8 Februari 2016 jatuh pada hari Senin sebagai peringatan hari raya Imlek. Tentunya, kebahagiaan ini tidak hanya untuk etnis Thionghoa yang merayakan Imlek, tapi juga etnis lainnya karena dapat berlibur panjang. Namun sering kali, kita merasa malas berlibur jauh karena waktu atau dana yang tidak cukup. Tak perlu jauh-jauh, kamu  bisa ke Bogor. Tidak hanya wisata Kebun Raya Bogor, Taman Safari, atau Puncak Bogor yang pasti terlalu padat pengunjung di liburan panjang ini, Bogor menyajikan tempat berlibur yang menarik untuk dikunjungi. Mana saja tempat wisata di Bogor yang menyajikan nuansa alam menyegarkan dan petualangan seru? Berikut destinasi wisata Bogor yang tidak boleh kamu lewatkan untuk menghabiskan liburan Imlek.

 

 

1. Kampung budaya Sindangbarang menyajikan kesenian Sunda

Pertunjukkan Kesenian Sunda

Pertunjukkan Kesenian Sunda via http://westjavatourism.info

Perpaduan wisata buatan yang alami menghadirikan suasana perkampungan budaya Sindangbarang. Kamu seolah-olah berada dalam masa Kerajaan Sunda. Kamu juga dapat mempelajari kesenian Sunda atau kearifan lokalnya di samping menikmati panorama alam yang hijau dan udara yang bersih. Di sana, ada 6 bangunan rumah adat, 4 bangunan di antaranya disewakan untuk pengunjung yang ingin homestay, 2 bangunan sisanya dijadikan kantor, mushola, dan lumbung padi. 

2. Paralayang bagi kamu yang ingin terbang

Sensasi Terbang Paralayang Tandem

Sensasi Terbang Paralayang Tandem via http://tumpahancatatan.blogspot.co.id

Untuk kamu yang menyukai wisata yang mengundang andrenalin, kamu wajib mencoba paralayang. Lokasi paralayang terletak 300 m dari Masjid At-Ta’awun dari arah Jakarta. Kamu belok kiri saat ketemu pertigaan. Di sana, kamu akan terbang tandem bersama pelatih yang sudah berpengalaman terbang selama bertahun-tahun. Jadi, kamu tidak perlu harus belajar dulu atau takut jatuh saat terbang. Jika kamu cuaca sedang cerah dan angin bertiup sempoi-sempoi, kamu bisa terbang selama 10–15 menit di langit. Biaya sekali merasakan terbang di langit kamu perlu bayar Rp350.000. Biaya ini sudah termasuk perlengkapan dan transportasi kembali ke atas Flying Standing dari tempat landing dibawah.

3. Duduk menepi di Situ Gede menepis gelisah

Mengitari Situ dengan rakit

Mengitari Situ dengan rakit via http://tempatwisatadibogor.net

Situ Gede tempat wisata yang banyak dikunjungi penduduk Bogor. Di sana, kamu bisa memancing sambil berperahu atau sekadar bersantai di area hutan Darmaga yang terletak di pinggir Situ Gede. Hutan Darmaga merupakan hutan penelitian miliki Kementerian Perhutanan RI. 

4. Kebun durian Warso Farm

Warso Farm

Warso Farm via http://wisatapedi.com

Bagi Kamu  mencinta durian. Kamu bisa mengunjungi Warso Farm sebagai lokasi wisata kamu. Tempat yang memiliki luas 8,5 H ini menyajikan beraneka jenis pohon durian. Kamu bisa berkeliling dan melihat buah durian yang masih menggantung di pohonnya. Selain durian, kebun ini dilengkapi jenis buah naga. Namun, kamu tidak dapat memetik buah durian dan buah naga dari pohonnya karena petugas di sana telah menyediakannya untuk kamu bawa pulang.

5. Mengingat sejarah Indonesia dengan kunjungi Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis via http://sepanjangjk.wordpress.com

Jika kamu  penggemar sejarah Indonesia, kamu bisa berkunjung ke Prasasti Batu Tulis. Prasasti Batu Tulis merupakan peninggalan dari Kerajaan Padjadjaran. Pada Prasasti Batu Tulis, aksara Sunda kuno terpahat di dalamnya. Kamu akan menambah pengetahuanmu jika berkunjung ke wisata ini

6. Berpiknik di Melrimba Garden

Di sini, kamu tidak akan menghabiskan banyak uang untuk berlibur. Melrimba Garden menyajikan keindahan alam yang membuatmu merasa tenang. Kamu bisa tidur-tiduran santai di rumput taman itu sambil menikmati keindahan bunga. Melrimba Garden disediakan sarana keluarga bermain, seperti firefox, outbound, fun fishing, kids playing, stawberry pick & eat, serta kantin yang menyediakan aneka makanan jika kamu lupa membawa bekal.

7. Wisata Kota Bunga

Pintu Masuk Kota Bunga

Pintu Masuk Kota Bunga via http://villapuncak.weebly.com

Wisata Kota Bunga terdapat di komplek Villa mewah yang di dalamnya terdapat danau buatan yang indah dan cantik. Wisata ini menyediakan villa untuk kamu bermalam. Selain itu, taman bermain dan fasilitas umum disediakan untuk para pengunjung. Harga masuk ke wisata Kota Bunga gratis sehingga tidak menguras isi kantong kamu.

8. Melepas penat di Puncak Pass

Horizon Puncak Pass

Horizon Puncak Pass via http://hpgrumpe.de

Hijau sawah dan bukit yang berpadu birunya langit serta dihiasi putihnya awan yang menyelimuti merupakan pemandangan yang akan kamu lihat saat berada di Puncak Pass. Keindahan alam terlebih pesonanya matahari terbit atau terbenam menjernihkan pikiranmu. Panorama dari Puncak Pass sangat cocok untuk kamu yang ingin melepaskan kepenatan dari rutinitasmu.

Bagaimana 8 destinasi wisata Bogor yang tidak boleh kamu lewatkan di atas? Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat itu untuk menghabiskan liburan panjang perayaan Imlek. Kamu juga tidak perlu menghabiskan banyak uang karena 8 destinasi wisata Bogor tersebut tidaklah mahal. Lokasinya yang dekat dari Jakarta merupakan poin penting lainnya. So, having fun for your long holiday.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya