangan flu di musim hujan seperti ini adalah dengan menyantap cokelat.

Advertisement

Apa iya hanya dengan menyantap cokelat bisa mencegah flu?

Bisa! Pasalnya, sejumlah jenis cokelat mengandung zat tertentu yang dapat berfungsi meredakan atau pun mencegah tubuh terserang penyakit. Misalnya saja dark chocolate. Jenis cokelat yang dikenal memiliki rasa pahit ini ampuh dalam meredakan batuk yang kerap menyertai flu. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan theobromine di dalamnya.

Meski dianjurkan untuk menyantap cokelat favorit, tetapi jangan gegabah dengan memilih cokelat bergula tinggi. Bisa-bisa batukmu malah semakin parah. Selain itu, kandungan gula yang terlalu tinggi ternyata dapat mengurangi kekebalan sistem imun.

Terus bagaimana dengan yang tidak menyukai rasa pahit?

Tenang, kamu bisa menyantap dark chocolate dengan menambahkan madu yang lebih aman dan jauh lebih sehat. Apalagi, madu juga memiliki fungsi yang dapat menguatkan antibody dalam tubuh.

3. Menikmati Alunan Musik Jazz yang Menenangkan Sanubari

raisa uhuy via https://camargus.com

Mendengarkan musik diketahui dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Jadi, tidak salah jika sebagian orang memilih untuk mendengarkan jenis music yang menenangkan untuk menjaga tubuh tetap sehat ketimbang meminum obat. Rupanya, hal ini juga berlaku untuk mencegah sekaligus meredakan flu yang sedang menyerangmu, lho!

Penelitian yang dilakukan oleh beberapa para ahli menunjukkan hasil jika mendengarkan musik jazz selama 30 menit dapat meningkatkan kadar immunoglobulin A (IgA). Immunoglobulin A sendiri merupakan salah satu protein dalam tubuh yang bertugas untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan bakteri mau pun virus berbahaya. Bahkan, hal ini diperkuat dengan pendapat dari dr. Jean-Jacques Dugoa yang menyebutkan bahwa IgA yang berada di kelenjar sekitar organ pernafasan ampuh mencegah penyebaran virus flu.

Tentu saja pencegahan satu ini lebih diminati oleh beberapa orang. Apalagi, banyak penyanyi jazz bersuara merdu yang juga bisa menenangkan hati dan sanubari, seperti Raisa contohnya.

4. Meski Memiliki Bau Tak Sedap, Bawang Bombay Dapat Membunuh Virus Penyebab Flu

bawang bombay via https://camargus.com

Kamu sudah pasti mengetahui mana yang disebut dengan bawang Bombay. Apalagi, bentuk dari bawang satu ini sangat mencuri perhatian dengan ukurannya yang cukup besar. Selain digunakan untuk menambah cita rasa makanan, bawang Bombay juga dapat melindungimu dari infeksi virus penyebab influenza.

Hal ini dikarenakan adanya zat yang bersifat anti-mikroba di dalam bawang Bombay. Tentu saja kandungan tersebut ampuh dalam menjaga kekebalan tubuhmu secara optimal.

Tak hanya itu, menyantap bawang Bombay di kala musim hujan juga dapat mengeluarkan kandungan zat racun di dalam tubuh. Tidak heran jika setelah menyantapnya secara rutin, tubuh jadi terasa segar dan bugar. Nah, agar tidak bosan menyantapnya, kamu bisa mengolah bawang Bombay menjadi sejumlah varian menu yang menarik.

5. Menikmati Menu Olahan Laut di Kala Hujan Juga Bisa Jadi Pilihan yang Mengenyangkan

enak anget-anget via https://camargus.com

Hmmm… Cuaca hujan yang kerap dibarengi dengan suhu yang menjadi lebih dingin membuat hasrat untuk menyantap makanan membuncah. Nah, daripada kamu ngemil sembarangan yang justru menambah berat badan, lebih baik kan menyantap menu makanan bergizi. Contohnya saja menu olahan laut yang dikenal mengandung banyak kandungan nutrisi.

Apalagi dengan tiram, salah satu jenis seafood yang tak hanya lezat tapi dapat menjaga kekebalan tubuh, terutama dari serangan influenza. Hal ini dikarenakan tiram mengandung mineral berupa zinc dalam jumlah tinggi. Zinc inilah yang berfungsi menjaga tubuh tetap fit meski hujan terus mengguyur. Namun, jangan terlalu banyak menyantap tiram agar tidak menimbulkan masalah lain, ya! Ingatlah pedoman “Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik”.

6. Cegah Flu Sambil Diet Sehat dengan Buah

Dari sekian pilihan di atas, kamu yang ingin menjaga tubuh tetap sehat dan memiliki berat badan seimbang bisa menjatuhkan pilihan pada cara satu ini. Yup! Memperbanyak asupan buah-buahan. Buah-buahan dikenal sebagai sumber dari beragam vitamin yang baik untuk tubuh. Apalagi, buah juga mengandung serat dan air yang dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Nah, salah satu penyebab tubuh terserang flu adalah kondisi sel tubuh yang dehidrasi. Maka dari itu, untuk mencegahnya kamu hanya perlu menyiastainya dengan mengonsumsi lebih banyak cairan, terutama yang mengandung elektrolit. Ketimbang membeli cairan eletrolit botolan, akan lebih sehat jika kamu mengonsumsi air kelapa atau buah-buahan lain seperti semangka yang baik untuk menjaga berat tubuh juga. It takes two tango, right?

7. Yuk, Lebih Giat Berolahraga!

tu, wa, ga, pat via http://sehatly.com

Hujan yang membuat udara menjadi lebih dingin jangan sampai dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Pasalnya, berolahraga ternyata dapat membantu tubuh meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak heran jika orang yang rajin berolahraga secara rutin jarang mengeluh terserang penyakit. Nah, cara ini juga bisa kamu erapkan untuk menjaga tubuh tetap fit di musim hujan seperti sekarang ini.

Bahkan, menurut Dr. Dugoua, olahraga ringan dapat menghasilkan efek anti-inflamasi. Efek tersebut dapat menghilangkan radang yang bukan disebabkan oleh infeksi dan mengurangi resiko dari infeksi. Selain itu, latihan ringan ini juga dapat meningkatkan suhu tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh. Kamu bisa melakukan jogging, stretching atau yoga.

8. Nikmati Secangkir Teh Hangat Sambil Menikmati Rintik Hujan

ngeteh yuk..! via https://camargus.com

Suara rintik hujan kerap kali membawa kembali ingatan-ingatan manis. Tentu saja di saatseperti ini kamu tidak akan melewatkannya begitu saja. Agar lebih terasa feel-nya, siapkan secangkir teh hangat yang akan menemanimu. Tak hanya menjadikan pikiran lebih tenang, menyeduh teh juga menghindarkanmu dari risiko influenza. Apalagi, uap dari the ampuh meredakan hidung tersumbat. Agar lebih nikmat lagi, kamu bisa menambahkan peppermint atau madu ke dalamnya.

Eits! Tapi jangan terlalu baper biar nggak nangis yang bisa membuatmu pilek berkepanjangan, ya!

Demikian cara-cara untuk mengobati flu yang bisa kamu pakai dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari tanpa perlu mengantri ke dokter. Lebih baik menggunakan cara alami karena penggunaan obat antibiotik yang berlebihan dapat membahayakan tubuh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya