Kita sama-sama tahu hidup di perantauan sangatlah sulit. Entah itu merantau untuk melanjutkan studi atau melanjutkan karir. Berbagai macam cara berhemat untuk menyambung hidup, salah satunya dengan pemilihan tempat tinggal (baik berupa kos, kontrakan, atau menumpang di rumah sanak saudara) yang sesuai budget. Tetapi walau hidup serba "berkecukupan", bukan berarti kita mengabaikan tempat tinggal sementara kita. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk memperindah kamar kos atau kontrakan kamu.

1. Kebersihan

Hal pertama adalah menjaga kebersihan. Rutin membersihkan sarang laba-laba, menyapu, membersihkan meja, atau menguras kamar mandi adalah hal yang wajib kita lakukan untuk menjaga kebersihan. Tetapi ada banyak hal kreatif untuk kita menjaga kebersihan. Misalkan, aku memakai kuas blush on untuk membersihkan kotoran di action figure kosan. Atau menggunakan tisu basah sebagai ganti mengepel agar kita tidak terlalu ribet menyimpan lap pel. Atau menggunakan kertas makan sebagai ganti piring, praktis tidak perlu cuci piring tinggal dibuang saja. Atau banyak ide-ide kreatif lain yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kebersihan.

2. Pencahayaan

Usahakan memilih kosan yang cukup cahaya. Cukup cahaya membuat sirkulasi dalam kamar lebih baik. Dengan cahaya yang cukup diharapkan kondisi kamar tidak lembab yang berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kita. Salah satu mengakalinya ialah dengan menggunakan lampu utama yang terang, sedangkan memakai lampu tidur yang lebih temaram saat beristirahat.

3. Penataan

Advertisement

Barang yang banyak akan terlihat rapi saat kita tata dan kita golongkan sesuai kegunaannya. Adanya storage membuat barang yang kita miliki dapat tertata dan tersimpan dengan baik. Kita bisa membeli atau membuat sendiri storage untuk keperluan kita. Saat aku kos di Jakarta (sebelum kos di sini) aku gunakan batu bata dan kayu yang aku olesi cairan pengkilat dan aku susun untuk tempat buku.

4. Hias tembok

Kebanyakan kos-kosan warna temboknya netral dan kita cenderung malas untuk mengecatnya. Bila memiliki modal yang cukup bisa menggunakan wallpaper, atau terpaksa mengecat dengan kerja ekstra memindahkan barang-barang. Sebenarnya ada salah satu cara kreatif untuk mengatasinya. Aku menggunakan hiasan dinding untuk menutupi kelemahan tembok sekaligus mempercantiknya. Untuk satu sisi aku menggunakan lukisan yang dibeli secara online, sedangkan untuk bingkainya meminta bantuan orang lain untuk membuatnya. Di satu sisi aku pasang hiasan berbau keagamaan untuk mengingatkan kita kepada sang pencipta.

5. Kelengkapan hidup

Hidup di kosan ibarat punya rumah mini. Setiap kebutuhan sebaiknya tersedia. Hal pertama yang aku lakukan ialah mencari kulkas mini, untuk menyimpan makanan yang tidak habis (hehe). Kedua ialah aku mencari game console untuk mengisi dan menghabiskan waktu luang di kosan. Ketiga aku membeli sound system ukuran mini untuk mendengarkan musik. Keempat aku akan membeli kipas angin agar kamar aku tidak panas. Dan terakhir ialah membeli kompor untuk menghangatkan makanan di kulkas atau memanaskan air untuk membuat kopi atau pun mie. Sengaja aku tidak membeli penanak nasi karena beli nasi bungkus di tempat aku tinggal sangat banyak jumlahnya, bisa untuk dua kali makan.

6. Pajang hobi kamu

Advertisement

Jangan ragu untuk memasang pajangan hobi kamu. Bila hobi koleksi action figure, pajang di kamar untuk pamer dan identitas kegemaran kamu. Bila hobi fotografi, pasang tripod sebagai salah satu pemanis kamar kamu.

7. Buat DIY (Do It Yourself)

Karena ini tempat tinggal kamu, keluarkan ide-ide gilamu untuk mempercantik kamarmu. Salah satunya membuat DIY (Do It Yourself). Yang aku lakukan ialah membeli peta berbahan kertas, aku potong sesuai keinginan, dan aku bakar pinggirnya menggunakan korek api agar terkesan terbakar sehingga seolah-olah peta harta karun. Peta yang sudah terbakar, aku bingkai dan aku letakkan di tempat yang enak dipandang mata.

8. Tempel stiker penyemangat hidup

Salah satu cara membangkitkan semangat ialah melihat kata-kata penyemangat hidup. Yang aku lakukan ialah memberi stiker berbentuk huruf dan menempelkan di dinding yang bisa aku lihat saat membuka mata. Pemilihan stiker dikarenakan harganya murah, praktis, dan banyak ragam pilihannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya