Selalu ada rasa syukur dan bahagia yang hadir di setiap momen pergantian tahun tepatnya saat pertambahan umur. Tak heran jika doa “Semoga panjang umur dan sehat selalu!” selalu terulang setiap tahunnya karena tidak semua orang dapat menikmatinya.

Uniknya, ada beberapa negara yang sudah terbukti jika penduduknya mempunyai umur panjang, seperti Eropa Selatan, Jepang, Spanyol, dan beberpa negara lain. Diduga diet dan gaya hidup menjadi biang keladi dari panjangnya usia rata-rata penduduknya. Namun, terlepas dari itu semua ada beberapa cara yang dapat kamu coba agar mempunyai umur panjang tak lagi impian:

1. Pola makan ampuh ala Negri Sakura

Pola makan sehat via http://www.go-dok.com

John Beard, Direktur Aging and Life-course dari World Health Organization (WHO) mengungkapkan bahwa sebagian besar penyebab orang Jepang rata-rata memiliki umur di atas 64 tahun adalah pola makan tradisional mereka. Di mana pola yang di maksud adalah memasukkan cukup banyak makanan berbahan ikan segar dan sayuran yang dikombinasikan dengan daging berlemak rendah. Selain itu, tata kotanya yang lebih hijau serta banyaknya kegiatan luar seperti berolahraga yang dilakukan penduduk Jepang juga salah satu kunci umur panjang mereka.

2. Diet ala Mediterania (Eropa Selatan)

Diet Mediterania via http://www.go-dok.com

Banyak di antara kalian yang tidak tahu apa itu diet Mediterania, sebenernya ini adalah pola diet yang sederhana di mana mengutamakan mengonsumsi makanan sehat agar terhindar dari risiko penyakit stroke dan jantung, hal ini juga diperkuat dengan studi pada tahun 2013. Kabar baiknya lagi diet ini juga dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh sekaligus mengurangi risiko penyakit kanker, parkison dan alzheimer. Bahkan jika ditambah minyak zaitun dan campuran kacang secara teratur dapat menurunkan risiko kanker payudara. Banyak sekali bukan manfaatnya? Tertarik melakukannya?

3. Tertawa

Advertisement

"Tertawalah, Sebelum Tertawa itu Dilarang" kamu pasti tidak asing dengan jargon yang dipopulerkan oleh grup lawak legendaris Warkop DKI. Tak sekedar jargon, ternyata tertawa mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh menurut ilmuan di University of Illinois, bahwa hati yang memiliki suasana positif akan mengurangi hormon stres dan meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat memperpanjang umur. Eits, tapi jangan tertawa tanpa alasan terlalu sering ya jika tidak ingin dianggap gila, hehe.

4. Perbanyak silaturahmi

Silaturahmi via http://www.go-dok.com

Terkadang ada rasa 'mager' di saat diharuskan untuk bersilaturahmi terlebih kepada saudara jauh yang sudah lama tak bertemu. Bukan tanpa alasan, keterbatasan pembicaraan dan rasa canggung terkadang adalah kondisi yang terkadang membuat berat hati. Tapi tahukah kamu, sebenarnya silaturahmi memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, seperti meredakan stres dan rasa cemas, memecahkan masalah, memperpanjang umur dan meningkatkan sitem imun.

5. Berpikir positif

Lagi-lagi 'Berpikiran Positif' menjadi primadona dalam memanjangkan umur. Tak heran karena rasa benci yang bersemayam dari hati hanya akan menjadi penyakit yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi, mulai hari ini jauh-jauhi penyakit hati ya!

Gimana? Ingin punya umur panjang? Silahkan coba tips di atas!