Bahasa itu merupakan masalah pembiasaan. Sekeras apapun kamu belajar, jika pada akhirnya tidak dipraktekkan pasti hasilnya juga nihil. English Village di Pare, Kediri merupakan salah satu lembaga yang menerapkan hal itu dalam mempelajari Bahasa Inggris. Di sana, kamu harus berbicara dalam Bahasa Inggris kepada siapapun yang masih di dalam lingkup arena pembelajaran di lembaga mereka.

Namun biayanya yang tidak lagi terjangkau bagi sebagian orang dan jarak yang terlalu jauh memberatkan banyak orang yang butuh belajar Bahasa Inggris entah untuk TOEFL, beasiswa, pekerjaan, dan berbagai hal lainnya. Namun tenang saja, English Village di Pare bukan satu-satunya solusi untuk belajar Bahasa Inggris dengan efektif. Bahkan di rumah pun, kamu bisa mendapatkan hasil yang mendekati bahkan sepadan dengan mereka yang ada di Pare dalam mempelajari Bahasa Inggris, asalkan kamu menerapkan 5 kebiasaan berikut ini.

1. Mulai dengan menonton film misteri

Mengapa harus film misteri? Tidak bolehkah menonton film bergenre lain seperti aksi atau percintaan misalnya? Tentu saja kamu boleh menonton film dalam berbagai genre yang berbahasa Inggris untuk belajar tentang listening. Namun keunggulan film misteri adalah pada pemilihan kata yang sangat variatif.

Film misteri banyak menggunakan istilah ilmiah sehingga bisa menambah kosakatamu, dan juga menggunakan kalimat yang terstruktur dalam percakapannya sehingga kamu bisa menambah grammar sekaligus. Salah satu film yang bisa kamu tonton adalah serial "Sherlock" dari BBC dan film "Murder on the Orient Express" yang akan tayang di bioskop November mendatang.

2. Menonton video berbahasa Inggris di Youtube.

Tribunstyle.com

Tribunstyle.com via http://style.tribunnews.com

Advertisement

Youtube memang lebih dari TV. Banyak hal yang bisa kamu temukan di Youtube, baik hal positif maupun negatif. Dan Youtube juga bisa menjadi wadah bagi kita untuk belajar Bahasa Inggris. Kamu bisa memulai dari mencari konten yang kamu sukai, mulai dari gaming, make-up, musik, travelling, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menonton video Pewdipie bagi para penggemar game atau Casey Niestat untuk para penggemar travelling. Dan banyak pula youtubers lokal yang banyak menyajikan konten berbahasa Inggris, sebut saja Fathia Izzati, Nessie Judge, dan Agung Hapsah.

3. Bermain video game

Bermain game merupakan hal yang difavoritkan banyak kaum adam. Entah itu roleplay game, action game, game strategi, maupun game online yang banyak di gandrungi di era sekarang ini. Namun banyak game zaman sekarang yang juga menyeser kaum hawa seperti dating simulation game maupun fashion game. Jenis game seperti dating simulation dan roleplay game sangat membantu kamu untuk belajar Bahasa Inggris. Ingat game Harvest Moon? Dalam game ini ada banyak percakapan yang bisa menjadi referensi belajar kamu. Asal bukan memainkan versi mod Bahasa Indonesia saja.

4. Membaca artikel Bahasa Inggris

Phandroid

Phandroid via http://phandroid.com

Jika sudah terbiasa melalui cara-cara sebelumnya, kamu bisa menapaki tingkatan yang lebih tinggi yaitu membaca artikel. Sebagian mungkin merasa malas untuk membaca artikel dalam Bahasa Inggris, namun jika kamu benar-benar ingin menguasai Bahasa Inggris, kamu harus memaksakan diri untuk membacanya. Mungkin awalnya agak canggung, tapi lama-kelamaan akan terbiasa juga. Again, mulai dari subjek yang paling kamu sukai, seperti berita artis Holywood, artis K-pop, ataupun review dari film-film yang ingin kamu tonton.

5. Learn how to write! Belajarlah menulis!

Advertisement

Tingkatan yang paling krusial dan sekaligus paling rumit dalam mempelajari bahasa adalah menggunakannya secara aktif. Buat pemula, menulis tentunya lebih mudah daripada berbicara langsung, karena untuk menulis kita bisa memberi waktu otak untuk berpikir dan juga meralat jika ada kesalahan yang terjadi.

Kamu bisa mengawali dengan chatting dengan orang asing ataupun berkomentar di laman artikel atau video Youtube yang ingin kamu komentari. Cobalah untuk berpikir kritis. Itu akan sangat membantumu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu sekaligus kemampuan akademismu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya