Apa sih Public Speaking itu??

Public Speaking atau berbicara di depan umum merupakan hal sederhana tapi kadang sulit untuk dilakukan oleh banyak orang. Sebenernya ngga butuh bakat khusus, kalau diibaratkan itu seperti belajar menulis. Ngga ada orang yang begitu lahir langsung bisa menulis. Perlu belajar dan sedikit latihan supaya seseorang bisa menulis dengan baik dan benar. Sama halnya seperti berbicara di depan umum, perlu sedikit asahan yang harus kamu lakukan agar semua pembicaraanmu dapat didengar oleh semua orang.

Perlu gak belajar public speaking?

Salah satu kunci menjadi seorang pemimpin itu dilihat dari pembawaannya untuk berbicara dihadapan bawahannya. Pemimpin harus mampu mengajak dan merangkul semua rekan dan bawahannya untuk bekerjasama menghasilkan sesuatu yang ingin dicapai. Public Speaking itu bakat. Mungkin banyak yang berpendapat bahwa belajar sampai berbusa-busa pun pasti gak akan bisa. Pasti ada sebagian yang berbakat “ngomong lancar” atau “cerewet” atau apalah itu. Sehingga dia dengan mudah menjadi pembicara karena memang bakat dari sananya.

Eiiits, tapi gak usah sedih dan kecewa. Yang merasa “tidak berbakat” pun pasti bisa menjadi pembicara yang akan menjadi pemimpin luar biasa suatu saat nanti jika mau latihan.

Jadi, kuncinya yaitu "B E L A J A R". Jika kita tidak berbagi kunci pelajaran, maka masing-masing orang akan membuat kekeliruan yang sama, sebelum belajar apa yang telah kita ketahui. Berikut beberapa tips buat kamu untuk mengasah kemampuan public speaking kalian.

 

1. Yang pertama kali dilakukan "HARUS SPONTAN"

alfiankmnipb.blogspot.com

alfiankmnipb.blogspot.com via https://www.google.com

Bicara itu jangan terlalu banyak berpikir. Masih mikir "aaaaaaaa iiiiiiii  uu ee ooooo", yang ada malah lawan bicara pasti malas dan gak antusias untuk mendengarkan pembicaraan kita.

Tips cara berbicara dengan spontan:

Meskipun serta merta, bukan berarti  dilakukan tanpa persiapan. Persiapan tetap perlu dengan cara memperbanyak membaca buku, atau mengikuti berita-berita yang sedang berkembang.

Maksimalkan anggota tubuh lainnya sebagai alat komunikasi. Menggunakan metode ini membuat tangan kita leluasa bergerak.  Selain itu, gerakan seperti mimik muka, dan gerakan-gerakan tangan juga sangat membantu anda untuk berbicara di depan umum.

Jangan lupa untuk TETAP memperhatikan waktu berbicara! (adangsetiawan.wordpress.com)

2. Interaksi Jangan Lupa. Terkadang, Kita Terus Berbicara Tanpa Memperhatikan "Audience"

pratamaagi.blogspot.com

pratamaagi.blogspot.com via https://www.google.com

Interaksi merupakan kunci kemampuan berbicara kalian. Jika hanya asal berbicara dan gak peduli terhadap lingkungan pembicaraan sekitar, termasuk pendengar atau audience, percaya deh semua apa yang telah kalian bicarakan pasti tidak didengar.

Mengembangkan kemampuan komunikasi yang baik dimulai dengan interaksi yang sederhana. Kemampuan komunikasi bisa dilatih setiap hari baik baik untuk interaksi sosial hingga profesional. Kemampuan baru membutuhkan waktu untuk ditingkatkan. Namun, setiap kali Anda menggunakan kemampuan komunikasi, maka Anda akan membuka diri terhadap berbagai kesempatan dan hubungan di masa depan. (id.wikihow.com)

 

3. Berikan Sedikit Humor (Ice Breaking)

www.artperspective.ro

www.artperspective.ro via https://www.google.com

Ice Breaking adalah sebuah permainan untuk memecah kejenuhan saat ada acara pertemuan, mungkin dari namanya “Menghentikan Es... hehe” , biar gak jenuh saat pembicara mulai menyampaikan pendapatnya. Kegiatan ini penting, supaya lawan bicara menjadi lebih fokus dalam mendengarkan sang pembicara.

Ada beberapa permainan seperti : Duck Games, Tawa Perkenalan, Mencari Benda Berharga, Siapa Dia? dan masih banyak contoh permainan lain laginya.

4. Pahami Konsep Dan Gunakan Kekuatan Cerita

biografi-tokoh-sukses.blogspot.com

biografi-tokoh-sukses.blogspot.com via https://www.google.com

Berbicara itu penting untuk menguasai isi materi yang akan disampaikan. Perlu sedikit bumbu agar materi yang disampaikan menarik dan dapat dimengerti, yaitu dengan bercerita. Bercerita sangatlah menyenangkan apabila kalian mengerti dan paham betul isi pembicaraan. Mungkin mengenai kehidupan, cinta, pekerjaan dan lain-lain. Banyak topik yang dapat diselipi dalam pembicaraan, apalagi berupa pengalaman.

Makin tinggi jam terbang anda dalam berbicara di hadapan publik, makin lancar pula anda dalam menyampaikan berbagai ide. Makin banyak pengalaman, berbagai kemampuan teknis dalam berbicara akan meningkat dan dapat memoles keterampilan anda menjadi jauh lebih baik dalam kesempatan berikutnya. (www.top10indo.com)

5. Yang Paling Penting Yaitu Percaya Diri, "Trust Your Self". Success and Winners Never Quit, and Quitters Never Win.

Yeyen Rachma

Yeyen Rachma via https://www.facebook.com

Kenali diri kalian, dan mulailah percaya dari diri sendiri terlebih dahulu. Dengan percaya diri, kita mampu mengeluarkan segenap kemampuan terbaik kita. Janganlah merasa ciut dikarenakan perasaan kurang percaya diri yang kalian miliki. Yang harus kalian lakukan sekarang adalah membangun rasa percaya diri kalian. Hilangkan rasa panik, malu, takut dan gugup dihadapan orang. Mulailah tampil dan terus berlatih, karena pelan-pelan kemampuan bicara kalian pasti akan jauh lebih baik dan mulai terbentuknya kepribadian yang penuh dengan rasa percaya diri.

Seperti kata orang barat "PRACTICE MAKE PERFECT" 

Oleh karena itu silahkan kalian mencoba dan mengimplementasikan beberapa tips yang telah saya berikan buat kalian calon pemimpin muda masa depan :)

SEMANGAT BELAJAR ^^

 

(My inspirator : Kak Hambang Turnawan)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya