Banyak ladies yang penasaran ingin mengetahui rahasia untuk memiliki kulit wajah sehat dan awet muda seperti yang dimiiki Raline Shah. Jika mengamati keseharian Raline Shah di media sosialnya maka kita akan mengetahui rahasia kulit wajahnya yang sehat dan awet muda.

Untuk memiliki kulit bening dan awet muda diperlukan perawatan dari dalam dan luar tubuh yang meliputi gaya hidup sehat dan penggunaan skin care yang tepat. Melakukan gaya hidup sehat dan menggunakan skin care harus disiplin dan konsisten agar hasilnya optimal.

Apa saja rahasia kulit wajah sehat dan awet muda seperti Raline Shah? Yuk kita contoh dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari!

1. Olahraga rutin

Raline Shah sedang yoga

Raline Shah sedang yoga via https://www.instagram.com

Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh terutama melancarkan peredaran darah. Darah berfungsi untuk mengedarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke sel-sel kulit wajah. Jika sel-sel kulit cukup mendapatkan nutrisi dan oksigen maka sel akan bekerja secara optimal termasuk regenerasi sel-sel kulit baru sehingga kulit tampak awet muda.

Pilihlah olahraga yang ladies sukai atau yang mudah dilakukan secara rutin seperti jogging, lari pagi, zumba atau yoga.

2. Lebih banyak konsumsi sayur dan buah

Buah dan sayur yang sehat untuk tubuh

Buah dan sayur yang sehat untuk tubuh via https://pixabay.com

Advertisement

Sayur dan buah-buahan mengandung banyak serat, vitamin, mineral dan antioksidan. Selain perawatan kulit dari luar, kita juga wajib memberi nutrisi dari dalam untuk kulit dengan mengonsumsi makanan segar yaitu sayur dan buah.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah dan sayur akan meminimalkan pengaruh radikal bebas dan polusi yang menyebabkan kulit kusam. Sementara vitamin dan mineral berguna untuk menunjang regenerasi sel-sel tubuh termasuk sel kulit sehingga kulit tampak cerah dan bersinar.

3. Hindari stress berlebihan

Menikmati liburan

Menikmati liburan via https://www.instagram.com

Stress mempengaruhi kerja metabolisme tubuh termasuk kerja sistem saraf dan pengaturan hormon sehingga keseimbangan di dalam tubuh terganggu yang dapat terlihat dari kulit yang kusam, kering dan rambut rontok. Stress adalah hal yang normal terjadi dan tubuh kita memiliki mekanisme untuk mengatasinya namun jika berlebihan maka akan mengganggu kesehatan termasuk kesehatan kulit.

Advertisement

Kulit tampak lebih tua dan garis-garis halus di wajah lebih cepat muncul diakibatkan oleh stress berlebihan. Oleh karena itu, stress harus dikelola dengan cara memberikan hak tubuh dan pikiran untuk beristirahat dan rekreasi. Pergi berlibur atau melakukan kegiatan yang kita sukai seperti membaca buku, memasak atau berkumpul bersama teman dapat melepaskan beban pikiran dan stress sehingga hormon kortisol berkurang digantikan oleh endorfin yang membuat bahagia.

4. Tidur berkualitas dan jauhi begadang

Wajah segar setelah bangun tidur

Wajah segar setelah bangun tidur via https://pixabay.com

Tidur bermanfaat untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh sehingga tubuh dapat meregenerasi sel-selnya. Malam hari adalah waktunya kulit memperbaiki sel tubuh serta menjaga kelembapannya. Karena di malam hari HGH (Human Growth Hormone) kulit wajah akan bekerja meregenerasi sel kulit yang sudah tua.

Tidur yang cukup membuat kulit terlihat segar pada pagi hari dan mendukung kerja kolagen sehingga kulit tetap kenyal karena otot-otot wajah dapat rileks dan tidak bekerja keras sehingga menimbulkan keriput dan garis halus pada wajah.

5. Cukup minum air putih

Minum air putih penting

Minum air putih penting via https://pixabay.com

Minum air putih dianjurkan 8 gelas atau sekitar 2 liter sehari. Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh yaitu untuk proses metabolisme, membuang racun, membawa sari makanan di dalam pembuluh darah dan menjaga kadar cairan dan kelembapan di dalam tubuh. Oleh karena itu, agar kulit lembab dan tidak mudah keriput, kita wajib minum air putih yang cukup.

6. Wajib memakai sunscreen dan pelembab

Krim pelembab dan serum

Krim pelembab dan serum via https://www.instagram.com

Agar terhindar dari keriput dan penuaan dini, kelembapan wajah dan perlindungan dari sinar matahari merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Gunakan pelembab dan sunscreen dengan SPF tinggi setiap hari karena kita masih dapat terpapar radiasi matahari meskipun di dalam ruangan.

Penggunaan pelembab juga dapat mengurangi dehidrasi kulit terutama bagi karyawan yang bekerja di ruangan ber-AC. Kulit kering akan lebih mudah untuk keriput dan terbentuk garis-garis penuaan di wajah.

7. Rutin Membersihkan Wajah

Wardah Micellar Water

Wardah Micellar Water via https://www.instagram.com

Membersihkan wajah merupakan tahapan penting dari perawatan kulit yang sering diabaikan karena sudah terlalu capek atau malas dilakukan setelah pulang dari beraktivitas. Kotoran seperti debu dan polusi melekat di kulit wajah yang jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan jerawat dan kulit kusam. Oleh karena itu pembersihan wajah penting sebelum dan setelah penggunaan make up untuk beraktivitas seharian.

Agar benar-benar bersih tahapan membersihkan wajah ini bisa beberapa langkah dengan beberapa kosmetik seperti make up remover, micellar water, cleansing milk dan cleansing foam. Sebelum tidur pastikan kulit wajah dalam keadaan sudah dibersihkan.

Semoga ladies bersemangat untuk menjalankan gaya hidup sehat dan merawat kulit ya agar kulit ladies sehat dan awet muda seperti Raline Shah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya