Apartemen tipe loft biasanya agak jarang ditemukan. Kalaupun ada, biasanya harganya lebih mahal dibandingkan unit apartemen tipe biasa. Tapi, banyak yang kepincut dengan tipe loft dikarenakan langit-langit yang tinggi sehingga pencahayaannya bagus dan ada tangga naik yang membuat penghuninya serasa di rumah, bukan di apartemen.

Tertarik dengan tipe loft? Coba cek contoh 12 desain yang bisa kamu coba terapkan di unitmu!

1. Seolah Tanpa Sekat

Tangganya melayang

Tangganya melayang via https://www.busyboo.com

Menggunakan cat warna putih akan menimbulkan kesan semakin luas. Namun memakai warna putih semua bisa-bisa malah membuat unit apartemenmu terkesan seperti rumah sakit. Masukkan warna hitam ke satu sisi dinding dan penambahan warna coklat dari perabotan kayu, Ditambah dengan anak tangga yang melayang, unitmu seolah bebas tanpa sekat.

2. Serasa Ada di Kapal Laut

Pernah ingin jadi pelaut namun tidak kesampaian? Apartemen loft ini punya desain balkon yang unik. Bentuknya yang melancip seperti haluan kapal membuatmu serasa jadi pelaut tangguh saat berdiri di ujungnya meskipun bawahnya bukan lautan.

3. Atap Unik Sebagai Sumber Cahaya

Advertisement

Kebetulan mendapat lantai paling atas dengan atap tidak rata? Itu bisa menjadi daya tarik yang unik! Manfaatkan atap tersebut sebagai sumber cahaya dengan memasang jendela besar. Semakin bagus sumber cahayanya, semakin kecil juga tagihan listrik yang harus kamu bayar tiap bulannya.

4. Rumah Kabin di Hutan

Suka aksen kayu? Bagaimana kalau semuanya dibuat aksen kayu? Dengan tampilan seperti ini, tamu yang datang akan serasa berkunjung ke rumah kabin kayu di hutan, bukan ke apartemen.

5. Kesan Kayu Minimalis

Nomor 4 menurutmu terlalu heboh berlebihan? Kalau begitu coba desain yang ini! Aksen kayunya tidak sampai memenuhi seluruh ruangan sehingga masih ada kesan modern minimalis yang muncul.

6. Cocok Untuk Startup

Startup

Startup via https://google.com

Advertisement

Jika kamu berencana memakai apartemen tipe loft untuk kantor kecil, maka desain ini bisa dicoba. Lantai bawah bisa menjadi tempat beristirahat dan pantry sementara lantai atas sebagai tempat bekerja. Jika lantai atas cukup luas, bisa juga disekat lagi untuk tempat beristirahat, lho!

7. Gak Suka Aneh-Aneh? Pakai Desain Ini!

Kalau kamu gak suka desain yang aneh-aneh, maka gunakan desain yang ini. Cat putih memberikan kesan sederhana dipadukan dengan sofa berwarna abu-abu gelap. Minimalis dan rapi, itulah kesan ruangan ini bagi tamu yang datang berkunjung.

8. Gaya Perpusatakaan

Perpustakaan

Perpustakaan via http://www.vemworks.com

Punya banyak koleksi buku? Manfaatkan langit-langit tinggi di apartemen loft dengan mencari rak buku yang juga tinggi. Untuk menggapai buku yang diinginkan, kamu bisa menambahkan tangga geser yang ditanam di lemari. Serasa ada di perpustakaan klasik dengan desain ini.

9. Desain Industrial

Industrial

Industrial via http://subreader.co

Gaya industrial bisa membantumu menghemat biaya karena kamu tidak perlu mengecat tembok dan membuat kesan raw tanpa perlu banyak hiasan. Manfaatkan dengan perabotan beraksen gelap juga. Menerapkan gaya industrialis memang gampang-gampang susah.

Jika sampai salah, tempat tinggalmu justru nampak seperti gudang. Kalau kamu menonton series Daredevil, maka kamu bisa melihat kediaman Matt Murdock sebagai contoh penerapan desain industrialias yang pas.

10. Tangga Kayu

Salah satu opsi lain jika tak ingin aksen kayu terlalu heboh. Berikan aksen kayu hanya di tangga dan penyangga lantai atas. Jika lantai bawah juga ingin dilapisi kayu, gunakan karpet atau perabotan lain yang warnanya tidak mendekati warna kayu.

11. Apartemen Studio Jadi Loft

Jika keuanganmu belum mencukupi untuk membeli unit tipe loft, maka kamu juga bisa berkreasi di unit tipe studio. Gambar di atas merupakan apartemen studio seluas 25 meter persegi yang disulap sedemikian rupa sehingga kamar tidur terletak lebih tinggi dalam tempat yang ditutupi tirai kayu. Sementara itu, ruang bagian bawah bisa dimanfaatkan untuk dapur, meja kerja, dan ruang santai.

12. Tempat Tidur Loft

Ranjang tingkat

Ranjang tingkat via https://www.pbteen.com

Keuanganmu belum mencukupi untuk renovasi atau kamu hanya menyewa sehingga tidak diperkenankan melakukan renovasi sesuai keinginanmu? Mungkin membeli tempat tidur loft adalah jalan keluarnya. Dengan menggunakan tempat tidur ini, kamu bisa memfungsikan bagian bawahnya sebagai meja kerja.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya