Masalah keuangan sering kali dipusingkan banyak orang. Dari mulai yang merasa pemasukannya kurang, pengeluarannya lebih banyak, atau yang harus tertimpa pengeluaran tak terduga. Banyak juga yang sudah merencanakan kebutuhan-kebutuhan namun pada kenyataannya masih mengalami kesulitan untuk memenuhi semuanya. Apalagi untukmu yang gajinya masih 2 jutaan.

Memang sih, uang cepat terpakai dan sulit dikumpulkan lagi, iya kan? Rata-rata semua orang menginginkan dompet dan tabungannya tebal lebih lama. Kalau bisa masih sisa sebelum pemasukan berikutnya datang. Namun realitanya tak semua berhasil menahan diri untuk menghemat pengeluaran. Jika bukan karena tawaran barang menarik, bisa juga kita membelanjakan sesuatu untuk orang lain karena rasa sungkan. Dan banyak lagi masalah keuangan yang tidak sesuai harapan.

Nah, mungkin sedikit tips ini bisa membantumu untuk benar-benar mengencangkan sabuk pengaman dari pengeluaran yang kurang perlu.

1. Tulis pengeluaran inti dan selipkan di dompet

Jangan di lipat-lipat ya. Buatlah tulisan yang cukup kecil namun mudah terbaca atau kamu buat dengan kode bahasamu dan simpan di tempat foto. Ingat, disarankan tempat foto ya. Karena dengan begitu kamu akan mudah membacanya setiap kali kamu membuka dompetmu.

Hal yang dituliskan hanyalah pengeluaran atau pembayaran yang tidak bisa ditenggang.

Advertisement

Artinya ini termasuk kebutuhan utama dalam setiap bulan atau setiap minggunya. Seperti bayar listrik, angsuran kredit, arisan dan lain-lain yang memang tidak dapat ditunda.

2. Selesaikan semua tanggungan pokok di awal

Orang yang Berniat Tidak Membayar Utang Sama Dengan…

Orang yang Berniat Tidak Membayar Utang Sama Dengan… via https://islamidia.com

Penting banget bagi kita untuk tidak menunda pembayaran yang memang harus segera diselesaikan. Jangan mengambil risiko dengan menunda-nunda pembayaran. Karena ini cuma enak di awalnya aja, tapi pada akhirnya akan jauh lebih menyusahkan. Selain pengeluaran inti setiap bulan yang harus segera dipenuhi, kebutuhan untuk membayar hutang (jika ada) juga harus dijadikan prioritas, ya. Karena ini juga termasuk masalah keuangan yang harus segera dituntaskan.

3. Rencanakan pengeluaran untuk kado/pemberian

Planned

Planned via http://google.com

Pasti ada seseorang atau bahkan beberapa orang spesial di dalam hidup kita. Nah, perlu diingat juga dalam merencanakan pengeluaran, kita harus perhatikan kalender. Mungkin pada bulan ini orang tersayang ulang tahun atau ada acara kondangan yang harus dihadiri. Maka kamu perlu menyisihkan lebih dulu untuk urusan yang satu ini.

4. Memilih pusat perbelanjaan yang lebih ekonomis

Pasar Bersih Cikarang

Pasar Bersih Cikarang via http://google.com

Advertisement

Barang yang sama belum tentu memiliki harga yang sama di semua toko atau pasar. Walaupun masih berada dalam satu kota atau satu wilayah, perbedaan rupiah pasti ada. Setelah kita pernah berbelanja di beberapa tempat, atau mungkin sudah membaca beberapa brosur, tentu kita dapat mengetahui perbandingan harga yang ada. Meminta saran teman pun bisa dilakukan untuk mengetahui pusat perbelanjaan mana yang lebih ekonomis.

5. Menuju ke rak kebutuhan primer lebih dulu

22 Supermarket Items You Should Leave on the Shelf (and …

22 Supermarket Items You Should Leave on the Shelf (and … via https://www.seriouseats.com

Hal yang satu ini sering kita abaikan. Banyak yang lebih memilih berkeliling lebih dulu tanpa memerhatikan mana yang paling penting untuk dibeli. Kesalahan ini bisa memicu kita untuk mengambil barang yang kurang perlu. Kita bisa saja tiba-tiba tertarik dengan suatu benda yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Sehingga ini membuat pengeluaran belanja membengkak. Jadi, begitu sampai di tempat berbelanja segera cek daftar utama yang harus dibeli.

6. Tetap waspada dengan diskon

Diskon Dari Etude House Untuk Si Pecinta Make Up | Moeslema

Diskon Dari Etude House Untuk Si Pecinta Make Up | Moeslema via https://moeslema.com

Diskon memang kedengaran lebih hemat ya? Tapi kita tetap harus jeli dalam memilih barang diskon. Selain jeli tentang tanggal kadaluarsanya, kita tetap harus memilih barang sesuai kebutuhan. Jangan sampai tergila-gila dengan diskon akhirnya memborong banyak barang yang kemudian bingung mau diapakan.

7. Jika memang diperlukan, tinggalkan kartu kredit di rumah

10 Things You Need to Know About Credit Card Expiration Da…

10 Things You Need to Know About Credit Card Expiration Da… via https://www.gobankingrates.com

Jika khawatir akan mudah tergiur akan sesuatu yang membawa pada pemborosan, mungkin akan lebih aman jika kartu kreditmu disimpan di rumah hingga kamu merasa bahwa keuangan mulai stabil. Karena uang cash yang tidak ada, akan teralihkan pada kartu kredit yang masih dibawa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya