Kesedihan menjadi hal yang paling pasti dialami sama orang yang baru saja patah hati. bukan sebuah dosa bersedih, marah dan kecewa setelah segala yang dikorbankan justru gagal. Namun tidak sepantasnya berlama-lama dan berlebihan dalam bersedih. Ada cara yang baik untuk meluapkan kesedihan dan membuat hati siap kembali menjalani kehidupan meski tak lagi ada si dia sekarang.

1. Tulis perasaan kecewa, sedih dan marahmu di secarik kertas

Untuk kalian yang saat ini patah hati, jangan terlalu banyak menceritakan kepada teman. Betapapun berharganya memiliki teman yang siap bersedia mendengarkan kesedihanmu, yakinlah yang kamu katakan pada mereka secara terus menerus akan memperburuk keadaan.

Lebih baik, ceritakan sebanyak mungkin melalui tinta pada secarik kertas. Segala rasamu tuliskan dalam bentuk diary mungkin bisa menjadi hal yang bermanfaat kemudian hari. Mulai dengan blog, website kekinian, majalah remaja dll. Ingat, harus tetap ada batasan dalam mencurahkan perasaanmu ya. Jangan ada unsur mencemarkan nama baik orang lain dan merugikan dirimu sendiri ya.

2. ​Coba dengan membuat sajak dari kepedihan hatimu

Advertisement

Ketika patah hati, seseorang bisa berubah menjadi bijak dan puitis. Banyak quote atau sajak-sajak yang mengalir deras. Tanpa disadari terkadang akun sosmed kita penuh dengan luapan kata bijak. Ada baiknya kalian tulis sebelum di publish. Kumpulkan sampai ada waktunya nanti kamu bisa menyusunnya indah dalam bingkaian. Bagusnya lagi kalau kamu punya bakat seni dalam dirimu, lanjutkan sajak-sajak indah itu menjadi sebuah lagu. Bisa jadi punya daya jual kan. Kamu bisa bikin lagu buatmu sendiri atau jadiin dirimu seorang pencipta lagu.

3. Seni Photographi yang indah untuk menggambarkan kesedihanmu, patut dicoba

Patah Hati via http://puisi-cinta.ne

Sudah banyak contohnya nih, orang yang menggamarkan pedihnya patah hati melalui foto. Tapi yang jelas bukan foto ekstrim ya. Tunjukin melalui indahnya seni foto yang enak untuk dilihat. Kalau hasil dan respon bagus, kalian bisa menjadikan dunia foto sebagai hobi juga.

4. Suka melucu tapi patah hati? Ikutin gaya raditya dika aja, open mic melalui stand up.

Stand up comedy via http://ngopie.com

Khusus buat orang yang emang siap menertawakan kepedihan diri sendiri sebagai upaya melupakan kesedihan melalui hal positif ya. Orang menyebutnya sebagai komika. Jadikan pengalaman pahitnya patah hati menjadi hal yang membahagiakan melalui stand up comedy. Ketawain aja diri sendiri, yakin nantinya membuat perasaan lebih lega.

5. Thai Boxing, olah raga keras rekomendasi pas pasca patah hati

Olah raga keras seperti thai boxing juga bisa jadi salah satu cara tepat buat move on. Khusus buat yang mengalami sindrome patah hati akut, bisa coba pengalihan yang satu ini. Menyalurkan emosi dengan latihan memiliki manfaat lebih yang bisa kalian dapat. Kemungkinan besar emosi paska patah hati akan tersalurkan. Bisa jadi setelah mencobanya kalian malah akan merasa nyaman dengan olah raga ini dan menekuninya. Jadi pada akhirnya kalian bakal lupain mantan.