Setelah lulus SMA kamu memutuskan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi demi mewujudkan cita-cita kamu, tapi tahukah kamu, banyak mahasiswa yang pada akhirnya tidak bisa mengenakan toga, berhenti sebelum merasakan haru bahagia wisuda. Oleh karena itu ada baiknya kamu memikirkan 6 hal ini sebelum kamu kuliah.

1. 1. Jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu

Jurusan atau program studi merupakan hal paling pertama dan terpenting yang harus kamu pikirkan. Banyak mahasiswa yang pada akhirnya merasa salah jurusan karena hanya sekedar ikut-ikutan teman, mencari gengsi, atau kurang menggali informasi. Kamu bisa mencoba psikotes gratis di internet untuk mengetahui minat dan bakat kamu, biasanya kamu juga dapat memperoleh saran bidang karir yang sesuai dengan kamu nantinya setelah lulus kuliah.

2. 2. Bagaimana manajemen kampus yang kamu tuju

manajemen kampus via https://i.ytimg.com

Kamu pasti ga mau kan segala urusan administrasi jadi ribet karena ketidakjelasan tata kelola kampus, ini bisa menghambat kamu cepat lulus. Manajemen kampus yang buruk itu seperti lumpur hidup yang akan menarik kamu semakin kuat ketika kamu semakin ingin keluar. Cari tahu bagaimana manajemen di kampus yang ingin kamu tuju, bisa dengan bertanya pada kenalan kamu yang sudah kuliah di kampus tersebut.

3. 3. Profil lulusan kampus yang kamu tuju sebagus apa

Advertisement

lulusan via http://s.kaskus.id

Profil lulusan adalah bukti nyata kesuksesan suatu kampus menjalankan proses pendidikannya. Cari tahu apakah kampus yang kamu pilih sudah memfasilitasi lulusannya untuk masuk ke dunia kerja, apakah mereka sudah memiliki ikatan kerjasama dengan pihak industri. Periksa juga bagaimana mereka mensupport program kewirausahaan untuk mahasiswanya.

4. 4. Adakah aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di kota tempat kamu kuliah

komunitas via https://pixabay.com

Kuliah gak melulu tentang belajar dan kampus loh, waktu luang kamu juga akan sangat banyak, akan sangat bermanfaat dan menunjang masa depan kamu jika kamu terlibat dalam kegiatan-kegiatan positif, seperti organisasi dan komunitas. Cari kota dimana selain kamu kuliah kamu juga bisa mengembangkan potensi diri kamu yang lain.

5. 5. Bagaimana mengatur keuangan pribadi kamu nantinya

keuangan via https://pixabay.com

Kuliah artinya kamu mulai belajar mandiri, termasuk dalam mengelola keuangan. Banyak mahasiswa kurang mampu mengatur keuangannya sehingga punya hutang dimana-mana, akhirnya bikin malu orangtua. Sebelum kuliah sebaiknya kamu punya buku atau aplikasi mobile untuk mencatat pengeluaran kamu, karena dengan itu kamu bisa melakukan evaluasi. Kamu pun mestinya sudah punya bayangan pos pengeluaran kamu apa aja.

6. 6. Seleksi kos tempat kamu tinggal

Salah memilih teman bisa membuat kamu terlibat hal-hal negatif, apalagi jika kamu jauh dari keluarga. Kos yang akan kamu tinggali wajib banget kamu seleksi, jangan asal murah atau bagus, tapi apakah penghuninya orang baik-baik atau sebaliknya.