Pernahkah terlintas di pikiranmu untuk bermanfaat bagi alam, bagi sesama manusia, dan bagi kehidupan? Setidaknya, selama kamu hidup, kamu pernah berguna untuk yang lain. Salah satu caranya yaitu dengan menjadi seorang volunteer atau relawan. Toh, banyak manfaat yang bisa kamu ambil dengan mengikuti kegiatan sebagai relawan. Kamu juga bisa mengeksplor banyak hal, dan juga pengalamanmu semakin bertambah. Siapa tau kamu bisa bertemu jodohmu di kegiatan ini.

Jangan tanyakan apa yang sudah kamu dapatkan, tapi tanyakan apa yang sudah kamu berikan untuk negerimu

Bentuk kegiatan relawan ada banyak macamnya, tinggal kamu pilih kegiatan yang mana dan sesuaikan dengan kesukaanmu atau kemampuanmu. Misal, kamu calon guru masa depan, kamu bisa mengikuti kegiatan mengajar sukarela di daerah terpencil. Atau kamu suka tanaman, kamu bisa mengikuti konservasi hutan. Atau kamu suka aku, ayo kita ke pelaminan. Anak muda belum pernah jadi relawan? Kurang berwarna hidupmu kamu ya.

1. Kamu akan mengenal orang-orang baru yang membuat hidupmu semakin berwarna

Mengajar dengan sukarela via http://kelasinspirasigresik.blogspot.co.id

Apa sih enaknya jadi relawan? Pertanyaan seperti ini seringkali muncul dari anak muda jaman sekarang. Daripada kamu sekedar mengikuti tren masa kini, coba deh ikut kegiatan yang lebih bermanfaat. Bermanfaat buat kamu, juga bermanfaat untuk sekitarmu. Dan lagi, kamu juga bisa menambah teman dari kegiatan relawan.

Teman yang baik akan membawa dampak positif.

Jangan mengira jiwa-jiwa relawan cuma kamu seorang, ada masih banyak yang memiliki pemikiran sama denganmu. Dari sini kamu juga jadi tahu, mana teman yang asyik buat diajak main atau teman yang bisa diajak mikir. Mungkin saja ada yang bisa diajak mikir masa depan bersama. Toh, berteman dengan banyak orang tidak ada salahnya kan? Apalagi jika itu berdampak baik bagi kita.

2. Kegiatan bermanfaat jadi hal yang lebih menyenangkan daripada hanya sekedar tidur di rumah

Advertisement

Konservasi alam via http://kabargress.com

Mana ada kegiatan volunteer yang tidak bermanfaat? Setidaknya, kegiatan jadi relawan jelas tidak monoton dan pastinya seru. Kalau kamu bingung hari-harimu dihabiskan untuk apa, mending jadi relawan. Sudah dapat kegiatan, dapat teman, dan pastinya dapat kebaikan. Kamu juga bisa nambah wawasan, maybe kegiatan relawan yang kamu ikuti belum pernah kamu rasakan dan kamu coba sebelumnya.

Bersibuklah selagi muda, perbanyak kegiatanmu di luar rumah.

Kegiatan volunteer banyak macamnya, tinggal kamu mau pilih yang seperti apa. Entah kegiatan yang disesuaikan kemampuanmu, disesuaikan dengan keinginanmu, atau disesuaikan dengan kebiasaanmu. Misalkan, kamu suka berkebun, ikuti saja kegiatan relawan untuk konservasi hutan bukan konservasi hatinya.

3. Siap dengan kondisi apapun yang mungkin bisa terjadi

Pelepasan anak penyu via https://tigerheartsumbar.wordpress.com

Ini mungkin yang bisa jadi alasan terkadang kita sedikit malas mengikuti kegiatan volunteer. Padahal, dari sini kita jadi tahu bagaimana cara survive di dunia yang terkadang penuh masalah. Misalkan saja kegiatan relawannya ke daerah pelosok yang jarang sinyal handphone, jarang kendaraan, dan malah kadang tidak ada lampu penerangan. Jangan harap kamu bisa bermanja-manja saat jadi relawan, karena itu akan mempersulit dirimu sendiri.

Terlahir dengan kemapanan dan kemewahan, semakin membuatku lupa apa arti kebahagiaan sesungguhnya.

Kamu jadi banyak belajar untuk siap dengan kondisi apapun yang mungkin terjadi. Anggap saja awal belajar untuk siap menghadapi masalah saat berkeluarga nantinya. Kamu jadi belajar untuk memanfaatkan apapun yang ada. Ya, ini nilai lebih dari sebuah kegiatan relawan.

4. Pengalamanmu dan wawasanmu semakin bertambah

Mengajar dengan hati via http://nationalgeographic.co.id

Enaknya jadi relawan, kamu juga jadi mengenal hal-hal baru. Bisa jadi kamu belum pernah mengunjungi lokasi dari kegiatan relawanmu itu. Bisa nambah destinasi wisatamu juga kan, menambah akses liburanmu dengan pasanganmu nantinya. Atau mungkin, kamu belum pernah melakukan salah satu daftar kegiatan sebagai relawan.

Pengalaman adalah guru yang terbaik

Yang namanya relawan tidak jauh dengan kata survive. Jadi, kamu bisa banyak belajar untuk bertahan dengan apapun yang mungkin terjadi. Lingkungan baru pasti akan memberimu hal-hal baru yang terkadang tidak terduga dan penuh kejutan.

5. Banyak hal yang bisa kamu ambil dan kamu pelajari

Belajar menyatu dengan alam via https://zonamadina.wordpress.com

Yang penting dan berharga dari kegiatan volunteer adalah ilmunya. Banyak hal baru yang bisa kamu ambil dan kamu maknai. Entah itu belajar dengan dunia yang berbeda dari biasanya, belajar mengenal orang baru, belajar berumah tangga, belajar untuk lebih mandiri, belajar bertanggungjawab, atau belajar bersyukur dengan apa yang kamu miliki.

Belajar bisa dimanapun, kapanpun, dan dengan siapapun.

Setiap hal baik yang kamu lakukan, suatu saat akan bermanfaat baik pula untuk kehidupanmu ke depannya. Jadi, masih yakin mau diam di rumah saja? Tidak mau berkegiatan sebagai relawan? Hidupmu kurang piknik.