Tidak terasa sudah setengah bulan muslim dan muslimah melakukan kewajiban berpuasanya. Tentunya tinggal setengah bulan lagi menuju hari kemenangan. Hari kemenangan ini pun harus dipersiapkan dengan baik, kenapa? Karena anda harus menampilkan kegembiraan dan kemeriahan khususnya pada rumah. Mendekor rumah untuk hari spesial tentunya sangat diperlukan.

Selain menunjukkan rasa syukur dan bahagia, mendekor rumah juga salah satu cara agar orang yang berkunjung melihat keindahan dan mengetahui betapa terawatnya rumah anda meski selama ini anda sedang menjalankan ibadah puasa. Selain itu, mendekor juga dibutuhkan untuk menyesuaikan tamu dan sanak keluarga yang datang dari jauh. Berikut beberapa tips mendekor rumah untuk menyambut hari raya Idul Fitri.

1. Hiasi Jendela dengan Tirai Bersih Bertema Ramadan

ruang tamu dengan tirai hijau

ruang tamu dengan tirai hijau via http://goichi.me

Rata-rata rumah di Indonesia biasa menggunakan tirai dengan sheer untuk menutupi jendela kacanya. Tentunya di hari raya, rumah harus terlihat bersih. Ada kalanya anda mengganti tirai dan sheer dengan yang baru atau yang sudah dicuci bersih. Selain meminimalkan bersarangnya debu dan kotoran pada tirai, juga akan memberikan suasana yang lebih fresh apalagi jika tirai wangi sehabis dicuci.

Untuk tirai, bisa juga anda menyiapkan dengan tema yang meriah dan cerah. Misalnya penggunaan warna hijau ala ketupat atau warna putih yang menandakan hari suci, atau motif-motif unik pada tirai. Tentunya adanya tirai tersebut akan memeriahkan hari Idul Fitri anda.

2. Isi dan Letakkan Kue dalam Toples Cantik Anda

toples kue dan permen

toples kue dan permen via https://candybuffet.com.au

Advertisement

Hari raya Idul Fitri tidak akan lengkap tanpa kue kering dan berbagai cemilannya. Tentunya makanan ini disimpan di dalam toples yang nantinya akan diletakkan di meja yang mudah dijangkau. Memiliki toples dengan bentukan menarik akan menambahkan keunikan ruang tamu. Tentunya tamu yang datang pun akan merasa senang disuguhi oleh berbagai cemilan dalam wadah yang cantik.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah letak toples berbahan kaca. Letakkan toples tersebut di area tengah meja sehingga lebih aman dan tidak mudah tersenggol.

3. Membersihkan, Menata Ulang, dan Menghias Ruang Makan

hiasan di meja makan

hiasan di meja makan via http://mahligai-indonesia.com

Kenapa anda harus membersihkan ruang makan dan memberikan kesan yang baik di ruangan ini? Tentu saja karena salah satu tradisi hari raya dimana tamu perlu dijamu untuk merasakan makanan di rumah. Dari ketupat, lontong, opor, rendang, hingga beragam makanan lainnya akan anda hidangkan di dalam ruangan ini.

Advertisement

Tentunya ketika akan makan bersama keluarga ataupun tamu, anda menginginkan suasana yang bersih dan nyaman. Maka dari itu, membersihkan area ini sangatlah penting. Menata ulang meja dan kursi juga bisa mengubah suasana, sehingga tamu yang secara berkala mendatangi rumah anda setiap hari lebaran akan merasakan tampilan yang berbeda dari biasanya.

Tidak hanya membersihkan dan menata saja, anda juga perlu menghias ruangan dengan beragam kemeriahan. Penggunaan piring dan gelas yang cantik juga menunjukkan betapa anda menyambut hari besar ini.

4. Hiasi Rumah dengan Berbagai Pajangan Potret Keluarga

ruang makan dengan berbagai pajangan foto

ruang makan dengan berbagai pajangan foto via https://www.printerous.com

Dinding di rumah yang kosong bisa dihiasi dengan berbagai potret kebersamaan dengan keluarga. Hal ini dilakukan karena hari raya Idul Fitri merupakan salah satu momen berkumpul keluarga. Dengan meletakkan berbagai macam foto dari jaman kecil hingga dewasa, tentunya akan membuat sanak saudara yang datang ke rumah bernostalgia dan merasakan keakraban.

Apalagi jika hari raya ini adalah momen anda berkumpul dengan anak yang sudah lama tidak pulang ke rumah. Sambutan hangat dengan pajangan potret keluarga di dinding akan membuatnya terharu dan juga bahagia.

5. Letakkan Bunga Segar di dalam Vas

ruang tamu dengan bunga dalam vas

ruang tamu dengan bunga dalam vas via https://wikiepedia.wordpress.com

Selain bersih, hal yang terpenting dalam rumah adalah baunya. Anda pasti tidak ingin jika tamu merasakan bau tidak sedap kan? Selain menyemprotkan pewangi ruangan, ada hal yang lebih mempercantik ruangan di rumah anda. Hal itu adalah bunga segar dalam vas. Tidak hanya menebarkan bau harum, bunga tersebut juga menjadi hiasan di dalam ruangan. Padukan berbagai warna bunga dengan bau yang khas sehingga membuat ruang di rumah anda lebih segar dan cantik.

6. Tata Halaman Depan atau Teras Rumah

penataan halaman depan rumah

penataan halaman depan rumah via https://id.pinterest.com

Kebersihan tidak hanya berlaku di dalam rumah saja, namun juga untuk bagian depan rumah anda. Jika rumah anda memiliki halaman, baik besar maupun kecil harus dirawat dengan baik. Bagian depan rumah merupakan impresi awal tamu anda. Jika dari depan saja tidak nyaman dipandang mata, tamu pun akan terbawa suasana tidak nyaman ke depannya.

Maka dari itu, anda bisa lengkapi halaman depan dengan berbagai macam tanaman hias baik yang tertanam di lahan ataupun dalam pot. Tampilkan kesan awal yang baik untuk tamu yang akan berkunjung ke rumah anda di hari raya Idul Fitri tahun ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya