Di era yang digital ini, banyak banget orang yang liburan ke tempat-tempat bergengsi cuma demi pamer di medsos. Ada yang sampai rela ngeluarin uang puluhan juta rupiah cuma demi bisa foto di negara orang.

Padahal nih, liburan ke luar negeri itu banyak banget yang harus disiapin. Yang pertama tentu passport, belum lagi kalau ke luar negerinya ke negara yang butuh Visa.

Kita juga harus mikirin tiket pesawat, kadang dibela-belain maksain hari demi dapet promo tiket pesawat murah.

Nggak ada salahnya sih, kalau kamu banyak duit dan liburan ke luar negeri dengan tujuan pengen melatih keberanian dengan berbicara bahasa Inggris.

Atau ada juga yang liburan ke luar negeri untuk belajar budaya disana. Tapi akan jadi suatu kesalahan besar, kalau tujuanmu liburan ke luar negeri cuma buat gaya-gayaan atau nurutin gengsi.

Kalau toh kamu stress dan butuh liburan, mending kamu kunjungi tempat-tempat wisata di Indonesia ini. Kamu gak perlu repot-repot nyiapin Passport dan uang yang super banyak aja udah bisa selfie dan menikmati indahnya alam di Indonesia.

1. Taman Nasional Kelimutu keindahan kawah yang luar biasa

Taman Nasional Kelimutu - NTT

Taman Nasional Kelimutu – NTT via https://www.pikniek.com

Jika kamu merasa penat dan stress maka megunjungi wisata alam adalah salah satu pilihan yang tepat. Salah satunya adalah mengunjungi tempat yang masih belum banyak terjamah oleh banyak orang.

Sehingga kamu bisa dengan santai menikmati indahnya alam buatan Tuhan. Taman Nasional Kelimutu adalah salah satu wisata alam indah yang bisa kamu kunjungi.

Advertisement

Di tempat ini terdapat perbukitan dan pegununungan dengan Gunung Kelibara. Indahnya lagi, dalam tempat ini terdapat tiga kawah yang bisa berubah warna.

Untuk harga tiket masuknya pun gak mahal, kamu cuma perlu mengeluarkan uang 5.000 rupiah saja. Murah tapi nggak murahan, kan?

2. Pulau Macan dengan keindahan bawah laut yang memukau

Pantai Pulau Macan

Pantai Pulau Macan via https://www.instagram.com

Bagi kalian yang rumahnya di area Jakarta, kalau penat dan ingin liburan, coba deh kunjungi Pulau Macan yang tempatnya relatif dekat ini. Hanya perlu waktu 90 menit dari Pelabuhan Marina Jakarta untuk bisa sampai ke pulau yang indah ini.

Advertisement

Di dalam pulau ini banyak hal yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah relaksasi pastinya. Karena di pulau macan ini masih relatif sepi, jadi cocok banget buat kamu yang ingin memanjakan diri sendiri dengan alam.

Selain itu kamu juga bisa snorkeling dan menyaksikan indahnya pemandangan di bawah laut. Pemandangan bawah laut di Pulau Macan ini sangat cantik dan jernih. Dan kamu nggak perlu khawatir, karena masker, snorkel, booties, fins, hingga life jacket sudah disiapkan di sana.

3. Wakatobi, pulau sejuta ikan dan karang.

Wakatobi - Sulawesi Tenggara

Wakatobi – Sulawesi Tenggara via https://www.instagram.com

Kalau kamu pengen melihay ikan yang kaya di film kartun Finding Nemo dan Finding Dory, nggak perlu jauh-jauh ke Disney. Cukup dateng ke Wakatobi yang berkawasan di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara aja.

Selain keindahan pantainya yang super cantik, kamu juga akan disuguhkan keindahan bawah laut yang bakalan sayang banget buat dilewatkan.

Bahkan menurut pemerintah setempat, Wakatobi ini menjadi habitat bagi 90% jenis karang yang ada di dunia serta lebih dari 942 spesies ikan.

Mungkin yang selama ini tau ikan itu cuma ada lele dan mujaer, mendatangi pulau ini bakal jadi ternganga lebar melihat banyaknya jenis ikan.

Selain pantainya, kamu juga bisa mendaki bukit kayangan di Tomia untuk menikmati indahnya senja di Wakatobi. Cocok banget buat kalian para penikmat senja dan alam.

4. Pink Beach yang unik dengan warna pasir dan pantainya.

Pink Beach - Pulau Komodo

Pink Beach – Pulau Komodo via https://www.cantikbijak.com

Kalau pasir pantai biasanya warna coklat atau putih, kalau di pantai yang satu ini berwarna merah muda. Unik banget, ya?

Sehingga temnpat ini sangat cocok banget buat kalian yang pengen refreshing sambi foto-foto buat di upload ke medsos.

Pink Beach di Pulau Komodo ini juga masih belum banyak pengunjung. Sehingga sangat cocok untuk kalian yang tidak terlalu suka tempat wisata ramai. Selain keunikan pasirnya yang berwarna merah muda, air laut di Pink Beach ini yang berwarna toska.

5. Pulau Padar dengan bukit yang menjulang dan pemandangan yang melintang

Pulau Padar - Labuan Bajo

Pulau Padar – Labuan Bajo via https://www.pikniek.com

Nah, yang ini jangan sampai terlewat. Pulau Padar ini menjadi salah satu tempat wisata di Labuan Bajo yang menjadi tujuan favorit para wisatawan.

Lokasinya berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Meskipun masih masuk di kecamatan Komodo, tetapi di Pulau Padar tidak dihuni oleh hewan komodo.

Di pulau ini kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam dari bukit. Meskipun mendaki bukit itu cukup melelahkan, namun hal itu akan terbayarkan dengan indahnya sunrise atau sunset yang bisa kamu nikmati.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya