Kamu tak perlu menyapukan make up tebal-tebal supaya jerawat tersamarkan. Bahkan, dengan make up natural pun jerawat bisa tertutupi secara sempurna kok. Yuk baca sampai bawah ya.

1. Pilihlah Kosmetik yang Sesuai dengan Jenis Kulit. Untuk Menghindari Alergi

kosmetik via http://www.vemale.com

Sebelum mulai menggunakan make up, kamu harus cermat memilih produk kecantikan atau kosmetik yang akan digunakan. Jika salah pilih, jerawat justru akan makin merebak. Bahkan, noda bekas jerawat bsia semakin menghitam dan nampak di muka karena terpapar kosmetik yang tak sesuai dengan kondisi kulit.

Apa jenis kulitmu ? Kering atau Berminyak.

Jika kamu belum yakin terhadap jenis kulit yang kamu miliki dan tak tahu merk make up apa yang sesuai, kamu bisa membeli make up tools yang berukuran kecil. Jika udah cocok maka selanjutnya kamu bisa membeli yang berukuran lebih besar. Bahkan, supaya lebih amannya lagi gunakan saja kosmetik dari bahan herbal sehingga lebih nyaman dan meminimalisir efek samping.

2. Pakai Pelembab Terlebih Dahulu Sebelum Menggunakan Make Up

Advertisement

Pelembab untuk kulit muka dan wajah yang bagus bisa mencegah kulit berminyak, kering, dan berjerawat. Jadi, pemilihan produk tersebut juga penting kita lakukan.

Pelembab wajah diperlukan oleh kulit untuk mempertahankan stuktur dan fungsi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti udara kering, AC, sinar matahari, dan angin. Selain itu, pelembab juga membentuk lemak pada permukaan kulit sehingga kulit menjadi halus, lentur, serta mengurangi penguapan air dari sel kulit. Fungsi pelembab wajah yaitu mencegah kekeringan dan kerusakan kulit akibat faktor-faktor eksternal tersebut sekaligus membuat kulit lebih kenyal dan bersinar.

3. Aplikasikan Foundation Sebelum Kamu Menggunakan Bedak

foundation via http://feminima.com

Aplikasikan foundation (alas bedak) di seluruh wajah dan sedikit ditebalkan di bagian yang berjerawat. Fungsinya untuk menutupi noda-noda di wajah dan meratakan warna kulit. Gunakan brush foundation saat meratakan alas bedak tersebut. Sebaiknya pilih foundation dengan tekstur cair, karena lebih aman bagi kulit yang berjerawat, dibanding menggunakan foundation berbentuk padat.

Pilih warna foundation sesuai warna kulit kamu, agar terlihat natural.

>> Jenis foundation sesuai dengan jenis kulit :

1. Kulit Kering
Untuk kamu yang memiliki jenis kulit yang kering sebaiknya kamu gunakan foundation yang berjenis cream atau berbentuk stick. Karena foundation ini mengandung lebih banyak minyak sehingga cocok untuk kulit kering.

2. Kulit Berminyak
Untuk kamu yang mempunyai jenis kulit yang berminyak, sebaiknya kamu hindari penggunaan foundation yang berjenis cream atau stick, karna jenis tersebut mengandung banyak minyak yang malah akan menambah jerawat pada wajah. Lebih baik gunakan foundation yang berjenis liquid atau powder, karna ini sangat cocok untuk jenis kulit yang berminyak, karena dapat menempel lebih lama dan terlihat sempurna.

4. Jangan Lupa Consealernya.

consealer via http://beautynesia.id

Concealer merupakan corrector dalam menutupi bekas jerawat, kemerahan di wajah, warna kulit yang berbeda di wajah ataupun menutupi kantung mata yang hitam. Biasanyaconcealer berbentuk liquid, namun ada juga yang berbentuk cream maupun mineral powder.
Selain itu concealer juga ada yang disebut dengan colour corrector, biasanya berwarna yellow (untuk menutupi kulit yang lebih gelap dan mencerahkan), orange (menutupi kulit yang kebiruan), green (menutupi kulit kemerahan atau biasa menutupi jerawat) dan lavender (biasa untuk menutupi uneven skin tone). Color corrector sendiri dipakai sebelum memakai foundation. Jadi tahapan nya adalah color corrector-foundation-concealer, akan lebih efektif jika ketiganya dipakai dalam tahapan kamu make up.

5. Gunakan Bedak Tabur Atau Face Acne Powder

Kenapa harus Bedak Tabur ?? Kan Repot!

Iya sih, penggunaan bedak tabur memang sedikit repot, bahkan bukan sedikit lagi tapi memang udah repot. Tapi ini memang harus kamu pake kalo kamu gak mau jerawat kamu makin merajalela di wajah kamu. Karena bedak tabur ini akan berfungsi menyerap minyak yang ada pada wajah kamu, selain itu bedak tabur memiliki partikel yang kecil sehingga kandungannya lebih ringan dibandingan dengan jenis Two way cake.

Demikian tips cara menyamarkan jerawat dan menutupi bekas jerawat di wajah. Ayo dicoba!