Sederet Alasan di Balik Orang Indonesia yang Susah Menguasai Bahasa Inggris. Kenapa ya?

Orang Indonesia susah kuasai bahasa Inggris

Tahun 2019, tahun yang serba mudah karena kemudahan teknologi dan juga berbagai macam platform digital. Tetapi sadar nggak sih kalau kemudahan tersebut juga terkadang menyusahkan, salah satunya bahasa digital platform atau teknologi yang menggunakan bahasa asing terutama bahasa Inggris. Di bangku sekolah mungkin dipelajari, tetapi nggak bisa dipungkiri juga kalau untuk bisa benar- benar lancar bahasa Inggris bagi orang Indonesia butuh effort yang lebih. Ini alasannya, mungkin kamu juga pernah merasakannya?

Advertisement

1. Bahasa kita tidak hanya bahasa Indonesia tetapi juga ada bahasa daerah. Jadi nggak heran kalau susah lancar berbahasa Inggris

Jangankan ngomong bahasa Inggris, bahasa Indonesia aja medok logat banget.

Jangankan ngomong bahasa Inggris, bahasa Indonesia aja medok logat banget. via https://shutterstock.com

Kebanggaan untuk kita sebagai negara yang memiliki banyak pulau, suku dan provinsi. Indonesia menempati peringkat ke 2 untuk bahasa terbanyak di dunia, yaitu 742 bahasa. Bukan hanya bahasa saja, tapi logatnya juga ikut terbawa. Bagi sebagian besar warganya, bahasa Indonesia sendiri bukanlah bahasa ibu meskipun menjadi bahasa resmi negara kita.

Walhasil untuk mempelajari bahasa asing ada kendala sendiri bagi kita yang sering berbahasa daerah, sudah harus menerjemahkan ke bahasa Indonesia, lalu diterjemahkan lagi ke bahasa Inggris. Itu yang jadi salah satu faktor mengapa orang Indonesia memiliki kendala untuk mempelajari bahasa Inggris dengan cepat dan fasih.

2. Kalau pun mau lancar bahasa Inggris, eh ada yang bilang kalau kita tidak nasionalis. Jadi serba salah deh

hanya karena mencoba bicara bahasa Inggris kita dianggap tidak cinta Indonesia, duh sedih

hanya karena mencoba bicara bahasa Inggris kita dianggap tidak cinta Indonesia, duh sedih via https://freepik.com

Pernah tidak saat kamu sedang mempelancar bahasa inggris kamu, di saat yang bersamaan temen kamu nyinyir katanya “sok inggris, jadi orang kok nggak nasionalis”. Mau berdebat malah dia yang lebih hebat, jadinya cuma bisa diem.

Padahal mati-matian belajar bahasa Inggris supaya bisa memperkenalkan negara tercinta ke warga asing yang sudah pasti tidak bisa bahasa Indonesia. Karena tidak mungkin belajar semua bahasa di dunia, setidaknya belajar bahasa yang mayoritas penduduk dunia mengerti.

Yang pernah mengalami ini wajib banget nih share tulisan ini supaya mereka mengerti isi hati kamu.

Advertisement

3. Udah belajar siang malam, pas latihan bicara terus sala, bukan diperbaiki tapi justru di-bully. Bikin trauma

namanya belajar kalau salah kan wajar.

namanya belajar kalau salah kan wajar. via https://wisatafilipina.com

Ini nih yang sering dialami sama kita yang ingin bicara bahasa Inggris tapi masih belum fasih, akhirnya bahasanya dicampur sama bahasa Indonesia. Niat supaya kosakata yang sudah dipelajari tidak lupa, eh malah berujung duka karena mereka yang mendengar membully kita. Belum lagi jika ternyata grammarnya salah, duh perkara yang tidak mudah itu malah jadi bahan tertawa.

Kalau sudah begitu biasanya suka bikin trauma, bikin minder dan malas untuk meningkatkan skill bahasa yang sudah dipelajari. Bukan tanpa alasan sih, ya daripada sakit hati lebih baik dipendam sendiri. Masalahnya untuk bisa lancar bicara bahasa asing memang praktek di keseharian harus di jalani.

4. Terlepas dari kendala apapun, ada cara yang asik untuk kamu bisa fasih tanpa takut dicibir. Filipina, destinasi jalan-jalan seru sekaligus memperdalam bahasa Inggris

mereka yang mencibir bisa jadi motivasi untuk lebih baik

mereka yang mencibir bisa jadi motivasi untuk lebih baik via https://wisatafilipina.com

Kalau takut diledek sok inggris, terus takut dibully karena salah. Lebih baik nabung, dan pergi ke Filipina untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Karena Filipina jadi negara terbesar ke 5 di dunia yang berbahasa Inggris, dan peringkat ke 1 di Asia untuk skor rata-rata TOEIC, di tambah lagi Filipina berada di peringkat ke 3 di dunia untuk sistem IELTS.

Belum lagi jarak Indonesia-Filipina yang tidak begitu jauh dan lebih terjangkau biayanya. Yang jelas tidak ada yang menertawakan kamu disaat salah. Eits salah satu keunikan belajar di Filipina adalah kamu belajar bahasa Inggris sambil aktivitas seru.

5. Biar makin murah, pakai maskapai pilihan anak millennial setiap mau ke Filipina nih

maskapai pilihan anak millenial kalau mau ke filipina

maskapai pilihan anak millenial kalau mau ke filipina via https://cebupacificair.com

Salah satu dari 2 maskapai Filipina yang jadi pilihan anak muda adalah Cebu Pacific Air karena menawarkan tiket dengan harga yang ramah di kantung dan menu makanan khas Filipina. Selain itu, maskapai dengan logo kepala burung elang ini menawarkan penerbangan harian dari Jakarta ke Manila dan kota tujuan belajar bahasa Inggris lain di Filipina seperti Bacolod, Cebu, Clark, Davao, Iloilo, dan Subic.

Ini bisa jadi salah satu trik kamu untuk menangkal segala kendala belajar bahasa Inggris, yang mereka tau kamu foto-foto liburan. Ke pusat perbelanjaan, ke pantai, sampai menyelam ke laut. Nambah aset foto untuk feed instagram plus pulang-pulang kemampuan kamu berbahasa Inggris meningkat tajam. Seperti sambil menyelam minum es buah kan. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

I was born to be real, not to be perfect

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE