Selain Marah, Senang, Sedih, Kamu Bisa Pakai 7 Istilah Ini Agar Nggak Bingung Menjelaskan Emosi yang Kamu Rasakan

istilah untuk emosi kompleks

Cinta, marah, sedih, malu, benci, dan takut adalah emosi dasar yang umum dirasakan oleh kita sebagai manusia. Namun sebenarnya ada banyak sekali emosi yang kompleks dan jarang diketahui. Padahal emosi-emosi tersebut sering kita rasakan, hanya saja sangat sulit untuk dijelaskan. Nah, berikut istilah yang memudahkan kamu untuk menjelaskan emosi yang sering dirasakan!

Advertisement

1. Monachopsis

Photo by Sam Lion on Pexels

Photo by Sam Lion on Pexels via https://www.pexels.com

Istilah ini mungkin terasa asing bagimu. Namun kamu pasti pernah merasakannya. Monachopsis adalah perasaan yang menggambarkan bahwa kamu berada di tempat yang salah, sehingga membuat kamu merasa tidak nyaman di sana. Gampangnya, sih, cuma tubuh kamu yang hadir, nyawanya mah kemana-mana.

2. Vellichor

Photo by Min An on Pexels

Photo by Min An on Pexels via https://www.pexels.com

Kamu suka membaca? Wajib tahu istilah ini! Vellichor adalah perasaan terhanyut dalam suasana pada buku yang kamu baca, seolah-olah kamu sedang berada dalam kisah tersebut. Kalau alurnya sedih, kamu bisa-bisa ikut menangis. Nah itu namanya Vellichor.

Advertisement

3. Chrysalism

Photo by Nur Andi Ravsanjani Gusma on Pexels

Photo by Nur Andi Ravsanjani Gusma on Pexels via https://www.pexels.com

Saat langit mulai gelap dan rintik hujan turun, kamu berdiam diri di kamar—mendengarkan setiap tetes air hujan menghantam atap rumah, dan mengamatinya melalui jendela kamar. Lalu kamu pun merasa sangat tenang dalam suasana tersebut. Itulah Chrysalism, perasaan tenang berada di sebuah ruangan ketika hujan turun.

4. Liberosis

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels via https://www.pexels.com

Pusing memikirkan celotehan orang lain terhadapmu? Mungkin kamu harus menerapkan prinsip Liberosis, yaitu keinginan untuk tidak peduli terhadap suatu hal.

5. Onism

Photo by Fabrizio Verrecchia on Pexels

Photo by Fabrizio Verrecchia on Pexels via https://www.pexels.com

Singkatnya, Onism adalah rasa bosan level tertinggi karena harus berhadapan dengan satu hal yang sudah dijadwalkan. Misalnya, menunggu keberangkatan pesawat maupun kereta. Saking bosannya, tak jarang seseorang yang mengalami Onism merasa stres. Waduh, kamu pernah merasakannya?

Advertisement

6. Rückkehrunruhe

Photo by Cottonbro on Pexels

Photo by Cottonbro on Pexels via https://www.pexels.com

Rückkehrunruhe, duh ribet juga ya! Tapi istilah ini cukup memudahkan bagi kamu yang anak rantau, nih. Rückkehrunruhe adalah istilah untuk rasa rindu yang terbalaskan ketika pulang ke rumah.

7. Andronitis

Photo by Pixabay on Pexels

Photo by Pixabay on Pexels via https://www.pexels.com

Andronitis adalah rasa kecewa berat terhadap dirimu sendiri, karena kamu tidak bisa mengenal seseorang lebih dalam meski sudah berteman lama. Pernah dong merasakannya? Saat sudah pedekate lama dengan si doi, eh kamu sadar bahwa ternyata kamu tak cukup mengenalnya. Sakit banget ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE