Flek hitam atau bintik hitam di wajah dapat muncul karena kita sering memencet jerawat sampai pecah. Kegiatan memencet jerawat memang dapat membuat masalah jerawat teratasi. Namun imbasnya akan menyebabkan munculnya bekas jerawat yang sangat sulit hilang. Bahkan untuk menghilangkan bintik hitam bekas jerawat, Anda memerlukan waktu yang lebih lama sampai berbulan bulan dari pada jerawatnya.

Oleh sebab itu, mulai sekarang hentikan memencet jerawat, terutama memencet sampai mengeluarkan darah dari wajah. Dalam mengatasi masalah bekas jerawat, ada banyak sekali cara dan metode yang bisa Anda lakukan. Perawatan salon bisa menjadi cara paling mudah dan simpel. Akan tetapi kebanyakan wanita enggan menggunakan perawatan salon dengan alasan membuang banyak biaya. Sebab ketika tidak perawatan lagi, bekas jerawat tersebut akan muncul kembali.

Solusi yang tepat untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami jelas sangat aman digunakan, meskipun terbilang agak lama tapi saya jamin hasilnya tidak akan mengecewakan. Untuk itu, Jika ingin mudah dan aman, anda bisa menggunakan beberapa masker jerawat dari bahan-bahan alami berikut ini.

1. Masker Pepaya

masker pepaya via https://www.bitwinshop.com

Pepaya merupakan buah yang cukup terkenal dengan kandungan seratnya. Selain mengandung serat, buah pepaya juga mengandung berbagai macam senyawa nutrisi yang baik untuk kulit. Sebut saja seperti papain, vitamin C, vitamin A, dan masih banyak lagi.

Cara membuat masker pepaya:


  1. Siapkan 1 cangkir buah pepaya yang sudah dihaluskan, usahakan daging buahnya matang

  2. Campurkan daging buah pepaya tersebut dengan 3 sendok makan madu alami hingga membentuk pasta atau krim

  3. Sebelum menggunakan, bersihkan terlebih dahulu area wajah dengan sabun khusus muka

  4. Apabila sudah bersih, oleskan masker pepaya dengan bantuan kuas hingga merata keseluruh bagian wajah

  5. Diamkan sejenak selama 30-60 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih

2. Masker Kentang

Advertisement

masker kentang via https://hipwee.com

Kentang mengandung mineral alami yang cukup lengkap. Kandungan mineral tersebut terdiri mulai dari kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan mineralnya inilah yang bisa membantu mengobati jerawat di wajah secara alami.

Cara membuat masker kentang :


  1. Haluskan 1 buah kentang yang sudah dikupas, Anda bisa menggunakan parut atau blender.

  2. Selanjutnya, campur halusan kentang dengan madu alami hingga membentuk krim atau pasta.

  3. Setelah itu, oleskan secara merata keseluruh bagian wajah sebagai masker. Agar meresap, diamkan selama kurang lebih 30 menit

  4. Apabila sudah terasa kaku, gunakan air hangat untuk membilasnya.

3. Masker Tomat

masker tomat via https://www.hipwee.com

Tomat merupakan buah dengan mengandung beragam nutrisi lengkap yang baik untuk kulit. Ada banyak sekali kandungan nutrisi dalam buah tomat seperti vitamin A, C, E, saponin, kalium, fosfor, kalsium, dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, kandungan-kandungan nutrisi seperti diatas tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi bekas jerawat saja. Melainkan juga baik untuk membantu mencerahkan kulit wajah, mengatasi komedo, peradangan kulit, dan lain sebagainya.

Cara membuat masker tomat untuk jerawat di wajah:


  1. Siapkan 1 buah tomat yang masih segar

  2. Haluskan tomat tersebut dengan menggunakan blender tanpa tambahan air

  3. Campur halusan tomat tadi dengan madu alami, aduk-aduk sampai merata

  4. Oleskan masker tersebut secara rutin setelah mandi. Agar meresap pijat sebentar selama 10 menit dan diamkan sekitar 30 menitan

  5. Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Dengan penggunaan secara rutin minimal 1x sehari, dalam sebulan masalah tersebut bisa teratasi.

4. Masker Kefir

Masker kefir dibuat dari susu yang telah difermentasi dan diolah hingga teksturnya menjadi lebih kental dan lembab. kandungan laktobasilus pada susu tersebut berfungsi untuk mengontrol tingkat keasaman kulit. Selain itu, masker kefir juga bermanfaat untuk mengangkan sel kulit mati dan menghilangkan bekas jerawat.

Cara membuat masker kefir untuk jerawat di wajah:


  1. Siapkan 1 liter susu dan 50 gram bibit kefir

  2. Masukkan susu dan bibit kefir tersebut ke dalam toples kemudian aduk hingga menyatu.

  3. Tutup toples kemudian biarkan selama 24 jam

  4. Buka toples aduk lagi dan biarkan selama 24 jam lagi agar fermentasinya lebih optimal

  5. Terakhir, Saring campuran tersebut kemudian letakkan di freezer.

  6. Oleskan masker kefir ke wajah secara merata

  7. Tunggu hingga 15-20 menit. Kemudian bilas wajah hingga bersih

5. Masker Beras

masker beras via https://www.hipwee.com

Selain untuk menghilangkan bekas jerawat, masker beras juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit karena didalamnya mengandung vitamin E dan C yang cukup tinggi. Cukup memakai masker ini secara rutin, maka bekas jerawat dan kulit wajah anda akan tampak bersinar.

Cara membuat masker beras:


  1. Siapkan tepung beras dan susu secukupnya

  2. Aduk kedua bahan tersebut hingga merata dan menjadi adonan pasta

  3. Oleskan ke bagian wajah secara merata

  4. Diamkan selama 15 menit

  5. Setelah selesai, bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.

Bagaimana, mudah kan? Itulah beberapa masker jerawat alami yang sangat ampuh dan aman untuk menghilangkan bekas jerawat. Supaya hasil akhir maksimal, gunakan secara rutin minimal 1x sehari. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.