Memasuki masa penerimaan mahasiswa baru, para mantan siswa yang naik pangkat jadi calon mahasiswa baru sedang sibuk mengikuti prosedur penerimaan mahasiswa di kampus impiannya. Siang malam mereka belajar tanpa henti, berbagai tips dan trik pun dijajal satu-satu.

Bagi calon mahasiswa baru yang hendak memilih kampus di luar kota tentu akan kebingungan ketika pertama kali datang dan ingin masuk ke kampus yang dituju. Seperti halnya Universitas Negeri Yogyakarta yang dikelilingi beberapa jalan. Berikut adalah 5 cara mudah masuk kampus UNY!

1. Via Jalan Colombo

Gerbang Utama

Gerbang Utama via https://www.kaskus.co.id

Jika kamu dari arah Jalan Colombo lihat sejenak ke arah utara. Di sana kamu akan menemukan dua gerbang dengan tulisan UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA besar di tengahnya. Kalau mau masuk bisa lewat gerbang di sebelah kiri. Dari gerbang utama ini kamu bisa menuju Gedung Rektorat, Auditorium, serta Perpustakaan.

Bergeser ke arah barat dari gebang utama kamu akan menemukan sebuah perempatan. Jika kamu masuk ke arah utara, kamu akan menemukan Stadion Atletik dan Sepak bola, Lapangan Tenis, Masjid Mujahiddin, Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA), Hotel UNY, Kopma UNY, serta Gedung Student Center (SC) UNY.

Advertisement

Lebih ke barat lagi, kamu akan menemukan gerbang masuk Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan Gedung Olah Raga (GOR) UNY. Gerbang FIK dan GOR UNY juga memisahkan jalur masuk dan keluar. Kalau mau masuk tinggal pilih gerbang sebelah kiri saja.

2. Via Jalan Bougenville

Gerbang FT

Gerbang FT via https://www.google.com

Dari Jalan Agro kamu akan melihat gerbang masuk Fakultas Teknik (FT) di sebelah selatan. Sama seperti gerbang utama, gerbang kampus teknik ini juga memiliki dua gerbang, kalau mau masuk lewat sebelah kiri saja. Di area FT ini terdapat berbagai gedung representatif yang menunjang kegiatan perkuliahan para mahasiswa teknik tersebut.

3. Via Gang Guru

Gapura Gang Guru

Gapura Gang Guru via https://www.google.com

Gang Guru ini letaknya ada di sebelah barat Jalan Affandi atau lebih dikenal dengan nama Jalan Gejayan. Di Gang Guru kamu akan menemukan Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ekonomi (FE), LIMUNY (Layanan Internet Mahasiswa UNY) dan PUSKOM (Pusat Komputer), Gedung LPPM (Lembangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat), serta Gedung LPPMP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan).

4. Via Jalan Guru Mulia 1

Gerbang Jalan Guru Mulia 1

Gerbang Jalan Guru Mulia 1 via https://www.google.com

Advertisement

Sama seperti Gang Guru, Jalan Guru Mulia 1 juga ada di sebelah barat Jalan Affandi. Bedanya, di Jalan Guru Mulia 1 terdapat gerbang sedangkan di Gang Guru tidak ada. Selain itu gerbang Jalan Guru Mulia 1 ini berhadapan dengan Universitas Sanata Dharma Kampus 2 serta terletak di samping Plaza UNY.

Dari Jalan Guru Mulia 1 kamu akan menemukan Kampus Pascasarjana, Museum Pendidikan Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Digital Library, serta Foodcourt UNY.

5. Via Jalan Lembah

Gerbang FBS

Gerbang FBS via https://www.google.co.id

Lewat Jalan Lembah kamu akan menemukan gerbang masuk Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) di sebelah timur. Seperti gerbang lainnya, kalau hendak masuk bisa lewat gerbang sebelah kiri. Di area FBS ini juga memiliki berbagai gedung perkuliahan, pameran, serta laboratorium guna menunjang kegiatan para mahasiswa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya