Revolusi Teknik Mengeriting Rambut dari Masa ke Masa. Makin Canggih ya~

The Revolution of Hair Curling Techniques from Time to Time

Rambut merupakan mahkota bagi kaum wanita. Setiap wanita melakukan berbagai cara agar rambut mereka terlihat indah dan cantik. Ada yang bereksperimen dengan mewarnai rambut, memotong atau memanjangkan rambut, hingga merubah tatanan rambut mereka dari lurus menjadi keriting maupun sebaliknya menggunakan berbagai jenis hair styling tools. Hal tersebut dilakukan tiada lain bertujuan agar rasa percaya diri mereka semakin meningkat dengan tampilan gaya rambut yang berbeda.

Mangikuti perkembangan jaman, rambut lurus dan panjang yang ‘dicap’ sebagai rambut ideal mulai pudar. Dahulu, wanita yang memiliki rambut keriting berlomba-lomba untuk memiliki rambut ideal tersebut dengan melakukan rebonding maupun smoothing. Namun sekarang, para wanita dengan rambut keriting mulai percaya diri dengan rambut mereka dan merawatnya dengan baik sehingga rambut keriting mereka pun terlihat cantik dan sehat, seperti yang dilakukan oleh artis-artis Hollywood yaitu Lorde, Zendaya, dan Alicia Keys. Tak hanya artis Hollywood, artis dalam negeri seperti Wizzy, Sahira Anjani, dan Tatyana Akman pun tampil percaya diri dengan membiarkan rambut keritingnya terurai indah di setiap kesempatan. Hal ini kemudian membuat rambut keriting makin digemari, bahkan tak jarang beberapa orang rela mengeriting rambut lurusnya untuk mendapatkan tampilan unik tersebut, seperti yang dilakukan oleh Tara Basro di pertengahan September tahun 2018 lalu.

Mendapatkan rambut keriting di jaman sekarang ini terlihat cukup mudah karena didukung dengan perkembangan alat-alat kecantikan yang semakin modern pula. Namun tahukah Anda bagaimana usaha para wanita dari masa ke masa untuk mendapatkan rambut keriting? Berikut merupakan rangkumannya.

Advertisement

1. Tahun 1866

Teknik mengeriting rambut dengan menggunakan logam panas

Teknik mengeriting rambut dengan menggunakan logam panas via https://www.briliio.net

Tahukah Anda teknik mengeriting rambut ternyata sudah ada sejak tahun 1866? Tepatnya pada 21 Agustus 1866 seorang pria bernama Hiram S. Maxim mematenkan alat pengeriting rambut pertama di dunia. Alat tersebut memiliki model seperti penjepit rambut dari logam yang dipanaskan. Teknik ini bisa memakan waktu berjam-jam dan membutuhkan lebih dari satu petugas salon untuk menanganinya.

2. Tahun 1960-an

Teknik mengeriting rambut menggunakan roll rambut

Teknik mengeriting rambut menggunakan roll rambut via https://www.topikkunik.com

Di era ini, alat yang lebih simple mulai muncul, yaitu roll rambut. Umumnya, roll rambut ini berbahan plastik. Penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan menggulung-gulung rambut yang kemudian dijepit. Diamkan selama beberapa jam dan rambut Anda akan berubah menjadi keriting. Tak hanya roll rambut, teknik mengeriting rambut menggunakan kertas Koran pun cukup popular pada saat itu. Sama seperti penggunaan roll, rambut pun digulung menggunakan kertas koran yang kemudian diikat.

Advertisement

3. Tahun 2000-an

Teknik mengeriting rambut menggunakan catokan

Teknik mengeriting rambut menggunakan catokan via https://kawaiibeautyjapan.com

Alat catok rambut mulai digemari pada tahun 2000-an. Ada yang berfungsi untuk meluruskan rambut dan ada pula yang untuk mengeriting rambut. Semakin berkembangnya teknologi, alat catok ini pun terus diperbaharui dengan menerapkan penggunaan bahan yang aman bagi rambut. Seperti salah satunya dengan melapisi alat catok tersebut dengan keramik, titanium, maupun tourmaline. Hal ini dilakukan demi menjaga kondisi rambut agar tidak mudah rusak karena terkena panas dari alat catok setiap harinya.

4. Tahun 2014

Teknik mengeriting rambut menggunakan jedai

Teknik mengeriting rambut menggunakan jedai via https://www.teen.co.id

Tak mau rambut Anda rusak karena keseringan memakai alat catok untuk membuat rambut menjadi keriting? Cara ini patut dicoba. Sekitar tahun 2014, trend jepit jedai mulai muncul di kalangan siswi SMA. Jedai sendiri merupakan singkatan dari jepit badai, yang berarti setelah memakai jepit tersebut, rambut akan menjadi ikal di bagian bawah dan terlihat badai. Badai disini maksudnya adalah rambut yang terlihat indah. Anda tinggal menggulung-gulung rambut yang kemudian dijepit menggunakan jedai. Dalam waktu beberapa jam saja, ketika jedai dibuka, rambut keriting badai bisa Anda dapatkan.

5. Tahun 2018

Proses melakukan hair perming

Proses melakukan hair perming via https://id.pinterest.com

Bagi beberapa orang yang malas untuk mencatok atau me-roll rambut setiap hari, perming rambut merupakan cara yang cukup praktis. Perming ini merupakan singkatan dari permanent waves. Cukup dilakukan sekali, rambut keriting pun akan Anda dapatkan. Perming pun dapat bertahan cukup lama, yakni hingga 6 bulan. Namun tentu saja biayanya pun lebih besar dibandingkan dengan menggunakan alat-alat yang telah dijabarkan sebelumnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya merupakan mahasiswa lulusan Hubungan Internasional UNPAR pada 2014 lalu. Saat ini, saya bekerja di bidang pendidikan. Saya memiliki ketertarikan dalam isu-isu sosial, anak-anak, pendidikan, dan peranan LSM untuk pembangunan di Indonesia.