Semarakkan Hari Kemerdekaan dengan 5 Dekorasi Merah Putih Ini!

Ide Dekorasi Kemerdekaan Indonesia

Enggak kerasa, ya, kita bakal segera menyambut peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-76. Meskipun jadi tahun kedua merayakan kemerdekaan di tengah situasi pandemi, semangat merah putih tetap harus berkobar, dong! Emang kangen juga upacara bendera di sekolah, tempat kerja, atau lingkungan tempat tinggal. Terus lanjut, ikut lomba khas 17-an. Balap karung, makan kerupuk, sampai panjat pinang. Seru banget, kan. Atau mungkin sekadar jalan-jalan menikmati diskon Agustus-an yang banyak ditawarin.

Tahun ini kemerdekaan emang dirayain di rumah aja, tapi satu cara untuk tetep ngerasain suasana kemerdekaan yang kental adalah dengan mendekorasi rumah dengan berbagai ornamen yang khas 17 Agustus. Apalagi kalau bukan dekorasi serba merah putih. Ini juga bukan cuma bendera aja, ya. Wajib, dong, hukumnya buat mengibarkan bendera di tiang bendera rumah selama bulan Agustus. Selain itu, mungkin kamu juga mau pasang bendera kecil di beberapa sudut rumah kayak di depan pintu rumah, jendela, atau atap rumah supaya nuansa khas kemerdekaannya terasa banget. Tapi, merah putih bukan cuma ada di bendera doang.

Kenapa enggak masukin unsur merah putih ke dalam dekorasi rumah yang lebih konvensional. Misalnya jadi bagian dari furnitur, perabot, atau dekorasi-dekorasi lain di dalam rumah. Bakalan meriah banget, kan. Dekoruma punya lima cara gimana mengaplikasikan warna merah putih ke dalam berbagai dekorasi rumah di sekitar kalian. Dekorasi-dekorasi ini relatif gampang di cari dan pasti selalu ada di rumah masing-masing. Sifatnya juga enggak permanen dan bisa diganti setelah bulan Agustus selesai.

Advertisement

1. Merah dan Putih Buat Segala yang Berbahan Kain. Sprei, Sarung Bantal, Tirai, Karpet, dan Masih Banyak Lagi

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Salah satu cara yang paling gampang dan enggak merepotkan buat kasih nuansa merah putih ke dalam rumah selama bulan Agustus adalah segala perabot yang berbahan kain dan bisa dibongkar pasang. Mulai dari sprei tempat tidur, sarung bantal, selimut, bed cover, tirai, sampai karpet yang diganti jadi nuansa merah dan putih.

Kamar tidur atau ruangan lain pasti langsung berasa suasana kemerdekaannya. Eits, tapi kalau kamu atau anggota keluarga lain suka warna merah, kenapa enggak dipertahankan dekorasinya. Perpaduan merah dan putih sendiri juga menarik, kok, kalau kombinasinya pas.

Advertisement

2. Ruang Keluarga Merah Putih Tanpa Perubahan Permanen? Ganti Sarung Sofa Jadi Merah dan Dekorasinya Bernuansa Putih

Sumber: ArchitectureArtDesigns.com

Sumber: ArchitectureArtDesigns.com via https://www.architectureartdesigns.com

Untuk di ruang keluarga, ruang kerja, atau kamar tidur yang ada sofa, kalian bisa mengganti sarung pembungkus sofa jadi warna merah buat tampilan dan aksen yang ngejreng. Apalagi, kalau ruangan didesain dengan minimalis dan pakai warna netral seperti putih.

Selain dari tembok, kalian juga bisa mengganti sarung bantal sofa, selimut, atau karpet untuk dominan warna putih. Jadi makin memperkuat nuansa merah putihnya, kan. Seperti poin sebelumnya, kombinasi warna ini bisa banget dipertahankan buat sepanjang tahun kalau kalian memang suka. 

3. Merah Putih di Dapur dan Meja Makan. Tampil Cantik Dengan Peralatan Makan Warna Merah dan Putih Saat Makan Bersama

Advertisement
Sumber: Home Stratosphere

Sumber: Home Stratosphere via https://www.homestratosphere.com

17 Agustus selalu diperingati jadi hari libur nasional. Ini berarti ada kesempatan buat kumpul keluarga dan makan bersama, kan. Apalagi mal, tempat wisata, dan pusat keramaian lain masih ditutup atau dibatasi karena PPKM. Kalau kalian memutuskan buat makan bersama, nuansa merah putihnya bisa diselipkan dari peralatan makan di meja makan.

Ini waktu yang tepat buat pakai koleksi peralatan makan dan dekorasi meja makan yang cantik dan cuma dipakai buat acara khusus. Mulai dari piring warna merah, gelas, serbet, wadah lilin, sampai mungkin sendok dan garpu. Peralatan makan warna merah ini dipasangkan sama taplak meja warna putih untuk nuansa kemerdekaan dan merah putih yang spesial dalam perayaan setahun sekali ini. 

4. Mawar Merah dan Putih yang Indah dan Penuh Makna. Berikan Penghormatan Untuk Para Pahlawan yang Telah Memperjuangkan Kemerdekaan

Sumber: Unsplash

Sumber: Unsplash via https://unsplash.com

Tanaman hias di dalam rumah sekarang ini udah kayak jadi salah satu barang wajib buat desain interior yang ideal. Untuk memperingati kemerdekaan, coba pasang bunga warna putih dan merah seperti mawar. Bukan cuma indah dan harum, mawar juga punya makna yang lebih dalam soal penghormatan.

Memasang mawar di dalam rumah bukan cuma mempercantik tampilan ruangan, tapi juga cara kita untuk menghormati jasa-jasa pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.  Meskipun begitu, kalau kamu memang suka memelihara dan merawat tanaman di dalam rumah, mawar bisa jadi dekorasi cantik yang pantas untuk dipasang sepanjang tahun. 

5. Artsy Dengan Lukisan dan Karya Seni Serba Merah Putih. Bernuansa Keindonesiaan, Tapi Dipasang Sepanjang Tahun Oke Juga, Kok

Sumber: Home Decor Buzz

Sumber: Home Decor Buzz via https://www.homedecorbuzz.com

Dekorasi terakhir di daftar ini adalah hiasan dinding berupa lukisan, poster, atau karya seni lain yang bernuansa merah putih. Kalian bisa pilih dari berbagai seniman, jenis karya seni, dan ukuran sesuai selera kalian. Mungkin ini juga bisa jadi ajang untuk mendukung seniman lokal atau teman sendiri yang berprofesi sebagai seniman.

Seperti dekorasi lain, karya seni bernuansa merah putih ini juga tidak cuma khusus untuk perayaan kemerdekaan aja. Selama karyanya bagus, kenapa enggak digantung secara permanen di rumah? Perayaan kemerdekaan Indonesia memang identik dengan warna merah dan putih. Cuma, seperti yang dikatakan sebelumnya kombinasi merah dan putih juga bagus buat desain interior. Jadi, kenapa enggak berkreasi seperti mengecat dinding jadi warna merah, membuat lemari custom warna merah, atau furnitur merah dan putih lainnya? 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE