Semua orang pasti pernah memiliki luka pada tubuh mereka, baik itu luka ringan maupun berat. Penyebab luka juga bisa bermacam-macam mulai dari luka karena garukan, teriris pisau, luka bakar, luka operasi, sampai luka akibat kecelakaan. Jika luka pada kulit termasuk ringan, penyembuhannya akan berlangsung lebih cepat, biasanya dalam 3 atau 5 hari saja.

Namun, untuk luka yang lebih berat semacam luka kecelakaan atau luka operasi waktu penyembuhan akan menjadi lebih lama. Kenapa? Karena jaringan kulit yang rusak biasanya lebih luas dan dalam, sehingga tubuh perlu waktu lama untuk pemulihan jaringan rusak tersebut. Belum lagi, luka berat biasanya cenderung lebih rentan terjadi infeksi apalagi jika perawatannya tidak higienis.

Bukan sembuh yang didapat, justru luka akan semakin parah terkadang sampai bernanah yang otomatis waktu penyembuhannya akan semakin lama juga. Perawatan luka memerlukan obat-obatan, biasanya berbentuk salep atau cairan anti septik dari bahan kimia tertentu untuk dioleskan pada lukanya. Tetapi, tahu nggak kalau ternyata ada banyak bahan-bahan alami untuk pengobatan luka yang dapat dengan mudah dijumpai di sekitar kita atau bahkan di dapur sekalipun.

Bahkan beberapa diantaranya juga sudah didukung dengan bukti-bukti ilmiah dan berdampak baik pada proses penyembuhan luka. Nggak percaya? Inilah obat-obat tradisional yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi!

1. Madu murni

Madu Murni via http://google.com

Madu adalah bahan alami pertama untuk mempercepat penyembuhan luka. Menurut beberapa temuan, madu bahkan dikatakan lebih efektif daripada antibiotik biasa. Dalam tes laboratorium, madu telah terbukti dapat membunuh sebagian besar bakteri dan dapat mencegah infeksi. Tapi harus dipastikan kamu menggunakan madu murni untuk mengobati luka, karena madu yang sudah diolah tidak akan memiliki enzim yang tepat untuk melakukan tugasnya.

Saat madu bertemu dengan darah dan jaringan luka, hidrogen peroksida diproduksi melalui reaksi enzim glukosa oksidase. Ini dilepaskan perlahan, dan memberikan aktivitas anti bakteri, sekaligus menjaga jaringan tetap sehat dan tidak rusak.

2. Bawang putih

Bawang Putih via http://bawangputih.org

Advertisement

Alisin dalam bawang putih telah terbukti seefektif penisilin 1%. Ini merupakan zat anti bakteri dan anti jamur yang kuat yang dapat menyembuhkan hampir semua jenis luka. Bawang putih juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan baik untuk pencegahan infeksi. Namun, di samping besar manfaatnya ternyata bawang putih juga bisa merusak kulit jika digunakan terlalu lama. Sebaiknya jangan biarkan bawang putih menempel pada kulit lebih dari 20 menit.

3. Cabe rawit

Cabe Rawit via http://www.google.com

Siapa sangka bumbu masak dengan rasanya yang pedas ini bisa menyembuhkan luka dengan cepat. Cabe rawit rupanya sangat bagus untuk mempercepat pembekuan darah diarea yang luka, yaitu hanya sekitar 10 sampai 12 detik saja. Bukan hanya itu saja, cabe rawit juga dapat mensterilkan luka karena kandungan anti jamur dan anti bakterinya.

4. Kentang

Kentang memiliki jenis tarikan gravitasi yang membawa keluar infeksi dari jenis luka atau abses. Buat pasta kentang mentah dari kentang parut dan balurkan pada luka kemudian balut dengan perban steril dan dibiarkan semalaman. Hal ini akan membuat peradangan pada luka berkurang dan tidak akan ada kemungkinan infeksi.

5. Lidah buaya

Lidah Buaya via http://www.google.com

Kita semua tahu lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka bakar, tapi getah dari tanaman lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati luka, goresan dan luka lainnya. Cukup potong tangkai tanaman lidah buaya dan mengaplikasikannya pada luka setiap beberapa jam, hal ini dapat mengurangi waktu penyembuhan secara signifikan.

6. Kunyit

Kunyit adalah metode lain yang efektif untuk mengobati infeksi yang dapat diterapkan pada luka. Kunyit bermanfaat sebagai desinfektan dan antiseptik. Sebagai alternatif, tambahkan bubuk kunyit dalam susu hangat dan minum setiap hari. Ini dapat mengobati infeksi sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Selain dengan diminum, anda bisa secara langsung mengoleskannya pada luka. Caranya dengan membuat pasta dari parutan kunyit atau kunyit bubuk tambahkan air atau minyak kelapa dan tempelkan pada luka.

7. Teripang emas

Tahukah kamu bahwa teripang bisa sangat bermanfaat untuk membuat luka hilang begitu cepat Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi teripang atau timun laut dan ekstraknya dapat mempercepat penyembuhan luka. Timun laut dikenal luas karena kemampuannya untuk menumbuhkan jaringan tubuhnya sendiri saat terluka. Beberapa penelitian percaya bahwa keuntungan ini akan sangat bermanfaat bagi manusia jika mereka mengkonsumsi timun laut.

Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marine Drug membuktikan bahwa asam arachnodic yang terkandung dalam teripang adalah salah satu senyawa yang memiliki tanggung jawab untuk mempercepat penyembuhan luka.

8. Daun pegagan

Daun Pegagan via http://pegagan.org

Banyak herbalis menggunakan pegagan dalam salep untuk mengobati berbagai kondisi kulit serta membantu menyembuhkan luka ringan dan mencegah bekas luka. Daun dan batangnya mengandung triterpenoid, senyawa yang ditunjukkan dapat membantu menyembuhkan luka, berdasarkan laporan University of Maryland Medical Center.

Itulah ke tujuh bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat penyembuhan luka secara alami. Tapi ingat ya, selalu minta petunjuk dokter sebelum mencoba pengobatan dengan cara ini!