Flu, sakit kepala, batuk serta badan hangat merupakan gejala demam yang biasa menyapa pada musim penghujan. Berkat penyakit satu ini, absensi dikantor, kampus ataupun sekolah yang tadinya bersih tiba-tiba tercoret dengan keterangan ketidak hadiran. Sehingga banyak hal yang nantinya telah terlewati, entah project baru, pelajaran baru hingga tak mengikuti rapat penting.

Baik anak-anak maupun orang dewasa, mereka yang mengadopsi gaya hidup sehat atau tidak, keduanya berpotensi terkena penyakit demam, tapi ketika demam menyerang, tak ada salahnya Anda mencoba beberapa makanan yang ada dibawah ini, guna dapat beraktivitas seperti biasanya.

 

1. Jangan lupa berikan madu 30 menit sebelum tidur

Jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak yang meminum 2 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur, frekuensi dan tingkat parahnya batuk pada malam hari bisa berkurang dan mereka dapat tidur dengan nyenyak sepanjang malam dibandingkan dengan mereka yang tak meminum madu.

Sebagai obat alami, madu pun membuat banyak peneliti merekomendasikan madu untuk dikonsumsi pada malam hari. Tapi ingat ditelan, bukannya mandi madu yah. Hahahaha..

2. Ngemil Kacang Almond dan kulitnya, bermanfaat loh untuk melawan virus-virus jahat

Advertisement

Kacang-kacangan selalu menjadi referensi terbaik ketika berbicara problema kesehatan. Termasuk pula kacang almond, segenggang kacang tersebut ternyata memiliki kemampuan pencegahan yang baik dan terapi untuk penyakit pilek.

Melalui sebuah penelitian, jurnal Microbiology Letters menemukan senyawa polifenol yang ditemukan pada kulit almond dapat meningkatkan sensitivitas sel-sel darah putih yang dikenal sebagai sel T Helper, hal ini dapat membantu dalam melakukan perlawanan terhadap virus-virus.

3. Buah Kiwi bagus untuk kekebalan tubuh

British Journal of Nutrition dalam penelitiannya menyarankan untuk mengemil buah kiwi karena dapat membantu mengurangi gejala demam dan bahkan mempercepat penyembuhan. Kandungan dalam buah kiwi emas dapat meningkatkan konsentrasi dalam peningkatan eritrosit yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam sel darah merah.

4. Tiram, makanan dengan sumber zinc alami terbaik

Advertisement

Semua akan setuju ketika tiram dianggap sebagai sumber zinc alami terbaik. Bahkan sampai Double Blind melakukan penelitian terkat makanan tersebut, yang berisi pasien yang mengkonsumsi zinc pada setiap beberapa jam memperlihatkan gejala-gejala yang mulai menghilang tiga hari lebih awal.

5. Air kelapa ternyata memiliki kemapuan memperbaiki sistem imun

air kelapa via http://thefitgirl.com

dr. Endang Peddyawati, MS, SpGK., spesialis gizi klinik dari RSUP Persahabatan, Jakarta. Mengungkap bahwa air kelapa juga bisa Anda andalkan untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

Kandungan asam laurat yang merupakan zat antibakteri, antivirus, dan antijamur pada air kelapa merupakan kunci dalam penyembuhan demam. Bahkan, dalam jumlah kecil, air kelapa juga mengandung glutamin dan arginin yang mampu membantu melawan virus. Hebat-kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya