Bagi kamu yang suka photography atau desain grafis, pasti tidak asing lagi dengan edit mengedit foto kan? Dan hampir semua orang pasti menggunakan Photoshop sebagai aplikasi edit foto andalan. Tidak perlu diragukan lagi kualitas aplikasi edit foto yang satu ini,berbagai macam teknik desain grafis bisa dilakukan dengan aplikasi Photoshop dari mulai tracing atau vektor, karikatur dan masih banyak lagi. Photoshop juga seringkali digunakan sebagai aplikasi untuk mengedit foto wajah atau muka menjadi lebih keren. Nah tahukah kamu? Ternyata selain Photoshop, ada banyak aplikasi edit foto yang tidak kalah bagus dari Photoshop?

Kali ini saya ingin berbagi referensi bagi kamu yang ingin mencari hal baru dalam edit foto selain menggunakan aplikasi Photoshop. sebenarnya di smartphone Android juga sudah banyak kok apikasi edit foto yang sangat bagus dan keren, namun rasanya kurang maksimal jika dibandingkan kita mengeditnya via laptop atau komputer karena fitur yang ada tentu lebih lengkap dan bervariasi.

1. Aviary

Di urutan pertama ada Aviary sebagai aplikasi alternatif edit foto selain Adobe Photoshop. Aviari sangat rekomended untuk kamu pecinta vektor. Dengan Aviary, kamu bisa mendesain gambar atau foto menjadi efek vektor yang keren, tidak kalah deh dengan Photoshop.

2. Artweaver

artweaver

artweaver via http://google.com

Selainn Aviary, Artweaver juga bisa di bilang sebagai alikasi edit foto terbaik selain Adobe Photoshop. dengan Artweaver, kamu bisa mengedit foto memjadi lebih keren dengan berbagai macam efek kece mulai dari sharpen, blur, embos dan masih banyak lagi.

3. GIMP

Advertisement

Kalau berbicara aplikasi edit foto selain Photoshop, mungkin kamu tidak asing lagi dengan "GIMP"? Ya, ini seringkali dikenali oleh para pecinta desain grafis karena memang GIMP merupakan alternatif Photoshop yang cukup bagus. GIMP merupakan aplikasi desain grafis yang bisa digunakan di hampir semua OS seperti Windows, MAC maupun Linux.

GIMP memiliki efek spesial untuk edit foto terutama dalam urusan membuat grafik. Keunggulan GIMP jika dibandingkan Photoshop sendiri adalah penggunaannya yang lebih mudah, cocok untuk kamu yang masih pemula dalam hal mengedit foto atau gambar.

4. Lightroom

lightroom

lightroom via http://google.com

Yang keempat ada Lightroom, salah satu aplikasi edit foto keren selain Photoshop. Lightroom sendiri saat ini sudah menyediakan banyak fitur-fitur editing foto yang biasanya hanya ada di Photoshop. daripada penasaran, yuk install dan gunakan Lightroom sekarang juga!

5. Corel Draw

corel draw

corel draw via http://google.com

Advertisement

Berbicara Photoshop rasanya tidak lengkap jika tidak membahas Corel Draw. Ya, ini merupakan pesaing utama Photoshop. menurut saya pribadi, corel lebih mudah dalam pemakaian, tapi untuk edit sebuah foto, masih kalah dari Photoshop. namun untuk urusan desain seperti brosur saya rasa Corel Draw lebih baik. Selain itu keunggulan lain dari Corel Draw adalah ukuran aplikasinya yang lebih ringan timbang Adobe Photoshop terlebih versi terbarunya, Photoshop sangat berat dan mungkin tidak bisa di-install di laptop atau PC dengan RAM 2 GB-an. Oleh karena itu Corel Draw ini bisa menjadi alternatif saat kamu tidak bisa menginstall Photoshop di Laptop kamu.

Itulah beberapa aplikasi edit foto selain Photoshop yang nggak kalah bagusnya, dengan adanya aplikasi di atas, kini kamu tidak perlu lagi bingung untuk mengedit foto, aplikasi di atas sangat bermanfaat bukan? Terutama untuk kamu yang suka dengan dunia desan grafis. Terlepas dari bagus tidaknya aplikasi diatas, saya rasa belum ada yang bisa menyaingi Photoshop sebagai aplikasi edit foto terbaik saat ini karena photoshop memang sangat usefull dalam edit mengedit foto.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya