Kecantikan wajah menjadi hal utama seseorang khususnya bagi kaum wanita. Tentu kecantikan perlu dirawat dengan baik. Bahkan, isi tas wanita banyak yang berisi alat-alat kecantikan seperti make-up, kaca, sisir, parfum dan alat kecantikan lainnya. Ada bintik kecil saja pada wajah bisa menjadikan seorang wanita stres, entah bintik itu jerawat ataupun komedo pada hidung.

Komedo adalah kotoran yang menumpuk pada kulit wajah sehingga menutupi pori-pori pada wajah. Biasanya komedo bisa hadir di bagian hidung atau sekitar mata dan bisa juga dijumpai di daerah dagu. Kamu pasti risih jika komedo menampakkan dengan jelas. Sebelum mulai membasmi komedo pada wajah, kenali dahulu jenis komedo apa yang menghinggap pada wajah anda.

Komedo itu memiliki 2 jenis, yakni komedo berwarna hitam dan putih. Terkadang orang sangat takut untuk mengatasi serangan komedo hitam, komedo putih juga kerap sering cepat menyebar berupa benjolan kecil di area hidung.

Nah buat wanita yang merasa kecantikannya terganggu karena adanya komedo, kamu sangat beruntung! Karena kali ini saya akan memberikan tips menghilangkan komedo di hidung dengan mudah dan praktis. Bagi kamu yang memiliki komedo, jangan dulu membeli obat-obatan! Ada cara yang sangat mudah dan alami untuk mengatasi dan menghilangkan komedo, inilah caranya.

Mengatasi komedo dengan pasta gigi

Jika anda merasa tidak cocok atau kurang cocok dengan menggunakan berbagai obat atau sabun untuk membersihkan komedo, maka cara lainnya yang harus anda lakukan adalah menggunakan cara alami seperti pasta gigi. Anda masih kurang yakin? Pasta gigi itu mengandung flouride dimana selain membersihkan gigi juga dapat membersihkan wajah yang terdapat komedo. Jika anda ingin wajah anda segar, cobalah menggunakan pasta gigi yang mengandung rasa mint.

1. Mengoleskan pasta gigi mint pada bagian yang mengalami komedo

Hal yang pertama anda lakukan adalah siapkan pasta gigi mint, colek secukupnya lalu oleskan pada bagian yang berkomedo. Oleskan sampai merata sampai komedo tidak terlihat pada permukaan kulit. Jika wajah sudah termaskeri dengan pasta gigi, tunggu beberapa saat. Ketika wajah sudah merasa panas, bilaslah wajah dengan air bersih secara perlahan.

2. Mencampurkan pasta gigi dengan taburan garam

Untuk menghasilkan yang lebih maksimal, anda juga bisa mencampurkan pasta gigi dengan garam. Namun anda harus memilih garam yang mengandung yodium. Pertama, siapkan pasta gigi mint yang di wadah kecil. Lalu, taburkan garam menjadi satu dalam wadah dengan pasta gigi. Harus diperhatikan bahwa takaran pasta gigi dan garam harus sama, untuk itu takarlah dengan sendok atau alat apapun. Aduk hingga merata pasta gigi dan garam tadi. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang berkomedo. Tunggu hingga kisaran 5 menit sampai wajah merasa panas. Baiknya anda jangan menunggu saja, cobalah sembari memijat saat pertama pasta gigi dan garam diaplikasikan pada wajah. Jika sudah dirasa cukup, bilas wajah anda dengan air bersih secara perlahan.

3. Mencampurkan pasta gigi dengan putih telur

Advertisement

putih telur via http://cantikaku.com

Cara lain untuk membersihkan komedo adalah dengan mencampurkan pasta gigi dengan putih telur. Sebetulnya memang banyak orang sudah menggunakan putih telur sebagai masker saat ingin tidur dan membilasnya pada pagi hari. Namun, anda bisa juga menggunakan campuran pasta gigi untuk membantu menyegarkan kulit wajah, mencegah menempelnya kotoran dan debu dan untuk melindungi diri dari sinar matahari.Tidak dijadikan masker juga sebetulnya tidak apa-apa.

Gunakan pada pagi atau siang hari asalkan tidak terlalu banyak aktivitas di luar ruangan. Sebagai contoh gunakan pada siang hari atau pagi hari saat bersantai pada hari libur kerja di ruangan. Caranya adalah dengan mengoleskan campuran pasta gigi mint dan putih telur. Siapkan 1 butir telur saja dan ambil putih telurnya, kemudian taruh putih telur di wadah dan campur dengan pasta gigi. Kemudian aduk hingga merata. Oleskan krim alami itu pada wajah hingga merata, tunggu hingga 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Mencampurkan pasta gigi dengan lidah buaya

lidah buaya via http://familinia.com

Cara lainnya untuk membersihkan komedo adalah dengan mencampurkan pasta gigi dengan lidah buaya. Lidah buaya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan dan keremajaan kulit wajah. Lidah buaya bukan hanya berkhasiat menghilangkan komedo saja, tetapi juga bisa untuk merawat rambut seperti mencegah kerontokan dan menjadikan rambut lebih hitam atau mudah di atur. Lidah buaya dipotong menjadi 2 bagian, kemudian ambil getahnya saja. Jika sudah mencampurkan getah yang sudah didapat dengan pasta gigi di dalam wadah, aduk sampai merata. Kemudian oleskan pada wajah dengan merata sampai menutupi komedo. Tunggu hingga 5 menit dan bilas menggunakan air bersih.

5. Mencampurkan pasta gigi dengan perasan jeruk

perasan jeruk via https://prelo.co.id

Jeruk atau lemon mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk menjaga dan merawat kulit terlihat bercahaya. Jeruk atau lemon dapat membuat wajah anda akan merasa segar. Berkat jeruk juga wajah akan menghilangkan bakteri dan kotoran yang berpotensi menjadi jerawat atau menambah jumlah komedo. Caranya dengan menyiapkan 2 buah jeruk atau lemon dan peras di dalam wadah. Jika air sudah dikeluarkan, maka langkah selanjutnya adalah mencampurkan pasta gigi ke dalam wadah yang sudah ada air perasan jeruk tadi. Aduk hingga merata kemudian oleskan pada wajah sampai merata. Tunggu beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Harap diperhatikan karena jeruk jika terkena mata akan menyebabkan perih, jadi harap hati-hati mengoleskannya.

6. Menggunakan es batu dan pasta gigi

Jika anda tidak ingin repot mencari bahan-bahan di atas, anda juga bisa menggunakan bahan yang mudah didapat seperti es batu. Es batu mampu memperbesar pori-pori yang dapat menghilangkan komedo pada wajah dan pasta gigi mampu menyegarkan serta menghilangkan komedo. Caranya dengan mengambil sepotong es batu saja atau secukupnya kemudian tempelkan atau kompres pada wajah secara merata. Tunggu saja sekiranya 5 sampai 10 menit. Kemudian, barulah pasta gigi dioleskan pada wajah yang terdapat komedo. Jika wajah terasa panas jangan dibilas dulu. Aplikasikan kembali es batu pada wajah dengan mengoleskan secara merata kira-kira 3 menit, lalu bilas dengan air bersih.