Memasuki tahun keempat jelang tahun kelima setelah wisuda sarjana, apakah kamu mendapati hidupmu telah berubah secara signifikan? Atau justru tidak ada perubahan yang berarti barang satupun?

Teman kuliah yang paling akhir lulus, kini sukses besar dengan usaha butiknya. Rupanya selama kuliah dulu ia banyak melewatkan kelas karena memang sekaligus sibuk mengembangkan usaha jual beli pakaian yang fashionable. Sepupu jauh yang biasanya sering digembar-gemborkan keluarga sebagai anak yang kerap mengabaikan pelajaran dan lebih suka corat-coret gambar di buku, kini menjadi bos konveksi kaus bergambar atau urban shirt. Tetangga samping rumah yang dulu biasa-biasa saja dan hanya lulusan SMA, sekarang sudah punya rumah sendiri hasil dari usaha dagangnya serta tinggal bersama pasangan dan anak-anaknya yang berusia sekitar lima tahunan.

Kemudian kamu menilik diri sendiri, pekerjaan memang sudah tetap, namun masih tinggal di rumah kontrakan, belum mampu beli kendaraan pribadi, dan justru menimbun beberapa hutang di bank atau pinjaman ke rekan kerja, saudara, dan orang tua. Kamu pun merasa masa empat tahun kuliah seperti tak ada gunanya karena hidupmu tetap stagnan hingga saat ini.

Kamu tidak perlu menjadikan orang lain atau pendidikan sebagai kambing hitam. Lakukan saja perencanaan keuangan atau financial planning mulai detik ini. Salah satu instrumen yang akan kamu butuhkan adalah pos pendapatan. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penghasilan kamu setiap bulan.

1. Tidak sungkan meminta kenaikan gaji

memang sudah seharusnya naik

memang sudah seharusnya naik via https://gandengtangan.org

Seperti kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan, kamu mungkin tidak akan pernah mendapatkan kenaikan gaji selamanya jika tidak mengajukan permohonan ke atasan. Perlu diingat juga, kamu harus membuktikan bahwa kamu pantas mendapatkannya. Tunjukkan bahwa kamu membawa banyak perkembangan untuk perusahaan.

2. Jual barang-barang bekas

bekas jadi duit

bekas jadi duit via https://gandengtangan.org

Advertisement

Apa salahnya menjual barang-barang yang tersimpan di dalam gudang rumah? Toh, kamu tidak menggunakannya, kan? daripada barang tersebut berdebu sampai lapuk dan sia-sia menjadi fosil, menjualnya akan menambah pemasukanmu bulan ini. Ini seperti simbiosis mutualisme, siapa tahu ada banyak orang di luar sana yang lebih membutuhkannya.

3. Ubah hobi jadi uang

hobi2 menghasilkan

hobi2 menghasilkan via https://gandengtangan.org

Untuk kamu yang suka mengajar, bisa menerima kelas privat untuk anak sekolah. Untuk kamu yang suka bunga, bisa mengubahnya jadi rangkaian bunga dan dijual ke orang-orang terdekat yang mungkin butuh karangan bunga sebagai ucapan selamat ulang tahun atau selamat wisuda. Yang jelas, kenali hobimu dan cari peluang untuk menjadikannya sebagai salah satu penghasil uang.

4. Kerja sampingan yang menyenangkan

cari2 sampingan

cari2 sampingan via https://gandengtangan.org

Saat bicara kerja sampingan, kamu mungkin merasa capek duluan sebelum melakukannya. Kesannya seperti menambah kesibukan di tengah hari-hari yang sudah sibuk. Asalkan pandai-pandai mencari, kamu pasti akan menemukan kerja sampingan yang justru menyegarkan jiwa dan raga, loh. Misalnya, buat penyuka binatang bisa menjaga hewan peliharaan, buat penyuka fotografi bisa menawarkan jasa foto pada teman dan kenalan, dan lain sebagainya.

Advertisement

5. Lakukan Hal-Hal Baru

coba-coba aja dulu

coba-coba aja dulu via https://images.unsplash.com

Sesuatu yang dilakukan terus-menerus, berulang-ulang pasti akan menimbulkan kebosanan. Sayangnya kita gak punya kebebasan untuk berhenti dari rutinitas tersebut kalau sudah menyangkut pekerjaan. jangan khawatir, kamu gak harus berhenti dari pekerjaan kamu sekarang kok, kamu cuma perlu percikan sesuatu yang baru.

Misalnya cukup alokasikan satu hari atau beberapa jam di waktu libur untuk mencoba hal-hal baru seperti menulis di blog, hunting photo, menggambar, dan apa pun yang belum pernah kamu coba. Siapa tahu dari situ kamu bisa punya pendapatan baru. Menjamurnya situs pekerja lepas bisa jadi peluang kamu. Namanya mencoba, pasti gak akan langsung jadi jago. So, gak usah takut gagal. Kuncinya adalah: Do it!

Adanya perencanaan pemasukan dalam financial planning yang kamu buat, tentu akan membuat hidupmu lebih teratur. Arahkan hidupmu agar terus mengalami perkembangan dan tidak lagi stagnan seperti sekarang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya