Penting! Ini 10 Hal yang Dilarang saat Bersama Teman Introvert!

Hal yang dilarang dilakukan kepada teman introvertmu agar hubungan tetap langgeng

Dalam sebuah lingkungan pertemanan, kamu pastinya akan menjumpai banyak teman dengan berbagai kepribadian salah satunya adalah introvert. Terkadang kamu sering salah paham saat bersama orang dengan kepribadian tersebut. Hal itulah yang biasanya kamu menjadi sungkan saat berteman dengan mereka.

Sementara itu, kamu wajib tahu bahwa dalam membina sebuah hubungan sangat memerlukan sikap saling memahami satu sama lain. Untuk itulah, kamu harus memperhatikan beberapa hal penting termasuk 10 larangan ini saat bersama teman introvertmu agar hubungan pertemananmu bisa terjalin dengan baik dan harmonis. Simak baik-baik ya!

Advertisement

1. Nongkrong Lama di Keramaian

Nongkrong ramai-ramai | Photo by freepik

Nongkrong ramai-ramai | Photo by freepik via https://www.freepik.com

Jika kamu suka nongkrong, tidak salahnya kok mengajak mereka. Akan tetapi, kamu harus tahu bahwa orang introvert tidak betah lama-lama di keramaian. Mereka lebih suka nongkrong di tempat tenang yang memungkinkan untuk bicara secara empat mata.

Namun, jika ternyata kamu mengajaknya di tempat yang ramai, kamu wajib peka nih! Kalau temanmu terlihat tak nyaman, segera ajak dia untuk pergi ke tempat yang lebih tenang. Selain itu, jangan sering mengajaknya nongkrong di luar, apalagi di keramaian, bisa auto tekor dia, kan kasihan!

Advertisement

2. Jangan Menyinggung Jumlah Temannya

Sedikit teman bukan masalah | Photo by cottonbro studio

Sedikit teman bukan masalah | Photo by cottonbro studio via https://www.pexels.com

Orang introvert memiliki teman yang bisa kamu hitung dengan jari. Terkadang hal itu memunculkan spekulasi bahwa mereka adalah orang yang tidak suka bersosialisasi. Tapi, kamu jangan salah sangka, teman mereka memang sedikit karena lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Mereka sengaja melakukan itu untuk menemukan teman yang tulus.

Teruntuk kamu yang punya teman introvert, dilarang untuk menyinggung jumlah teman yang mereka punya. Kamu bisa dianggap tidak tulus karena mengatur-atur pertemanannya. Jika dia nyaman-nyaman saja, mengapa kamu yang repot? Biarlah mereka tetap pada nalurinya.

3. Jangan Sering Menelepon

Advertisement
Menelpon sewajarnya | Photo by Hassan OUAJBIR

Menelpon sewajarnya | Photo by Hassan OUAJBIR via https://www.pexels.com

Dalam lingkungan pertemanan, komunikasi sangatlah penting tak peduli apapun bentuk dan seberapa jauh jaraknya. Terkadang kamu merasa kesal ketika tengah mengontak temanmu  yang tak kunjung mengangkat telepon, apalagi temanmu adalah orang introvert.

Perlu kamu ketahui, orang introvert biasanya lebih nyaman berkomunikasi melalui pesan tulisan daripada telepon. Kadangkala mereka juga berkontak via telepon jika ada hal penting untuk disampaikan. Namun, kamu dilarang untuk meneleponnya terlalu sering karena dapat membuat mereka jadi terganggu. Alih-alih diangkat, mereka justru me-reject panggilanmu. Jadi capek sendiri, kan?

4. Bertindak Tanpa Perencanaan

Tanpa perencanaan membuatnya berantakan | Photo by wayhomestudio

Tanpa perencanaan membuatnya berantakan | Photo by wayhomestudio via https://www.freepik.com

Orang introvert selalu bertindak penuh akan perencanaan. Mereka  cukup sukar menerima perubahan apalagi menghadapi banyak hal yang serba dadakan.

Teruntuk yang punya teman introvert, jangan sekali-kali bertindak ‘grasa-grusu’ di hadapan mereka. Semisal ingin mengajaknya nongkrong, kamu dilarang keras untuk menyampaikan secara dadakan. Kamu harus bersabar dan memberinya waktu kepada mereka untuk memikirkan rencana secara matang-matang. Selain itu, dilarang  merubah rencana secara sepihak jika tak ingin mereka jadi bad mood.

5. Terlalu Dominan dalam Percakapan

Seimbangkan porsi bicara | Photo by fauxels

Seimbangkan porsi bicara | Photo by fauxels via https://www.pexels.com

Meskipun jarang memulai percakapan, justru mereka adalah pendengar yang baik dan mampu menjaga rahasia. Terkadang mereka mencurahkan isi pikirannya kepadamu ataupun pada orang terdekat.

Sebagai teman seorang introvert, kamu tidak boleh terlalu dominan saat bercakap dengannya. Jangan gampang mendebat apalagi memotong pembicaraan. Mereka bisa merasa perkataannya tidak kamu hargai. Kamu berhak menanggapinya jika mereka memberi kesempatan padamu. Intinya, dengarkan dulu apa yang mereka katakan dan tanggapi jika telah diizinkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bukan siapapun, simple dan minimalis.

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE