Terlalu Lama Tidur Itu Bahaya. 5 Cara Ini Bantu Kamu Terhindar dari Dampak Buruknya

bahaya kelamaan tidur

Tidur memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi, bukan berarti semakin lama tidur berarti semakin baik bagi tubuh. Terlalu lama tidur atau oversleep justru bisa menimbulkan masalah, contohnya terlambat kuliah atau kerja. Selain itu, oversleep juga berbahaya bagi kesehatan, lho. Tenang, beberapa tips dari Riliv bawah ini akan membantumu terhindar dari terlalu lama tidur. Apa saja, ya?

Advertisement

1. Berhenti menggunakan tombol snooze

Photo by Stas Knop from Pexels

Photo by Stas Knop from Pexels via https://www.pexels.com

Hayo, siapa yang sering menekan tombol snooze saat alarm berbunyi? Mulai sekarang, coba untuk tidak melakukannya, yuk! Alih-alih segera bangun dari tempat tidur, menekan tombol snooze hanya akan memberi waktu untuk melanjutkan tidurmu.

Mungkin kamu berniat untuk tidur sebentar atau sekadar mengumpulkan tenaga untuk benar-benar bangun. Tapi ternyata, kamu malah kesiangan karena tidak mendengar alarm yang berikutnya.

Advertisement

2. Letakkan alarm agak jauh dari tempat tidur

Photo by Kamornboonyarush from Pexels

Photo by Kamornboonyarush from Pexels via https://www.pexels.com

Agar tidak terlalu lama tidur dan telat bangun, kamu bisa memasang alarm dan meletakkannya agak jauh dari tempat tidurmu. Dengan begitu, keesokan harinya kamu akan benar-benar bangun dari tempat tidur karena perlu berjalan untuk mematikan alarm.

3. Terapkan pola tidur yang sama untuk mencegah terlalu lama tidur

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Menjaga pola tidur adalah satu hal yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari oversleep. Coba, deh, tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Bahkan, kamu harus tetap bangun di waktu yang telah ditentukan, meskipun kamu masih punya banyak waktu untuk tidur sebelum mulai beraktivitas.

Hal ini akan membuat tubuhmu terbiasa dengan jadwal tidurmu. Lama-kelamaan kamu juga akan terbiasa bangun di waktu yang sama sehingga terbebas dari oversleep.

Advertisement

4. Hindari memainkan gawai sebelum tidur

Photo by RF._.studio from Pexels

Photo by RF._.studio from Pexels via https://www.pexels.com

Penggunaan gawai atau alat elektronik lainnya sebelum tidur ternyata bisa mempengaruhi waktu tidurmu, lho. Selain itu, memainkan gawai sesaat sebelum beranjak tidur akan berdampak negatif pada siklus tidurmu. Jadi, simpan gawaimu 1-2 jam sebelum tidur, ya.

5. Batasi waktu tidur siangmu agar tidak berlebihan

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu perlu menghindari tidur siang setelah pukul 3 sore karena dapat mempengaruhi waktu tidurmu. Terlalu sering tidur siang akan membuatmu sulit tidur di malam hari, Dear.

Akibatnya, kamu akan “membalas dendam” dengan cara tidur dalam waktu yang lama, apalagi jika keesokan harinya kamu tidak memiliki agenda apa pun. Waduh, kalau begini kamu jadi terlalu lama tidur, 'kan?

Disadur dari:

  1. https://goodyfeed.com/7-ways-to-prevent-yourself-from-oversleeping/amp/

Ditulis oleh Lyana Nurtari Putri dari Riliv.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE