#RamadhanSeruGetPlus-Tetap Asyik dan Berkesan Jalankan Puasa Ramadhan, Meskipun Jauh dari Kampung Halaman

Puasa Sendirian di Perantauan? Nggak Masalah Kok!

Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Keistimewaan yang hanya ada di Bulan Ramadhan sudah tentu menjadi alasan kenapa umat muslim selalu menantikan hadirnya Bulan Ramadhan. Apalagi jika dijalani bersama dan berkumpul dengan keluarga.

Tapi lain dengan yang dialami oleh anak rantau. Sebagai anak rantau pasti tahu bagaimana rasanya menjalani ibadah puasa Ramadhan jauh dari keluarga. Mereka bisa jadi anak rantau karena melanjutkan sekolah, kuliah atau bekerja baik di dalam atau di luar negeri. Apalagi, tahun ini pemerintah kembali memberlakukan aturan dilarang mudik lebaran untuk menekan penyebaran penularan virus saat Pandemi seperti ini

Meski terlihat menyedihkan, tapi puasa di perantauan juga bisa jadi seru kok, mau tau nggak gimana caranya? coba cek yuk gimana anak rantau bisa tetep asik jalani puasa Ramadhan terus jadi #RamadhanSeruGetPlusnya anak kos!

Advertisement

1. Siapkan Menu Buka Puasa

Photo by Google Images

Photo by Google Images via https://www.google.com

Kegiatan menyiapkan menu berbuka  ternyata menjadi salah satu cara seru untuk menunggu waktu berbuka tiba atau yang biasa disebut ngabuburit.  Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara memasak. Memasak menu berbuka ternyata seru terlebih saat kita menyiapkan bahan dan bumbu pelengkap masakan tersebut. 

Untuk anak kos, coba deh untuk memasak hidangan yang simpel menggunakan bahan atau bumbu yang tersedia dikamar kosmu, atau, kalau kamu memang pengin nambahin bahan tapi males keluar, kamu juga bisa belanja online kan. Salah satunya belanja pakai aplikasi GetPlus, belanjanya gampang, ada evoucher dan rewardnya. Tinggal tunggu bahan-bahan yang kamu pilih diantar aman sampai depan kos kamu. Pada saat mulai mengolah semua bumbu yang ada, biasanya waktu akan terasa lebih cepat, tanpa terasa udah masuk waktu berbuka.

Advertisement

2. Berburu Takjil

Photo by Tribun News

Photo by Tribun News via https://m.tribunnews.com

Cara seru puasa Ramadhan anak rantau selanjutnya adalah berburu takjil. Untuk anak rantau biasanya selalu menyempatkan untuk meluangkan waktu berburu takjil sendiri untuk berbuka puasa, biasanya selepas pulang kantor.

Berbagai menu camilan khas puasa seperti kolak pisang, aneka jajanan pasar, kurma, bahkan nasi bungkus banyak tersaji di sekitar kos, perkantoran dan di berbagai tempat. Pada saat kamu asyik memilih berbagai menu yang hendak dibeli, biasanya membuat waktu terasa lebih cepat mendekati waktu berbuka.

3. Ikut Kegiatan Sosial

Advertisement
Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Selain berburu takjil, kamu sebagai anak rantau juga bisa menjadikan puasa ramadhanmu lebih asyik, seru dengan mengikuti kegiatan sosial.  Dengan mengikuti kegiatan sosial kamu juga bisa belajar lebih peka dan lebih rajin berbagi. Bentuknya bisa berupa berbagi takjil gratis, berbagi menu sahur, atau bahkan sedekah materi. Tidak perlu dalam jumlah besar, yang terpenting adalah kita ikhlas.

Bisa dilakukan secara langsung atau pun online. Dimasa pandemi seperti ini sudah sangat banyak jalan berbagi secara online, selain aman sesuai protokol kesehatan, amanah, ini juga cocok buat kamu yang betah rebahan. Contohnya dari aplikasi GetPlus. Serunya berbagi di bulan ramadhan dengan aplikasi getplus salah satunya yaitu dengan mendonasikan poin yang dimiliki di akun masing-masing yang dilakukan dengan menukarkan voucher donasi yang sudah tersedia di aplikasi tersebut loh.. Selain seru, kamu juga bakalan nabung pahala. Keren abis!

4. Berbelanja Online atau Offline

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Siapa yang nggak suka belanja untuk mengisi waktu? Rasanya hampir saja tidak ada. Banyak orang yang suka berbelanja. Berbelanja bisa jadi cara ngabuburit asyik selama bulan Ramadhan. Untuk anak rantau, tentu tidak boleh menghabiskan uang dalam sekejap mata. Kamu  harus memikirkan untuk berbelanja apa yang kamu butuhkan dan tetap berhemat untuk biaya hidup selama di perantauan kan?

Salah satu caranya dengan menggunakan aplikasi Reward Program GetPlus. Berbelanja kebutuhan Ramadhan sampai Lebaran rasanya lebih seru karena mengumpulkan poin dengan cara belanja online di banyak merchant online yang tersedia di aplikasi tersebut. Kenapa seru? Karena nantinya poin itu bisa ditukarkan dengan banyak reward yang jadi pilihanmu. Anak kos darimana yang nggak suka mendengar kata diskon, bonus, reward, dan kawan-kawannya? pasti nggak ada. Asyik berbelanja, pasti akan membuat waktu menunggu saat berbuka terasa lebih cepat

5. Adakan Buka Bersama

Photo by Kumparan

Photo by Kumparan via https://kumparan.com

Kegiatan lain yang menjadi khas bulan Ramadhan selain berbagi takjil dan sahur secara gratis adalah bukber atau buka bersama. Kegiatan ini biasa dilakukan bersama keluarga, teman sekolah, kuliah, atau teman kantor. Pandemi yang masih ada di Indonesia setahun ini membuat Ramadhan tahun lalu sepi kegiatan buka bersama. Hal ini tentu membuat anak rantau biasanya semakin merasa sepi. 

Tapi banyak juga anak rantau yang tetap bisa melakukan acara buka bersama baik dengan virtual video call, saling kirim menu berbuka dan makan didepan ponsel atau aplikasi zoom,  sengaja mengunjungi temannya yang juga anak rantau untuk kemudian makan bersama di kos atau kontrakan, bahkan ada juga yang tetap mengadakan buka puasa bersama dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Salah satu caranyanya dengan memilih merchant yang ada di aplikasi Getplus. Karena di aplikasi ini tidak hanya mempermudah kita untuk berbelanja online,  tapi juga terdapat beberapa informasi merchant food & beverage dan juga cafe, kalian tentu bisa memilih untuk pesan antar atau makan ditempat sama temen, atau sahabat kamu di perantauan.

Gimana nih SoHip, seru dan asik kan tipsnya? walaupun puasa Ramadhan di perantauan, rasanya tetep seru ya.. Apalagi kalau di smartphone kamu ada aplikasi GetPlus. Udah pasti asyik tuh..Segera download deh. Apalagi bagi 5000 (limaribu) member pertama bisa dapetin promo khusus pada saat register akun GetPlus lewat penggunaan kode referral. Belanja hemat tetep bisa cuan, ngumpulin pahala lewat berbagi online, banyak promo seru di bulan Ramadhan pula, puasa Ramadhanmu sebagai anak rantau dijamin nggak akan sepi lagi

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE